-->

Fungsi Shock Absorber dan Komponennya Pada Sistem Suspensi

Kaki-kaki mobil memang harus selalu dalam kondisi baik. Melihat permukaan jalan yang tidak selalu rata, kaki-kaki mobil akan bekerja optimal agar Anda tetap merasakan kenyamanan saat berkendara. Keberadaan kaki-kaki mobil sangat membantu untuk meminimalisir guncangan yang disebabkan dari permukaan jalan.

Shock Absorber merupakan salah satu bagian dari sistem suspensi mobil yang berfungsi untuk menjaga kestabilan mobil saat melaju di jalan rata, bergelombang ataupun saat bermanuver di jalan berbelok. Saat mobil melaju di permukaan jalan yang berlubang maka shock absorber akan meredam hentakan yang disebabkan oleh energi kinetik.

Setiap kendaraan mobil memang perlu dilengkapi shock absober supaya oskilasi (gerakan naik turun) yang terjadi dapat dipercepat. Bayangkan jika kendaraan tanpa adanya shock absober maka getaran yang ditimbulkan akan memiliki proses oskilasi yang lama, hal ini akan membuat guncangan mobil menjadi lebih keras.

Fungsi Shock Absorber dan Komponennya Pada Sistem Suspensi

Jenis-Jenis Shock Absober

Terdapat beberapa jenis shock absober yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Shock Absober Kerja Tunggal adalah shock jenis ini bekerja meredam hanya pada saat terjadi ekspansi, namun sebaliknya ketika terjadi kompresi tidak ada peredaman.
  • Shock Absober Kerja Ganda adalah shock jenis ini memiliki fungsi yang lebih baik dibandingkan dengan shock absober kerja tunggal, pasalnya shock ini bekerja meredam getaran terjadi pada saat ekspansi dan kompresi.

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, lantas apa fungsi shock absober pada mobil? Berikut fungsi shock absober pada sistem suspensi.

Fungsi Shock Absober

Shock absober berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, memudahkan pengendalian kendaraan dan meredam terjadinya oskilasi saat mobil melaju di permukaan jalan yang tidak rata. Tak hanya itu, komponen ini juga dapat meningkatkan kemampuan daya cengkram ban terhadap permukaan jalan.

Melihat dari namanya saja sudah tahu bagaimana fungsi dari shock absober ini. Komponen yang satu ini akan membantu meredam guncangan di kabin agar tidak terlalu terasa oleh pengendara dan juga penumpang.

Pada tabung shock absober terdapat media penyerap getaran yang berupa minyak atau gas. media penyerapan ini diletakan dalam tabung terpisah, di mana setiap masing-masing tabung akan terhubung dengan sistem suspensi roda kendaraan. Jadi salah satu sisi shock absober terhubung ke rangka mobil dan sisi lainnya terhubung ke lengan ayun yang menahan as roda.

Baca Juga :

Saat terjadi gerakan naik turun pada shock absober, maka minyak hidrolik atau gas akan meredam pergerakan tersebut dan mengubahnya menjadi energi panas. Kendati demikian, gerakan oskilasi dapat direndam lebih cepat sehingga mobil bisa melaju lebih nyaman dan stabil.

Komponen Shock Absober

Shock absober terdiri atas beberapa komponen, namun ada tiga komponen utama yang berperan penting pada shock absober adalah piston, batang piston dan tabung silinder.

Piston yang berada di dalam tabung bergerak oskilasi ketika shock absober sedang bekerja. Kemudian tabung silinder merupakan tempat untuk menampung minyak dari shock absober. Selain itu juga sebagai tempat naik turunnya piston.

Lantas apa fungsi dari batang piston? Komponen yang satu ini berfungsi sebagai penyambung gerakan dari piston dengan tabung shock absober yang terletak di bagian atas dan juga luar.

Itulah fungsi dari shock absober dan komponennya. Setelah membaca artikel ini, Anda sudah tahu bagaimana caranya shock absober meredam getaran selama berkendara. Selain mengetahui fungsinya, Anda juga harus merawat komponen yang satu ini agar tetap prima.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel