-->

Inilah 5 Penyebab Yamaha Nmax Mati Mendadak

Indonesia merupakan salah satu Negara dengan populasi pengguna motor terbanyak, hal ini bisa dilihat dari jumlah penduduk dan harga motor yang relatif murah bagi beberapa kalangan. Beragam merek motor dengan desain yang unik menjadi motor sebagai alat transportasi yang bisa diandalkan oleh masyarakat dan biaya perawatan pun jauh lebih rendah dibandingkan kendaraan mobil.

Inilah 5 Penyebab Yamaha Nmax Mati Mendadak

Di zaman modern sekarang ini banyak bermunculan sepeda motor yang sudah mengadopsi fitur-fitur teknologi canggih yang memberikan banyak keunggulan dari aspek keamanan maupun kenyamanan. Seperti motor Yamaha Nmax ABS maupun non ABS, motor ini memiliki desain menarik dan sudah menyisipkan beberapa fitur berbasis teknologi.

Walaupun Yamaha Nmax memiliki harga yang lumayan mahal tidak menuntut kemungkinan motor ini juga mengalami kerusakan, mulai dari yang sepele sampai kerusakan berat. Dari sekian banyak masalah kerusakan pada Yamaha Nmax yang paling jarang ditemui adalah pada masalah kelistrikan. Kerusakan pada komponen kelistrikan memang tidak mudah untuk di selesaikan, karena terdapat banyak kabel yang saling bersautan.

Penyebab Yamaha Nmax Mati Mendadak

Permasalahan Yamaha Nmax yang mati secara tiba-tiba maupun yang hendak dihidupan kembali, namun sulit untuk menyala. Dalam hal semacam ini pengemudi tidak perlu bingung dan khawatir, coba periksa beberapa komponen yang terdapat pada motor. Kondisi motor yang mati mendadak mengisyaratkan adanya permasalahan pada bagian engine dan kelistrikan. Berikut beberapa penyebab Yamaha Nmax mati mendadak, yaitu:

1. Adanya Kerusakan Sekring (Fuse)

Skring berguna untuk memutus aliran arus listrik jika terjadi korsleting secara tiba-tiba. Komponen ini akan memutus arus listrik bila diketahui terjadinya kelebihan listrik yang melewatinya, sekring juga berfungsi sebagai alat pengaman. Apabila tidak terdapat skring pada motor maka bagian perkabelan mudah terbakar. Jika Yamaha Nmax mati mendadak, sebaiknya pengemudi mengecek bagian box sekring yang terdapat di bawah tempat duduk pengemudi (jok).

Baca Juga : Fitur dan Spesifikasi Yamaha Nmax 155 ABS

Terdapat beberapa sekring yang wajib pengemudi cek, biasanya Yamaha Nmax yang tidak mau menyala terdapat sekring yang putus dan segera mungkin harus diganti dengan sparepart yang baru agar motor kembali normal.

2. Sekring Kemasukan Air

Ketika pengemudi sedang mencuci motor atau melewati jalan yang bajir, terdapat bagian motor yang sangat fatal apabila kemasukan air.  Terutama pada komponen kelistrikan yang memang mudah sekali terjadi korsleting yang salah satunya disebabkan oleh air, hal ini yang membuat kendaraan susah untuk dinyalakan. Sebaiknya bersihkan dan keringkan sekring yang terkenan air dan kemudian pasang kembali seperti semula.

3. Dinamo Stater Kotor

Keadaan mesin yang mati mendadak paling banyak dialami motor matic karena memiliki starter motor yang terletak di bagian belakang dan depan. Keduanya sering kali terkena kotoran lumpur yang mengakibatkan tidak berfungsinya starter sebagaimana mestinya.

Untuk mengatasi permasalahan semacam dan berada dalam keadaan darurat maka  pengemudi bisa mengetok pada bagian starter motor secara perlahan-lahan supaya kotoran yang berada di dalam starter motor terjatuh, selanjutnya pengemudi dapat mencopa untuk menyalakan kembali kendaraannya.

4. Standar Motor Kotor dan Macet

Pada kendaraan matic kerap kali menggunakan teknologi side switch atau saklar on off yang diletakan pada standar samping. Jadi kendaraan yang mengadopsi teknologi tersebut jika pengemudi lupa menaikan standar sampinya maka motor tidak dapat dinyalakan. Teknologi ini sangat bermanfaat bagi pengemudi untuk selalu memperhatikan keselamatan sebelum berkendara.

Baca Juga : 12 New Accessories Yamaha Nmax Original

Apabila pengemudi sering melewati jalan becek dan berlumpur, usahakan selalu mengecek kebersihan bagian standar samping. Pasalnya, kondisi standar yang kotor akan membuat saklar tidak bisa menutup secara sempurna, hasilnya kendaraan akan sulit menyala walaupun pengemudi sudah menekan tombol starter.

5. Kehabisan Bensin

Bensin adalah bahan bakar yang digunakan pada motor dan motor agar motor dapat berjalan sebagaimana mestinya. Terkadang motor yang mati mendadak disebabkan kehabisan bahan bakar, hal sepele ini memang sering kali tidak begitu diperhatikan oleh pengemudi sebelum berkendara. Pastikan mengecek terlebih dahulu Yamaha Nmax ketika hendak berkendara agar pengemudi tidak mendapat kendala saat melakukan perjalanan.

Itulah penyebab Yamaha Nmax mati mendadak, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua seputar otomotif, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel