-->

5 Tanda Injektor Mobil Diesel Rusak dan Cara Mengatasinya

Mobil diesel memiliki komponen yang tidak kalah penting untuk dilakukan perawatan rutin, yaitu Injektor. Tidak bisa dipungkiri bahwa injektor mobil diesel juga bisa mengalami kerusakan. Penyebabnya bisa dari usia pemakaian dan kelalaian penggunaan bahan bakar berkualitas rendah.

Sebenarnya tanda kerusakan injektor mesin diesel mudah diagnosa, karena ciri injektor rusak dapat langsung dirasakan oleh pengemudi mobil tersebut, seperti mobil yang sulit dihidupkan. Jika pemeriksaan kelistrikan seperti aki sudah dilakukan tapi mobil masih sulit dihidupkan, maka kemungkinan injektor diesel bermasalah.

Jika injektor mobil mengalami gangguan, lebih baik lakukan pemeriksaan di bengkel resmi. Bisa jadi injektor tersumbat kotoran dari residu sisa pembakaran. Pembersihan injektor mobil bisa dengan beberapa metode, mulai dari metode purging, getaran ultrasonik dan menggunakan produk injector cleaner.

Tanda Injektor Mobil Diesel Rusak

5 Tanda Injektor Mobil Diesel Rusak Dan Cara Mengatasinya

Sebagai pengemudi mobil diesel, Anda wajib tahu tanda-tanda injektor mengalami kerusakan. Hal ini bisa membantu Anda mengambil keputusan jika didapati injektor mobil rusak. Dengan mengetahui injektor bermasalah sejak dini akan meminimalisir kerusakan pada injektor yang lebih parah.

Namun, jika rusaknya injektor berat maka segera ganti dengan yang baru agar performa mesin kembali optimal. Lantas, Apa saja tanda-tanda injektor mobil rusak?

1. Mesin Sulit Dihidupkan

Tanda injektor mesin rusak yang mudah dikenali adalah mesin sulit dihidupkan. Kondisi ini bisa terjadi karena suplai bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran menjadi tidak lancar. Jadi bahan bakar yang disemprotkan oleh injektor tidak sesuai dengan takaran.

Selain itu, penyebab lain yang membuat mesin sulit dihidupkan adalah tekanan injektor menurun, lubang injektor tersumbat dan kondisi injektor yang sudah rusak ataupun aus.

2. Mesin Tersendat

Kerusakan injektor mobil diesel juga bisa membuat mesin tersendat-sendat atau brebet saat mobil dihidupkan. Hal ini terjadi karena suplai bahan bakar untuk proses pembakaran tidak sesuai standar sehingga kinerja mesin tidak stabil. Bahkan mobil bisa saja mogok karena aliran bahan bakar tidak mengalir.

Baca Juga:


Untuk mengatasi permasalahaan tersebut, Anda perlu melakukan penyetelan ulang bagian injektor mobil. Jika injektor mengalami kerusakan segera lakukan penggantian dengan injektor yang baru untuk mengembalikan performa mesin sebagaimana mestinya. Dengan begitu mesin mobil akan mudah dihidupkan, tidak lagi brebet ataupun mogok.

3. Performa Mesin Tidak Optimal

Fungsi utama injektor adalah komponen yang membantu pengabut bahan bakar. Jika injektor bermasalah maka kebutuhan bahan bakar yang di suplai ke dalam ruang bakar menjadi berkurang dari takaran standar yang dibutuhkan. Hal ini menyebabkan kinerja mesin diesel menjadi kurang maksimal.

Setiap putaran mesin membutuhkan asupan bahan bakar dengan kapasitas yang berbeda-beda. Misalnya, saat mesin di start maka mesin memerlukan bahan bakar yang lebih banyak dibandingkan putaran idle yang hanya membutuhkan lebih sedikit bahan bakar.

Jika injektor rusak maka suplai bahan bakar menjadi tidak teratur dan menyebabkan mesin mati mudah secara tiba-tiba.

4. Bahan Bakar Tidak Efesien

Injektor mobil bermasalah menyebabkan konsumsi bahan bakan menjadi tidak efesien. Hal ini dikarenakan konsumsi bahan bakar menjadi terlalu irit ataupun boros. Pada kasus injektor diesel yang rusak asupan bahan bakar yang terlalu irit justru akan menyebabkan tenaga mesin menjadi tidak optimal, karena lubang injektor tidak mampu menyemprotkan bahan bakar secara sempurna ke dalam ruang bakar.

Sedangkan asupan bahan bakar yang boros mengakibatkan keluarnya asap hitam pekat dari knalpot. Hal ini terjadi karena komposisi udara yang lebih sedikit dibandingkan bahan bakar, inilah yang membuat pembakaran menjadi tidak sempurna.

Selain itu, proses pembakaran yang tidak sempurna memicu timbulnya kerak pada ujung injektor. Penumpukan kotoran dari sisa residu pembakaran membuat lubang injektor tersumbat.

5. Keluar Asap Hitam Pekat Dari Knalpot

Ciri-ciri injektor mobil diesel rusak adalah adanya kumpulan asap hitam pekat yang keluar dari knalpot. Asap hitam yang keluar dari knalpot mobil menjadi tanda bahwa penyuplaian bahan bakar berlebih.

Kondisi ini dinamakan proses pembakaran basah karena injektor menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar dalam jumlah banyak. Hal ini membuat campuran bahan bakar lebih banyak dibandingkan udara.

Itulah beberapa tanda injektor mobil diesel rusak. Jika ada salah satu gejala injektor diesel rusak di atas, segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan dan servis lebih lanjut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel