-->

Perjalanan Generasi Honda Scoopy Dari Masa Ke Masa

Honda scoopy adalah sepeda motor matic retro dengan desain yang unik dan mewah. Ada sedikit perbedaan Honda scoopy Indonesia dengan scoopy produksi Thailand, hal ini terlihat pada sistem bahan bakar yang disematkannya. Untuk sepeda motor scoopy Thailand sudah menggunakan teknologi injection sedangkan scoopy Indonesia masih menggunakan sistem pengabutan karburator. PT Astra Honda Motor memperkenalkan scoopy kepada masyarakat luas pada 20 mei 2010 dengan mengusung desain tampilan luar bergaya retro yang sangat modis, styling dan kekinian. Honda scoopy sangat cocok untuk anak-anak muda yang ingin tampil percaya diri.

Sejak awal diluncurkan Honda scoopy sampai saat ini, telah mengalami empat generasi yang sudah banyak berubah dari desain, fitur dan teknologi yang disematkan menyesuaikan kebutuhan konsumen Indonesia yang terus berkembang pesat. Honda scoopy termasuk dalam daftar sepeda motor matic retro terlaris pada waktu itu, melihat spesifikasi yang dimiliki scoopy dan dibenderol dengan harga terjangkau membuat masyarakat Indonesia senang untuk membelinya.

Pengguna motor matic di Indonesia lebih di dominasi oleh kaum perempuan. Pasalnya dari segi pengoperasiannya, motor matic lebih mudah dan nyaman saat digunakan untuk perjalanan dekat maupun jauh. Maka wajar saja apabila Honda scoopy menjadi pilihan mereka untuk kenyamanan berkendara di jalan raya. Langsung saja, simak  perjalanan generasi Honda scoopy dari tahun ke tahun di bawah ini.

Honda Scoopy Generasi Pertama (2010 – 2013)

Perjalanan Generasi Honda Scoopy Dari Masa Ke Masa

AHM mengeluarkan Honda scoopy di bulan mei dengan mengusung desain bergaya retro yang khas dan modern. Bagian depan headlight menggunakan lampu halogen dengan masing-masing lampu sein terpisah dari lampu halogennya. Fitur speedometer yang disematkan masih tampilan sederhana dengan panel analog dan ukuran bagasi kendaraan belum mampu menampung helm sendiri. Terdapat beberapa fitur andalan yang diberikan Honda untuk skutik model ini, yakni Secure Key System (penutup lubang anak kunci), standar samping yang sudah otomatis, parking brake block dan choke otomatis.

Berbekal mesin 108 cc SOHC dan didukung pendingin udara serta kipas, memberikan tenaga optimal hingga 6,09 kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi masksimal mencapai 8,32 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm. Tipe transmisi yang digunakan Honda scoopy adalah otomatis V-matic dan dibantu sistem kopling tipe kering, otomatis dan sentrifugal. Ukuran panjang bodi scoopy mencapai 1.844 mm, lebar 699 mm dan tinggi 1.070 mm. Bisa dibilang bahwa motor scoopy tidak terlalu tinggi karena jarak terendah ke tanah saja hanya 150 mm dan dilengkapi kapasitas tangki bahan bakar hingga 3,5 liter.

Penggunaan suspensi Honda scoopy bagian depan memakai teleskopik dan lengan ayun untuk bagian belakang. Dalam memberikan daya manuver yang lebih baik maka scoopy perkuat dengan ukuran ban depan 80/90 – 14 M/C 40 P sedangkan ban belakang berukuran 90/90 – 14 M/C 46P dan pengeremannya sudah cakram serta tromol. Penggunaan suspensi yang kokoh dan ringan membuat pengendara lebih nyaman saat bertemu jalan berkelok, hal ini dikarenakan bobot kendaraan scoopy mencapai 94 kg. Harga Honda scoopy pada saat pertama dirilis dibanderol Rp. 13.500.000 On The Road Jakarta.

Honda Scoopy Generasi Kedua (2013 – 2015)

Perjalanan Generasi Honda Scoopy Dari Masa Ke Masa

Diawal tahun 2013 tepatnya bulan Februari, Honda kembali mengupgrade scoopy dengan desain terbaru yang tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Tampilan headlamp kini sudah dibekali projector yang dapat menambah penerangan jalan di malam hari lebih optimal, gaya lampu sein sudah berubah dratis serta dikolaborasi bersama body sehingga menjadi lebih modern. Fitur speedometer sudah berubah, hanya saja masih mengadopsi panel meter analog dan ukuran bagasi kendaran diupdate dengan kapasitas yang lebih besar membuat helm mudah disimpan di dalamnya (helm-in). Fitur tambahan yang disematkan pada Honda scoopy generasi kedua ini adalah pengereman sudah memakai CBS (combi brake system).

Kapasitas mesinnya masih tetap sama dengan scoopy sebelumnya yang memakai 108 cc SOHC berpendingin udara serta kipas. Hanya saja sistem pembakaran bahan bakar sudah menyematkan teknologi Fuel Injection sehingga performa tenaga mesin berubah menjadi 6,27 kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi maksimum yang dimuntahkan 8,68 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm. Sistem kopling dan transmisinya masih tetap sama dengan scoopy generasi pertama. Ukuran dimensi body memiliki panjang 1.856 mm, lebar 694 mm dan tinggi 1.060 mm.  Untuk versi scoopy generasi kedua ini memiliki ukuran jarak terendah ke tanah yang lebih pendek dari sebelumnya yaitu 140 mm. Selain itu dibekali tangki bahan bakar yang mampu menampung sampai 3,7 liter.

Baca Juga : Harga Honda CB500F, Review, Spesifikasi dan Gambar Terbaru

Tidak ada yang berubah dari suspensi yang terdapat pada scoopy generasi kedua ini. Bagian depan masih teleskopik dan suspensi belakang tetap lengan ayun. Honda scoopy ini diyakini memberikan tampilan yang lebih modern dari sebelumnya sehingga terjadi peningkatan permintaan konsumen pada tahun itu. Saat diluncurkannya tahun 2013 Honda scoopy generasi kedua dibanderol Rp. 13.900.000 On The Road Jakarta.

Honda Scoopy Generasi Ketiga (2015 – 2017)

Perjalanan Generasi Honda Scoopy Dari Masa Ke Masa

Tepat awal bulan November 2015 Honda resmi mengeluarkan produk terbaru scoopy generasi ketiga. Skutik ini masih mempertahankan desain dari generasi scoopy sebelumnya, hanya saja terdapat penambahan fitur dan teknologi yang disematkannya. Varian warna yang disediakan scoopy generasi ini terus ditambahkan dan merubah sedikit grafis pada body. Fitur berbasis teknologi yang disematkan yaitu:

  • eSP merupakan teknologi terbaru yang dapat memberikan kinerja performa mesin menjadi lebih maksimal, karena eSP membantu memaksimalkan pembakaran dan mereduksi agar energy tidak terbuang percuma.
  • ISS merupakan fitur yang dapat menonaktifkan mesin secara otomatis ketika dalam keadaan stationer lebih dari 3 – 5 menit dan mesin akan kembali menyala ketika gas dibuka oleh pengendara. Teknologi ini bermanfaat untuk menghemat bahan bakar dan membantu mengurangi pencemaran udara.
  • AGC Starter merupakan teknologi yang meredam suara mesin ketika hendak distarter, sehingga memberikan kenyamanan pengendara yang lebih optimal.
  • ABS (Answer Back System) merupakan teknologi canggih  yang sangat membantu pemilik scoopy ketika motornya sulit ditemukan pada area parker. Dengan menekan tombol berlogo Horn maka secara otomatis motor scoopy akan mengeluarkan suara bersamaan nyalanya lampu sein kiri dan kanan.

Honda scoopy generasi ketiga ini dibekali mesin 108,2 cc SOHC berpendingin udara serta kipas. Didukung dengan teknologi fuel injection membuat tenaga mesin menjadi 6,4 kW pada putaran 7.500 rpm dan torsi yang dihasilkan hingga 9,1 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm. Sistem kopling dan transmisi yang diterapkan masih sama dengan generasi sebelumnya dan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 3.7 liter.

Baca Juga : Perjalanan Generasi Yamaha Jupiter MX Dari Tahun ke Tahun

Tipe kerangka yang digunakan Honda scoopy adalah tulang punggung, dengan suspense bagian depan dan belakang masih tetap sama dengan generasi scoopy sebelumnya. Tidak hanya itu, sistem pengereman dan ukuran ban masih tetap sama pula, tetapi ban sudah tubeless. Skutik berbobot 96 kg ini dibanderol lebih mahal, karena tambahan fitur berteknologi canggih yang sudah diterapkannya. Harga scoopy generasi ketiga Rp. 16.250.000 OTR Jakarta pada tahun 2015.

Honda Scoopy Generasi Keempat (2017 – Sekarang)


Perjalanan Generasi Honda Scoopy Dari Masa Ke Masa



Motor skutik ini telah resmi diluncurkan oleh AHM sebagai pendobrak dari Honda scoopy generasi sebelumnya. Di tahun ini perubahan sudah banyak dilakukan oleh Honda untuk menyajikan scoopy yang lebih modern, modis dan menyesuaikan perkembangan teknologi otomotif. Varian warna yang dimiliki scoopy 2017 menjadikan tampil lebih elegan dengan sedikin penyegaran pada desain body. Kini lampu sein sudah terintegrasi teknologi LED untuk memberikan tanda peringatan darurat ke pada pengendara lain menjadi lebih sempurna.


Honda scoopy generasi ini dibekali mesin PGM-FI SOHC yang mampu memberikan tenaga maksimal 6,7 kW pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak hingga 9,4 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm. Perubahan fitur pada tangki bahan bakar terus ditingkatkan menjadi 4 liter, sehingga bobot kendaraan menjadi bertambah pula mencapai 99 kg.

Baca Juga : 8 Perlengkapan Keselamatan Berkendara Yang Wajib Digunakan

Penambahan fitur terbaru pada scoopy 2017 yaitu Anti Theft System (alarm mencegah tangan-tangan jail), Port USB Charger (pengisian daya HP maupun power bank) dan perubahan ukuran velg menjadi 12 inchi dan didukung ban tubeless. Perubahan ukuran ban berubah menjadi lebih besar 100/90 – 12 59J pada ban depan dan ukuran ban belakang menjadi 110/90 – 12 64J tubeless. Sistem pengereman memakai teknologi Combi Brake System.

Itulah perjalanan generasi Honda scoopy dari masa ke masa yang telah mengalami empat generasi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel