-->

Mengenal Jenis Sekering Yamaha Nmax dan Fungsinya

Sekering merupakan suatu komponen pengaman pada rangkaian kelistrikan. Cara kerja sekering adalah secara otomatis sekering akan memutus aliran listrik yang mengalami kelebihan arus dan  untuk mencegah kerusakan pada komponen lain yang diakibatkan korsleting listrik. Sekering pada kendaraan mobil maupun motor memiliki beberapa rangkaian, seperti sekering untuk arus baterai, sistem penerangan, sistem pengapian, rangakaian ultilities dan sebagainya..

Mengenal Jenis Sekering Yamaha Nmax dan Fungsinya

Pada sepeda motor Yamaha Nmax memiliki box sekering yang berada tepat di bawah tempat duduk pengemudi (jok), di dalam box sekering tersebut terdapat banyak sekering (fuse) yang menyangkut seluruh sistem kelistrikan yang ada di Yamaha Nmax.

Sekering tancap Yamaha Nmax memiliki kode dan warna, hal ini untuk memberikan informasi kepada pengemudi tentang spesifikasi dan kegunaan sekering tersebut, biasanya sekering tancap dilengkapi tulisan arusnya yang berada dibagian atas. Akan tetapi, tidak semua sekering tancap dilengkapi kode tulisan sehingga pemilik kendaraan harus berpatokan pada warnanya.

Jenis Sekering Yamaha Nmax dan Fungsinya

Setidaknya ada 6 sekering di dalam box yang berperan penting dalam kelistrikan Yamaha Nmax dan sisannya sekering cadangan. Pemilik kendaraan bisa menggunakan sekering cadangan untuk menggantikan sekering yang putus dan mengalami kerusakan. Berikut beberapa jenis dan fungsi sekering pada sepeda motor Nmax, yaitu:

1. Sekering Utama

Sekering ini merupakan sekering yang paling penting karena menghubungkan semua sistem kelistrikan yang ada pada motor tersebut, apabila sekering ini mengalami kerusakan maka semua fitur seperti seepdometer digital tidak akan berfungsi dan motor pun tidak dapat menyala sebagaimana mestinya. Sekering utama ini bisa menjadi pendeteksi utama apabila motor mengalami mati mendadak atau sulit hidup.

2. Sekering ABS

Apabila sekering ABS terjadi kerusakan maka fungsi pada sistem pengereman mengalami gangguan dan bahkan menjadi tidak berfungsi.

3. Sekering Main Switch

Dapat dikatakan bahwa sekering main switch merupakan sekering terpenting kedua setelah sekering utama. Pasalnya, apabila sekering ini putus atau rusak maka sistem kelistrikan pada motor menyala tapi mesin tidak dapat hidup. Bagi pengemudi yang mengalami masalah pada mesin yang susah hidup maka sebagai langkah pertama bisa mengecek langsung apakah sekering ini masih berfungsi atau tidak.

Baca Juga :  Inilah 5 Penyebab Yamaha Nmax Mati Mendadak

4. Sekering Seepedometer

Sekering ini berfungsi untuk mendeteksi kerusakan pada seepedometer, jadi apabila sekering ini mengalami kerusakan maka seepdometer tidak dapat menyala tapi semua indikator dapat berfungsi normal, seperti mesin dapat hidup, klakson dapat berbunyi dan lampu pun bisa menyala normal.

5. Sekering Signal

Apabila sekering signal ini putus maka indikator klakson, lampu sein, lampu rem akan mati dan tidak berfungsi normal. Selain itu pula mesin tidak dapat hidup karena signal daripada switch rem lampu belakang tidak menyala.

6. Sekering ABS Unit

Sekering ABS unit berperan penting pada sistem pengereman. Komponen yang berkaitan dengan sekering ini terletak di bagian dalam body depan motor. Untuk mengetahui komponen tersebut pemilik motor harus membongkar body terlebih dahulu untuk mendeteksi apakah terdapat kerusakan pada komponen tersebut.

7. Sekering Cadangan

Sekering cadangan ini tidak terhubung dengan apapun. Yamaha sendiri memberikan sekering serep untuk digunakan oleh pemilik motor apabila salah satu sekering putus atau mengalami kerusakan lainnya. Jadi tidak perlu merasa khawatir jika terjadi masalah pada sekering, karena Yamaha sudah memberikan 3 sekering cadangan sekaligus.

Baca Juga : Perjalanan Generasi Yamaha Jupiter Dari Tahun ke Tahun

Banyak sekali masalah kerusakan pada Yamaha Nmax yang seringi dialami oleh pemilik motor sehingga perlu dibawa ke bengkel. Bahkan uang yang harus dikelurkan untuk memperbaiki kerusakan tersebut hingga ratusan ribu. Padahal tanpa kita sadari kerusakan tersebut hanyalah hal sepele, yaitu pada sekeringnya saja.

Sebelum membawanya ke bengkel resmi, sebaiknya pemilik motor perlu mengecek terlebih dahulu pada box sekering. Jika terjadi kerusakan pada salah satu sekering maka Anda hanya perlu mengganti dengan sekering yang baru dan tidak perlu susah payah membawa ke bengkel. Alhasil Anda bisa menghemat biaya, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel