-->

8 Perbedaan Mobil Bensin Dengan Mobil Diesel

Mesin yang digunakan oleh kendaraan mobil pada umumnya ialah mesin bensin dan diesel.  Masing-masing jenis mesin tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang disesuaikan dengan kegunaan dan fungsi dari mobil itu sendiri. Kendaraan mobil yang menggunakan mesin bensin dirancang untuk memberikan kemudahan dalam perjalanan sehari-hari dan mobil dengan mesin diesel paling banyak digunakan dalam keperluan industri, terutama dalam hal mengangkut barang.

8 Perbedaan Mobil Bensin Dengan Mobil Diesel

Setiap jenis mesin kendaraan memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga perbandingan antara keduanya  cukup terlihat jelas. Sedangkan di Negara Indonesia mesin diesel masih tertinggal jauh dengan kendaraan mobil yang menggunakan mesin bensin. Bagi Anda yang akan membeli mobil, sebaiknya kenali dulu perbedaan mesin bensin dan mesin diesel. Hal ini agar Anda tidak menyesal dikemudian hari.

Lantas, apa saja perbedaan kendaraan mobil yang menggunakan mesin bensin dan mesin diesel? mari kita kupas informasi seputar mesin bensin dan diesel secara lengkap. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Tenaga Mesin

Untuk mesin bensin mempunyai kelebihan dalam kecepatan yang tinggi sehingga sangat lincah untuk perjalanan jauh. Semakin tinggi kapasitas mesin yang disajikan maka semakin tinggi pula performa power yang dihasilkan. Bagi kendaraan yang menggunakan mesin diesel lebih mengutamakan torsi atau tenaga yang dihasilkan, sehingga perusahaan industri paling banyak menggunakan mobil diesel untuk membawa barang dengan beban yang berat. Mengenai kecepatan dari mobil diesel masih jauh tertinggal dengan mesin bensin, Karena kedua jenis mesin ini diciptakan berdasarkan kegunaan dan pemanfaatan yang berbeda-beda.


2. Kenyaman

Karena kompresi yang dihasilkan oleh mesin diesel yang begitu besar membuat adanya getaran dan bunyi berisik yang dihasilkan dari suara mesin. Namun seiring berjalannya waktu, kini sudah banyak mobil yang bermesin diesel terus memperbaiki dan meningkatkan kenyamanan bagi pengendara. Sedangkan pada mobil dengan mesin bensin dirancang sedemikian rupa, seperti rancangan pada gabin yang lebih enak, getaran mesin pada body mobil sangat kecil, dan kapasitas penumpang lebih banyak. Sehingga sudah tidak wajar lagi kalau peminat mobil mesin lebih banyak dibandingkan mobil diesel.

3. Bahan Bakar

Dari penggunaan jenis bahan bakar yang dipakai pada mobil diesel jelas berbeda dengan mobil bensin, hal ini berdasarkan dari nilai oktane yang dimiliki pada bahan bakar bensin dan nilai cetane pada bahan bakar solar. Nilai oktane menunjukkan sejauh mana bahan bakar kuat terhadap tekanan pada saat kompresi. Bensin memiliki sifat mudah menguap dan gampang terbakar, sedangkan solar tidak menguap serta titik nyalanya pun lebih kecil. Oleh sebab itu, pada kendaraan mobil yang menggunakan bahan bakar solar tidak menggunakan bantuan busi.

4. Perawatan

Perawatan yang dilakukan untuk mobil bensin lebih mudah dan sederhana, karena komponen yang terpasang pada rangka suspensi sudah dirancang dengan tepat dan awet. Biaya yang dikeluarkan untuk merawat mobil diesel lebih besar dari pada mobil bensin, hal ini melihat dari kegunaan dan ketahanannya. Mobil yang paling banyak digunakan oleh perusahaan industri lebih indentik dengan mobil berukuran besar seperti truk, fuso dan lain sebagainya.  Sehingga biaya komponennya jauh lebih mahal dan proses perbaikannya pun lebih rumit

5. Harga

Kalau berdasarkan harga, mobil bensin lebih rendah dari pada mobil diesel. Pada kendaraan mobil bensin mengutamakan tampilan interior, rancangan mobil, kenyamanan, kecepatan dan CC mesinnya pun juga lebih besar dari pada diesel. Untuk mobil diesel rancangannya menggunakan besi baja yang harus kuat dan berkualitas. Apalagi pada bagian suspensi yang paling banyak menopang beban saat muatan, maka tidak salah lagi kalau harganya sedikit lebih tinggi, dan biaya perawatan lebih mahal.

6. Ketahanan

Sebenarnya ketahanan pada kendaraan mobil itu dilihat dari bagaimana pengendara mampu melakukan rutinitas perawatan dan cara membawa kendaraan tersebut. Walaupun Anda memiliki mobil dengan harga yang cukup mahal, tapi kalau cara mengemudinya tidak benar, tentu ini membuat mobil menjadi cepat rusak.

7. Efisiensi

Pengguna mesin bensin sepertinya lebih hemat apalagi yang sudah menggunakan injeksi, inovasi baru dengan menerbitkan keunggulan injeksi akan membuat bahan bakar menjadi lebih irit tanpa mengurangi tenaga mesin. Mobil yang memerlukan tenaga besar, akan lebih boros penggunaan bahan bakarnya. Karena saat jalanan menanjak dan sedang membawa barang, mobil perlu power yang besar dan asupan bahan bakar yang besar pula. 

8. Ramah Lingkungan

Kendaraan dapat dibilang ramah lingkungan, apabila asap yang dikeluarkan oleh mesin tidak terlalu hitam. Mobil yang menggunakan minyak bensin akan lebih ramah lingkungan dibandingkan mobil diesel, penyetelan asupan bahan bakar yang terlalu banyak akan membuat asap yang dikeluarkan oleh mesin menjadi lebih hitam dan ini dapat membuat pencemaran udara.
Itulah penjelasan lengkap seputar perbedaan mobil bensin dan diesel, setelah Anda mengetahui perbedaannya dari kedua jenis mesin di atas. Jadi, ketika Anda akan membeli mobil, pilihlah sesuai dengan kegunaan dan kapasitas budget yang Anda punya. Semoga bermanfaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel