-->

Harga Yamaha Vixion R 155, Review, Spesifikasi dan Gambar

Ada kabar gembira untuk pecinta motor sport,  pasalnya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah meluncurkan produk terbarunya yang bakal menandingi Honda CB150R dan Suzuki GSX S-150. Di tahun 2019 ini Yamaha merilis motor model naked bike yang bernama Yamaha All New Vixion R 155 VVA. Sebelumnya, Yamaha sendiri sudah meluncurkan Yamaha All New Vixion 150 di tahun 2017, ada tambahan fitur dan performa mesin yang telah diterapkan pada Vixion R sehingga Vixion versi sebelumnya masih kalah bagus dengan Yamaha Vixion R yang baru-baru ini telah diterbitkan. Harga yang dipasarkan Vixion R jauh lebih mahal dari Vixion 150 yang hanya dibanderol dibawah 30 jutaan saja.

Harga Yamaha Vixion R 155, Review, Spesifikasi dan Gambar

All New Vixion R 155 ini dipastikan mampu menarik perhatian banyak orang untuk mencobanya, selain bentuk desain dengan gaya sporty, tangguh dan agresif. Vixion R juga mengapdopsi mesin 155 cc berbasis teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang membantu meningkatkan kinerja mesin supaya lebih maksimal. Spesifikasi dan performa mesin adalah bagian motor yang terus diupgrade secara terus menerus demi mendapatkan produk motor yang berkualitas unggul dan Yamaha sendiri sudah melakukan hal tersebut untuk dapat menyesuaikan kemajuan teknologi otomotif.

Spesifikasi Yamaha Vixion R
Kemajuan teknologi otomotif yang terus berkembang pesat, maka di tahun 2019 Yamaha telah melakukan pengupgrade dari Yamaha Vixion terdahulu dengan menghadirkan Yamaha Vixion R 155 yang sudah dilengkapi fitur berkelas modern dan penambahan kapasitas volume silinder. Untuk lebih jelasnya, simak tabel spesifikasi Vixion R di bawah ini.
KATEGORIKETERANGAN
Tipe Mesinliquid cooled 4-stroke, SOHC, 4 Valve, VVA
SilinderSingle Cylinder
Diameter x Langkah58 x 58,7 mm
Daya Maksimum14.2 kW / 10000 rpm
Torsi Maksimum14.7 Nm / 8500 rpm
Volume Silinder155.1 cc
Sistem StarterElektrik Starter
Sistem PelumasWet Sump
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe KoplingWet Type Multi-Plate Clutch: Assist & Slipper Clutch
Tipe Transmisi Manual
P X L X T1950 mm x 720 mm x 1025 mm
Jarak Rendah Ke Tanah165 mm
Tinggi Tempat Duduk795 mm
Berat 131 Kg
Kapasitas Tangki Bensin11 Liter
Tipe RangkaDeltabox
Suspensi DepanTelescopic
Suspensi BelakangSwing Arm
Tipe BanTubeless
Ban Depan90 / 80 - 17 M/C (48P)
Ban Belakang130 / 70 - 17 M/C (62P)
Tipe Rem DepanDisc Brake
Tipe Rem BelakangDisc Brake
Sistem PengapianTCI
Tipe BusiNGK / MR8E9
BateraiGTZ4V / YTZ4V
Desain Vixion R
Yamaha telah melakukan perubahan desain yang signifikan pada All New Vixion R menjadi lebih sporty dan tampil aerodinamis, sehingga memiliki peluang untuk menandingi Honda CB150R serta Suzuki GSX-S150. Bentuk dasar dari Vixion R sedikit mirip dengan All New Vixion 150, tapi jika dilihat secara detail terdapat perbedaan antara keduanya. Perubahan body yang menggunakan fitur teknologi modern akan membawa nilai positif bagi pecinta motor sport. Lampu bagian depan dan belakang memakai LED, selain itu fitur berbasis full digital telah disisipkan pada speedometer yang kini menjadi multifungsi, informatif dan mudah terlihat.

Baca Juga : Harga Yamaha Byson FI 150, Review, Spesifikasi dan Gambar

Bentuk cover bodinya sangat responsive, terutama pada bagian side tank cover yang menambah kesan keren. Kerangka yang kokoh dan kuat mengapdopsi model deltabox dengan teleskopik di bagian depan dan swing arm pada bagian belakang, hanya saja Vixion R belum dibekali shock upside down. Pada Vixion R 2019, bentuk knalpot sedikit pendek dari Vixion sebelumnya. Bentuk cover pelindung mesin bagian bawah menambah kesan keren, sekaligus bermanfaat melindungi mesin dari kotoran dan benda keras. Vixion R 155 memiliki daya tampung besin mencapai 11 liter dan bobot kendaraan 131 kg.

Performa Mesin
Dapur pacu yang diusung Vixion R berbeda dari generasi sebelumnya dan justru hampir sama dengan Yamaha YZF-R15. Berbekal kapasitas liquid cooled, 155 cc, VVA (variable valve actuation) menjadikan Vixion R lebih superior dibandingkan Vixion terdahulu. Daya maksimum yang dilepas mesin hingga 14.2 kW pada putaran  10000 rpm  sedangkan torsi puncak mencapai 14.7 Nm pada putaran 8500 rpm. Terdapat tambahan teknologi full injection yang membuat mesin mendapatkan performa yang lebih baik dan hasil pembakaran sempurna serta ramah lingkungan.

Transmisi yang diusung Yamaha Vixion R adalah manual dengan 6 percepatan. Sementara itu, penggunaan fitur assist membuat kopling menjadi lebih ringan dan slipper clutch membantu perpindahan gigi menjadi lebih halus serta akselerasi lebih cepat.

Suspensi
Biasanya motor naked bike menggunakan tipe rangka diamond dan deltabox. Pada Yamaha Vixion R sendiri didukung rangka deltabox yang kuat dan kokoh demi menunjang motor yang tahan lama serta nyaman saat dioperasikan. Untuk bagian depan menggunakan suspensi teleskopik dan belakang memakai suspensi swing arm.

Baca Juga : Harga Yamaha Xabre 150, Review, Spesifikasi dan Gambar

Suspensi shock absorber roda depan belum dibekali fitur upside down, padahal fitur tersebut banyak memberikan keuntungan dalam mengoptimalkan kestabilan kendaraan. Sedangkan suspensi belakang terbuat dari bahan aluminium yang tangguh dan memiliki bobot yang ringan sehingga pengendalian motor menjadi stabil saat bermanuver. Dibagian bawah tepat duduk terdapat tambahan suspensi absorber model monocross yang besar dan kuat.

Pengereman
Yamaha Vixion R menggunakan ban tubeless yang lebar dengan ukuran 90/80 – 17 pada ban depan dan 130/70 – 17 untuk ukuran ban belakang. Pemakaian ban tubeless sudah dirancang sedemikian rupa yang diyakini mampu menyajikan kestabilan berkendara dan pastinya kendaraan akan lebih nyaman ketika melakukan manuver di jalan lurus maupun berkelok. Sistem pengereman yang disisipkan Vixion R menggunakan Disc Brake (rem cakram) pada roda depan dan belakang. Hasil pengereman sangat optimal, hanya saja pada remnya belum didukung teknologi ABS (Anti-Lock Brake System) yang berfungsi untuk mencegah roda tergelincir saat melakukan rem mendadak.

Harga Yamaha Vixion R
Melihat banyaknya fitur canggih dan modern yang dipasang pada Yamaha Vixion R 2019 membuat harga yang telah ditetapkan oleh Yamaha cukup mahal yaitu Rp. 30.815.000 on the road Jakarta. Harga ini memang sedikit lebih mahal dari keluarga vixion yang sebelumnya telah dirilis, karena Vixion R memiliki kapasitas mesin yang lebih besar 155 cc dibandingkan Vixion sebelumnya yang mengusung mesin 150 cc saja.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Yamaha All New Vixion 150

Di tahun 2019  All New Vixion R masih memiliki harga pasaran yang lebih mahal dari Yamaha Xabre. Selisih harga hanya berkisar 100 – 200 ribuan saja. Tapi harga Vixion R di atas hanya untuk wilayah Jakarta, pasalnya harga Vixion R setiap kota  berbeda-beda dan bisa saja berubah-ubah.

Fitur Yamaha Vixion R
  • Engine 155 cc LC4V With VVA => Vixion R memiliki volume silinder 155 cc dan dibekali variable valve actuation (VVA) yang membuat torsi yang dihasilkan menjadi merata pada setiap putaran mesin.
  • Liquid Cooled => sistem pendingin yang paling banyak digunakan oleh motor modern dengan memanfaatkan zat cair untuk menjaga temperature mesin supaya tetap stabil ketika melakukan perjalanan jauh.
  • Variable Valve Actuation => teknologi mesin berbasis VVA yang sangat baik dalam menjaga performa mesin dan torsi di setiap putaran mesin.
  • Assist & Slipper Clutch => fitur yang memiliki manfaat besar dalam meningkatkan kinerja kopling supaya lebih ringan dan membuat pergerakan perpindahan gigi lebih lembut serta akselerasi lebih cepat.
  • Monocross Suspension => terdapatnya suspensi monoshock pada bagian tengah yang berguna menompang beban pengendara sekaligus menjaga agar motor selalu stabil saat berkendara.
  • Sporty Under Cowl => penampakan fitur under cowl membuat tampilan terkesan sporty dan semakin aerodinamis.
  • Wide Tubeless Tire => dilengkapi dengan ban yang berukuran besar, lebar dan tubeless demi menyajikan kesetabilan pengendara.
  • Deltabox Frame => rangka yang digunakan adalah tipe deltabox yang dipastikan kuat, kokoh dan membuat motor lebih nyaman saat dioperasikan.
  • Forged Piston Diasi Cylinder => Yamaha Vixion R menggunakan blok mesin dan piston berbahan 3 kali lebih ringan, 3 kali lebih kuat dan 3 kali lebih awet.
  • Aluminium Rear Arm => suspensi bagian belakang menerapkan aluminium rear arm yang kuat dan berbobot ringan sehingga pengendalian kendaraan menjadi stabil.
  • Hazard  Lamp => lampu darurat yang dipasang berdampingan dengan headlamp agar lebih terlihat oleh pengendari serta memiliki bentuk yang keren.
  • Full Digital Speedometer & Shift Timing => desain speedometer yang telah mengapdopsi teknologi full digital multifungsi yang lebih informatif dan mudah dipahami pengendara, kemudian dilengkapi shift timing light untuk mendapatkan performa yang optimal.
  • LED Head Light & Tail Light => desain lampu depan dan belakang terlihat aerodinamis dengan penambahan teknologi LED untuk pencahayaan di malam hari terlihat sempurna.
  • Double disc brake => sistem pengereman roda depan dan belakang menggunakan cakram dan belum dilengkapi teknologi ABS, walaupun demikian hasil yang diberikan dari rem cakrap sudah optimal.
  • Assist grip => agar terlihat agresif maka Yamaha telah menyatukan pegangan penumpang dengan body.

Pilihan Warna
Harga Yamaha Vixion R 155, Review, Spesifikasi dan Gambar
Harga Yamaha Vixion R 155, Review, Spesifikasi dan Gambar

Yamaha hanya membekali dua varian warna pada All New Vixion R 155 yaitu Matte Red dan Matte Grey. Warna yang disediakan lebih sedikit dari keluarga Vixion terdahulu. Tapi warna bukan masalah yang besar dalam menentukan pilihan, karena yang paling utama adalah komposisi dan ketahanan dari motor Vixion R 2019 yang patut dibanggakan. Yamaha telah membuktikan dengan memasang berbagai fitur tercanggih dan modern untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan peminat Vixion, sehingga wajar saja bila dibanderol dengan harga yang mahal.

Kelebihan
  • Yamaha telah mendesain Vixion R 2019 dengan gaya sporty, tangguh dan agresif
  • Dibekali mesin berkapasitas 155 cc dan  4 valve VVA
  • Menerapkan teknologi SOHC untuk mendapatkan performa mesin yang sempurna
  • Mengapdopsi liquid cooled untuk menjaga suhu mesin
  • Lampu depan dan belakan sudah LED
  • Full digital Speedometer yang multifungsi
  • Kapasitas tangki bensin hingga 11 liter
  • Menggunakan rangka tipe deltabox
  • Fitur assist & slipper clutch pada transmisi dengan 6 percepatan

Kekurangan
  • Harga Yamaha Vixion R mahal
  • Belum memakai suspensi upside down
  • Sistem pengereman tidak dibekali teknologi ABS

Demikian ulasan tentang Harga Yamaha Vixion R 155, Review, Spesifikasi dan Gambar. Jika dilihat dari spesifikasi dan performa mesin Vixion R sudah power full, apalagi dengan harga 30 jutaan Anda sudah bisa mendapatkan motor bergaya sport seperti Vixion R 2019 ini. Melihat dari spesifikasinya, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Salam otomotif dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel