-->

7 Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Keluar dan Cara Memperbaikinya

Sahabat Otomotif, pada mobil terdapat bagian yang terbilang penting sebagai penunjang kenyamanan berkendara, namun bagian ini jarang sekali mendapatkan perhatian sehingga mudah mengalami masalah dan gangguan. Bagian yang dimaksud adalah wiper atau pembersih kaca.

Wiper adalah sebuah alat yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil dari debu, air hujan dan kotoran sehingga kaca bisa bersih dan memaksimalkan jarak pandang pengemudi. Saat mendapati kaca mobil kotor, tentu pengemudi akan menarik tuas wiper untuk menyemprotkan air wiper. Tapi bagaimana jika air tidak keluar atau semprotan air wiper yang sudah melemah.

7 Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Keluar dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Keluar

Banyak alasan yang membuat air wiper mobil Anda mengalami masalah atau gangguan, biasanya ini terjadi karena salah satu komponen wiper yang mengalami kerusakan. Meskipun bagian ini jarang digunakan, tapi tidak seharusnya kita mengabaikannya karena sistem wiper akan sangat berguna di musim hujan.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab air wiper tidak keluar dan bagaimana cara memperbaikinya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Air Wiper di Reservoir Habis

Air wiper di simpan pada sebuah tabung atau reservoir, biasanya menggunakan air khusus yang mengandung anti jamur. Jika air wiper di reservoir habis atau kurang maka motor air wiper hanya akan memompa udara, sehingga nozzle air wiper hanya mengeluarkan udara.

Silahkan periksa dan isi kembali air wiper, lalu coba tekan kembali switch air wipernya. jika air wiper keluar maka masalah pada sistem wiper telah terselesaikan.

2. Reservoir Mengalami Kebocoran

Reservoir berfungsi sebagai tempat penampung air wiper dalam jumlah tertentu. Jika reservoir mengalami kebocoran maka air wiper akan terus berkurang dan bahkan bisa habis, biasanya yang menjadi penyebab reservoir bocor yaitu rusaknya seal motor washer dan reservoir sobek atau pecah.

3. Kerusakan Pada Motor Air Wiper

Fungsi utama motor air wiper adalah untuk memompa cairan wiper dari reservoir ke nozzle wiper. Ketika pengemudi menyalakan switch maka motor wiper akan berkerja untuk menyemburkan air ke kaca mobil. Jika komponen ini mengalami keruskan maka air wiper tidak bisa dialirkan ke nozzle wiper.

Apabila kondisi motor wiper rusak parah dan sulit untuk diperbaiki, sebaiknya ganti dengan unit yang baru agar sistem wiper kembali berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Kebocoran Selang Air Wiper

Setelah memastikan komponen motor wiper dapat menyemprotkan air, maka langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah memastikan kondisi selang yang menyalurkan air wiper dalam kondisi baik dan sudah terhubung dengan benar.

Baca Juga :

Untuk memastikan kondisinya, Anda dapat mencoba dengan menekan switch air wiper agar air mengalir ke seluruh bagian selang. Amati sepajang selang apakah ada kecocoran. Faktor yang menjadi penyebab kebocoran pada selang adalah di gigit tikus.

5. Kerusakan Pada Switch Wiper

Tidak menuntut kemungkinan jika switch wiper pun bisa mengalami kerusakan. Switch wiper yang tidak berfungsi biasanya disebabkan pada kondisi sekring yang rusak, tegangan listrik dan kabel putus. Jika switch wiper rusak maka aliran listrik tidak dapat mengalir ke motor washer. Alhasil motor washer tidak bisa lagi berkerja dan akhirnya air wiper tidak keluar dari nozzel wiper.

6. Sirkuit Kelistrikan ke Motor Wiper Bermasalah

Sistem wiper berkerja menggunakan bantuan arus listrik. Jika tidak ada tegangan listrik yang mengalir ke motor wiper  maka Anda perlu melakukan pemeriksaan pada sirkuit kelistrikan. Anda bisa memulainya dari pemeriksaan switch, sekring, kabel dan sebagainya.

7. Nozzle Air Wiper Tersumbat

Penyebab air wiper tidak keluar selanjutnya adalah nozzle air wiper yang tersumbat kotoran. Jika memang tersumbat, maka Anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan jarum untuk menusuk lubang nozzle agar saluranya kembali bersih.

Setelah itu, coba tekan switch air wiper untuk memastikan bahwa lubang nozzle sudah berfungsi kembali dan dapat menyeprotkan air wiper. Jika masih belum, sebaiknya bawalah mobil ke bengkel yang mahir dalam mengatasi masalah tersebut.

Itulah penyebab air wiper mobil tidak keluar dan cara memperbaikinya. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi atau panduan untuk mengatasi masalah sistem wiper pada mobil Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel