-->

4 Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi Yang Wajib Anda Tahu

Aki mobil merupakan satu dari sekian banyak komponen mobil yang termasuk dalam sistem kelistrikan yang salah satu fungsinya adalah menyimpan arus listrik, yang nantinya digunakan untuk menghidupkan mesin mobil, lampu dan menyalakan musik.

Ketika mesin dalam kondisi hidup, maka peran dari aki akan digantikan oleh dinamo ampere yang fungsinya untuk menghasilkan arus listrik yang kemudian sebagian arus listrik di simpan ke dalam aki mobil. Namun, terkadang ada kendala dimana aki mobil tidak mengisi dan menyimpan arus listrik yang telah dihasilkan oleh dinamo ampere.

Apabila aki mobil tidak dapat mengisi arus dan hal ini terus di diamkan, maka kendaraan bisa mengalami mogok dan bisa menyulitkan Anda di tengah perjalanan. Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab aki tidak bisa mengisi arus listrik.

4 Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi Yang Wajib Anda Tahu


Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi

Sebagai pemilik kendaraan, baik itu mobil atau motor. Anda wajib mengetahui penyebab aki tidak mengisi arus listrik. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Aki Sudah Rusak Atau Soak

Penyebab aki mobil tidak dapat melakukan pengisian arus yang pertama adalah aki sudah rusak atau lebih dikenal dengan istilah soak. Aki yang soak pada umumnya sudah kehilangan fungsinya untuk menyimpan arus listrik yang dihasilkan oleh dinamo ampere.

Ada beberapa kondisi aki mobil soak yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti air aki pernah habis, salah memilih air aki, usia aki sudah di atas 3 tahun dan mengalami over charge.

Selain itu, kerusakan elemen di dalam aki mobil bisa menyebabkan aki tidak mengisi arus listrik dan berujung pada aki menjadi soak. Untuk memudahkan Anda mengetahuinya, apakah aki sudah soak atau belum. Inilah ciri-ciri aki telah soak tau rusak, diantaranya:
  • Kondisi bodi aki terlihat menggelembung
  • Terminal aki banyak keraknya
  • Mobil sulit untuk distarter atau dihidupkan
  • Jika pengguna aki basah, air aki terlihat menghitam dan keruh
  • Ketika diperiksa pakai alat tes aki, hasilnya jauh di bawah normal

Jika kondisi aki sudah rusak atau soak, lebih baik lakukan penggantian dengan aki yang baru. Pasalnya, jika tidak diganti mobil akan mogok dan sulit dihidupkan maka Anda harus mendorong atau meminta bantuan mekanik atau bahkan meminta mobil derek untuk menariknya. Tentu saja hal itu akan memakan banyak waktu.

2. Kabel Antara Aki Dan Dinamo Ampere Bermasalah

Aki mobil dan dinamo ampere dirangkai menjadi sebuah sistem pengisian arus listrik pada mobil dengan menggunakan beberapa komponen pendukung seperti koneksi socket, kabel dan terminal. Seiring waktu pemakaian, komponen yang dipakai dalam sistem pengisian mobil juga akan mengalami masalah seperti kerusakan.

Kondisi kerusakan yang dialami oleh komponen tambahan dalam sistem pengisian meliputi:
  • Sekring pada dinamo ampere putus yang diakibatkan adanya short circuit
  • Socket serta sambungan kabel terputus, akibat dari kondisi komponen yang sudah rapuh dan terganggu akibat kerak ataupun karat.
  • Kepala terminal aki mobil tertutup kerak yang menyebabkan terganggunya hantaran listrik dari dinamo ampere

Apabila komponen yang menghubungkan antara dinamo ampere dan aki mobil bermasalah maka aliran listrik yang dihasilkan oleh dinamo ampere ke aki tidak sampai sehingga aki mobil tidak menyimpan arus listrik tersebut.

3. Aki Tidak Mengandung Elektrolit

Jika kendaraan mobil Anda menggunakan aki dengan tipe basah, maka bisa diisi ulang. Hal ini membuat usia aki menjadi lebih awet dan panjang. Namun, terkadang pemilik mobil lalai dalam melakukan pengecekan aki, alhasil aki kekurangan elektrolit yang sangat berguna untuk menghasilkan listrik.

Baca Juga:


Jika hal ini diabaikan maka zat yang menghasilkan kelistrikan akan pudar dan kehilangan fungsinya. Penggunaan aki harus disesuaikan dengan kebutuhan, pastikan untuk melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala.

4. Dinamo Ampere Rusak

Selain beberapa penyebab di atas, kerusakan pada dinamo ampere juga bisa menjadi penyebab aki mobil tidak mengisi arus listrik. Dinamo ampere atau dikenal dengan nama alternator berfungsi untuk menghasilkan listrik selama mesin mobil hidup.

Ketika dinamo ampere bekerja, maka ia akan menjadi sumber listrik bagi seluruh komponen pada kendaraan, termasuk untuk mengisi aki dan penerangan. Namun, ada beberapa yang menjadi penyebab alternator rusak, diantaranya:
  • Dioda trio di dalam alternator putus
  • Sikat arang (carbon brush) habis
  • Kabel rotor koil dan stator koil putus
  • IC Regulator pada dinamo ampere rusak

Saat komponen-komponen dinamo ampere rusak atau mengalami gangguan, maka tidak ada lagi suplai arus listrik yang tersimpan pada aki mobil. Ketika tidak ada arus listrik pada aki, maka seluruh sistem kelistrikan di mobil akan mati dan akhirnya mobil sulit dihidupkan.

Itulah penyebab aki mobil tidak mengisi arus listrik saat mobil menyala. Penting bagi pemilik mobil untuk melakukan pengecekan dan perawatan pada aki secara rutin, jangan sampai saat perjalanan jauh mobil mengalami mogok karena aki mobil tidak memiliki arus listrik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel