-->

Tips Memanaskan Mesin Motor Yang Aman dan Benar

Salah satu bentuk merawat motor adalah dengan memanaskan mesin motor sebelum digunakan. Maksud dari memanaskan mesin motor ini? Tentu bukan dipanas-panaskan dibawah sinar matahari, melainkan mesinnya dinyalakan sampai temperatur mesin hangat.

Memanaskan motor memang hal yang penting, meskipun masih ada yang berpendapat bahwa memanaskan mesin hanya dikhususkan untuk kendaraan mobil saja. Akan tetapi, pernyataan itu tidak benar, justru baik motor ataupun  mobil perlu dilakukan pemanasan mesin sebelum kendaraan digunakan.

Memanaskan mesin berfungsi untuk mencegah peningkatan suhu yang signifikan, memastikan bahwa sirkulasi oli lancar dalam melumasi seluruh bagian mesin dan untuk mendapatkan performa mesin yang optimal ketika motor digunakan.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap jenis motor memiliki cara memanaskan mesin motor yang berbeda-beda. Nah, kali ini kita akan membahas lebih lengkap mengenai cara memanaskan mesin pada tiap jenis motor, yaitu sebagai berikut:

Tips Memanaskan Mesin Motor Yang Aman dan Benar

Cara Memanaskan Mesin Karburator

Motor yang masih menggunakan sistem karburator atau konvensional, bisa memanaskan mesin dengan memanfaatkan kick starter. Meskipun semua jenis motor sudah dilengkapi dengan fitur electric starter tapi penggunaan kick starter akan menghemat pemakaian daya baterai.

Injak kick starter lebih keras sampai motor hidup, apabila beberapa engkolan motor masih tidak hidup maka perlu memanfaatkan fitur choke. Fitur ini hanya digunakan ketika memanaskan mesin motor saja, tarik tuas choke selama 5 detik . Ini bertujuan  untuk memperkaya bahan bakar sehingga mesin akan mudah dihidupkan,.

Bila mesin sudah hidup, maka biarkan saja dalam posisi ideal. Hal ini akan memperlambat naiknya suhu kerja mesin sehingga sirkulasi oli dapat tersebar sempurna ke seluruh bagian mesin. Waktu pemanasan yang ideal untuk sepeda motor yaitu sekitar satu hingga tiga menit.

Cara Memanaskan Mesin Motor CC Tinggi

Motor yang berkapasitas besar lebih banyak ditemui pada kendaraan dengan posisi mesin berdiri, seperti  vixion, CB150R dan sebagainya. Anda pelu menginjak kick starter 3 sampai 4 kali saat kunci kontak masih OFF.

Baca Juga :

Langkah ini bertujuan agar oli mesin naik ke bagian cylinder head. Pada motor mesin berdiri dan kondisinya sedang mati maka keadaan oli akan turun ke bawah mengikuti gaya grafitasi bumi. Untuk menaikan oli memang bisa menggunakan electric starter, namun beresiko keausan pada komponen mesin dan suaranya terkedengar kasar saat awal dihidupkan.

Cara Memanaskan Mesin Injeksi

Mesin motor berbasis teknologi fuel injeksi adalah motor generasi terbaru yang sudah banyak diproduksi oleh perusahaan otomotif. Motor injeksi memiliki cara memanaskan mesin yang berbeda dari yang lainnya, pasalnya pada mesin ini, Anda tidak lagi menemukan karburator melainkan hanya sebuah katup gas yang ada untuk mengatur RPM mesin.

Cara yang harus Anda lakukan ketika hendak memanaskan mesin injeksi adalah putar dahulu kunci kontak ke posisi ON, tunggu beberapa detik hingga lampu check engine dan semua indikator dashboard berhenti berputar. Setelah itu putar kembali kunci kotak ke posisi OFF dan lakukan kembali ke posisi ON. Anda dapat melakukannya hingga tiga kali pengulangan.

Adapun beberapa hal yang seringkali ditanyakan oleh pengguna sepeda motor terkait memanaskan mesin yang ada di atas, baik itu motor karburator hingga motor injeksi, diantaranya:
Kenapa Harus Memakai Kick Starter?

Pemanfaatan kick starter dalam memanaskan mesin yakni untuk mengurangi beban kelistrikan baterai. Seperti yang kita tahu, sistem electric starter memakai baterai sebagai sumber tenaganya, jika kondisi baterai masih baru tentu ini tidak masalah. Tapi untuk motor yang baterainya sudah berumur maka dapat memperburuk kondisi baterai itu sendiri, karena arus baterai dipakai ketika belum mendapatkan pengisian.

Kenapa Mesin Injeksi Harus On-Off Kunci Kontak?

Karena saat motor tidak digunakan seharian maka tekanan bensin akan drop. Ketika tekanan bensin drop maka bahan bakar tidak bisa keluar dari injektor, ini yang membuat motor susah untuk dihidupkan. Dengan bolak-balik kunci kontak bisa memaksa fuel pump untuk memompa bensin lebih maksimal lagi.

Kenapa Waktu Memanaskan Mesin Cuman Sebentar?

Pemanasan mesin motor memang tidak perlu lama-lama, Anda hanya perlu memanaskan mesin 1 hingga 3 menit saja. Hal ini supaya oli melumasi seluruh bagian mesin dan juga menghindari pemborosan bahan bakar.

Itulah tips memanaskan mesin motor yang aman. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda, Salam otomotif.!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel