-->

8 Perlengkapan Keselamatan Berkendara Yang Wajib Digunakan

Sebagai pengendara yang cerdas diwajibkan untuk bisa memahami rambu lalulintas, melengkapi peralatan keselamatan dan dapat mengemudikan kendaraan dengan baik. Tingginya tingkat kecelakaan di jalan raya disebabkan adanya kelalaian pengendara yang tidak mematuhi aturan berlalulintas dan minimnya kesadaran diri dalam mengenakan peralatan keselamatan. Perlengkapan Safety Riding memang sangat diperlukan untuk meminimalisir kerusakan yang diterima tubuh ketika kecelakaan.

8 Perlengkapan Keselamatan Berkendara Yang Wajib Digunakan

Walaupun jarak tempuh berkendara yang dilewati dekat atau jauh, namun apa salahnya memakai perlengkapan keselamatan demi keamanan diri sendiri. Peralatan keselamatan yang dikenakan pengemudi motor memang lebih kumplit dan ekstra dibandingkan pengemudi mobil. Untuk itu jadilah pelopor berlalu lintas yang taat terhadap peraturan berkendara.

Demi menunjang keselamatan berkendara, ada tujuh peralatan Safety Riding sepeda motor yang wajib digunakan. Keamanan bagian kepala hingga kaki memang harus diberi perhatian serius, melihat organ tubuh tersebut adalah penting maka sudah sepatutnya kita jaga dengan sebaik mungkin. Lantas, apa saja alat keselamatan berkendara wajib dikenakan? Berikut penjelasannya.

1. Helm

Helm berfungsi melindungi bagian orang vital yang sangat penting sekali yaitu kepala. Jenis dan bentuk helm yang sering digunakan pengendara memiliki varian yang berbeda-beda. Akan tetapi diwajibkan memakai helm SNI (Standard Nasional Indonesia) demi meningkatkan keamanan kepala jika mengalami benturan dengan benda yang keras dan pastikan bahwa Anda sudah mengaitkan tali sabuk di dagu dengan benar sebelum melakukan perjalanan.

Gunakan helm model Full Face untuk perlindungan kepala yang lebih baik. Pasalnya helm model ini dapat melindungi wajah dan mata dari hembusan angin, debu dan air hujan, sehingga konsentrasi berkendara menjadi lebih terjaga. Sedangkan helm model Half Face kurang optimal dalam memberikan keamanan keselamatan berkendara.

2. Jaket

Pengendara motor sangat dianjurkan untuk memakai jaket panjang. Jaket sendiri berfungsi melindungi tubuh dari angin, debu dan sinar matahari. Jaket hadir dengan varian ukuran, warna dan bahan yang berbeda-beda. Pastikan gunakan jaket yang sesuai dengan kenyamanan dan ukuran badan agar tubuh bebas melakukan gerakan.

Baca Juga : Harga Honda CB500F, Review, Spesifikasi dan Gambar Terbaru

Disarankan memakai jaket yang membahan kain tebal, tidak panas dan warna yang terang agar mudah dilihat oleh pengendara lain pada siang maupun malam hari. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan alat protector lainnya dibagian siku dan pundak demi meminimalisir benturan yang diterima tubuh ketika terjadi kecelakaan.

3. Jas Hujan

Bawalah perlengkapan jas hujan untuk mengantisipasi keadaan cuaca yang sulit ditebak. Jas hujan bermanfaat untuk melindungi badan dari air hujan dan menjaga temperatur suhu tubuh agar tetap stabil. Pakailah jas hujan yang berbentuk pakaian yang dilengkapi baju dan celana. Hindari penggunaan jas hujan yang membahayakan seperti berbentuk jubah, karena jubah dapat tersangkut di roda kendaraan serta memungkinkan terjadi kecelakaan.

4. Sepatu

Banyak pengendara yang tidak menggunakan sepatu untuk melindungi bagian kaki dari benturan apabila terjadi kecelakaan. Mereka lebih tertarik menggunakan sandal karena kaki terasa lebih sejuk dan mudah pengoperasikan pemindaahan gigi. Hanya saja sepatu akan jauh lebih baik untuk dikenakan saat berkendara, pastikan anda menggunakan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki dan memiliki bahan yang tidak kaku serta alas yang lebar. Jika musim hujan Anda dapat menggunakan cover sepatu dan hindari perilaku yang gemar meletakan kaki di atas mesin, karena dapat mengurangi kestabilan berkendara.

5. Penutup Hidung

Penutup hidung atau lebih dikenal dengan Masker berfungsi untuk menjaga kebersihan udara saat masuk ke hidung. Masker akan memfilter udara kotor dan debu yang akan masuk ke hidung, masker hadir dengan bentuk yang bermacam-macam, tapi kami menyarankan untuk menggunakan masker sekali pakai yang bisa Anda beli di apotek.

6. Sarung Tangan

Perlengkapan keselamatan yang satu ini akan memberikan perlindungan tangan dan jari dari panas dan air hujan. Selain itu untuk meredam resiko cedera saat terjadi kecelakaan. Bahan yang digunakan untuk membuat sarung tangan berbeda-beda dan harganya bervariasi. Untuk mendapatkan perlindungan tangan yang optimal, sebaiknya gunakan sarung tangan berbahan kulit. Hal ini dikarenakan bahan kulit mampu memberikan suhu sejuk pada tangan dan cengkraman pedal gas menjadi lebih kuat.

7. Pelindung Dada

Tidak banyak orang yang menggunakan pelindung dada, pasalnya perlengkapan ini hanya digunakan pada orang yang mengikuti lomba cross. Pelindung dada bermanfaat untuk mengurangi cedera benturan pada area dada apabila terjadi kecelakaan. Tidak hanya itu saja, perlengkapan keselamatan ini seringkali dipakai pada saat pagi hari untuk menghindari hembusan angin karena suhu udara yang dingin.

8. Celana Panjang

Penggunaan celana panjang atau pendek saat berkendara memang sah-sah saja, tapi akan lebih baiknya memakai celana panjang dan berbahan tebal. Apabila terjadi kecelakaan, celana panjang akan menghambat cidera kulit tergores yang disebabkan gesekan dengan jalan raya. Kenakan celana panjang sesuai dengan ukuran badan agar tubuh bebas bergerak dan nyaman saat dipakai.

Baca Juga : Cara Terbaik Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain dan Kulit

Itulah 8 Perlengkapan Keselamatan Berkendara Yang Wajib Digunakan, Anda dapat menerapkan perlengkapan di atas untuk menjaga keselamatan berkendara. Apalagi waktu musim mudik lebaran telah tiba, pastikan kondisi kendaraan dan kesehatan tubuh tetap sehat untuk melakukan perjalanan jauh. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel