-->

3 Cara Membersihkan Injektor Mobil Diesel Yang Benar

Pada mobil mesin diesel modern yang berteknologi common rail menggunakan komponen injektor dalam sistem bahan bakar. Injektor berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar diesel dari injection pump ke dalam silinder pada setiap akhir langkah kompresi.

Injektor sendiri di desain untuk menerima tekanan bahan bakar dari injection pump yang bertekanan tinggi untuk menyemprotkan bahan bakar yang berbentuk kabut. Injektor membutuhkan tekanan bahan bakar yang sangat tinggi yaitu 1.350 hingga 1.800 bar untuk menghasilkan pengabutan bahan bakar yang sempurna

Tingginya tekanan membuat lubang penyemprotan tidak boleh tersumbat, karena kotoran-kotoran bersekala micron dapat menyebabkan penumpukan residu yang kemudian menyumbat injektor. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan bahan bakar berkualitas rendah dan kurangnya kesadaran dalam merawat mesin.

Cara Membersihkan Injektor Mobil Diesel

3 Cara Membersihkan Injektor Mobil Diesel Yang Benar

Penyumbatan injektor mobil diesel akan menimbulkan beberapa gejala, mulai dari power mesin turun, mesin lebih bergetar saat start di pagi hari dan bahkan terasa pincang saat idle maupun berjalan. Untuk mencegah penyumbatan akibat penumpukan kotoran maka diperlukan pembersihan.

1. Purging

Cara pertama membersihkan injektor mesin diesel adalah purging. Prinsip kerjanya mirip dengan fuel tank-in, metode ini lebih efektif karena mem-by-pass langsung ke injektor via jalur filter solar. Sirkulasi cairan berlangsung tertutup yaitu rute masuk dan keluar cairan pembersih ke pompa injeksi berasal dari tabung purge.

Cara purging untuk membersihkan injektor pada mesin diesel, diantaranya:

  • Siapkan injector cleaner dan alat untuk purge (tabung)
  • Tuangkan injetor cleaner ke tabung purge
  • Gantungkan tabung purge pada kap mobil
  • Buka klem dan cabut selang solar yang menuju ke tangki dan selang yang menuju ke solar pump
  • Sambungkan 2 buah selang yang berada di tabung purging. selang atas purging dihubungkan ke return pump injector dan selang bagian bawah dihubungkan ke pump injector.
  • Lalu nyalakan mobil selama 20 hingga 30 menit
  • Tunggu sampai cairan di dalam tabung purge habis dengan sendirinya
  • Jika cairan pada tabung purge tinggal 1/4, injak gas kira-kira sampai 2000rpm selama 2 sampai 3 menit.
  • Jika cairan di tabung purge sudah mau habis, mesin mobil dimatikan.
  • Siapkan botol untuk menampung sisa cairan yang ada di tabung purge agar tidak tumpah ke mesin
  • Setelah itu, pasang kembali selang solar yang menuju ke tangki maupun selang solar yang menuju ke solar pump.

Jika Anda ingin melakukan pembersihan injektor di rumah, sebaiknya perlu pendampingan seorang mekanik yang paham mengenai hal ini agar meminimalisir terjadinya kesalahan saat proses purging.

2. Ultrasonic

Metode ultasonik sudah lama digunakan untuk membersihkan perhiasan, alroji, kaca mata dan lain sebagainya. Tidak terkecuali dalam dunia otomotif, dimana metode ultrasonik digunakan untuk membersihkan injektor dari kotoran. Sebagian orang memilih menggunakan metode ini untuk membersihkan injektor karena biayanya yang cukup murah.

Baca Juga:

Cara melakukan metode ultrasonik adalah lepas injektor dari dudukannya, lalu injektor diletakan pada wadah yang berisi cairan di mesin ultrasonik. Setelah itu, atur berapa menit waktu yang dibutuhkan untuk pembersihan. Selanjutnya, nyalakan mesin ultrasonik. Getaran yang dihasilkan akan membuat kotoran terlepas dan bersih kembali.

3. Produk Injector Cleaner


Membersihkan injektor diesel common rail adalah dengan produk injector cleaner. Anda bisa memilih model yang dicampurkan ke dalam bahan bakar pada tangki BBM dalam bentuk konsentrat. Campuran injector cleaner ke dalam tangki harus sesuai takaran.

Injector cleaner berfungsi untuk membersihkan lubang injektor dari residu sisa pembakaran. Tidak hanya itu, injector cleaner juga berfungsi untuk membersihkan saluran bahan bakar dan ruang bakar pada mesin diesel.

Keuntungan menggunakan cara ini adalah terjadinya peningkatan performa mesin karena proses pembakaran berjalan dengan baik. Namun, penggunaan produk injector cleaner mobil yang berlebihan dapat merusak logam dan cat mobil. Sedangkan kandungan aseton yang terdapat di dalamnya berisiko timbulkan kerusakan seal dan sensor MAP.

Itulah cara membersihkan injektor mobil disel yang bisa dicoba. Jika Anda bingung harus menggunakan cara yang mana, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke bengkel kepercayaan Anda untuk mendapatkan metode pembersihan injektor mesin diesel yang tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel