-->

7 Cara Merawat Mesin Mobil Matic Yang Tepat Bagi Pemula

Perawatan mesin mobil matic wajib dilakukan secara berkala agar tetap awet dan bisa digunakan hingga jangka waktu yang panjang. Jika kondisi mesin mobil dalam keadaan baik, tentu saat berkendara akan terasa nyaman dan aman. Mesin mobil termasuk komponen yang sangat penting, jadi Anda harus tahu cara merawat mesin mobil matic yang tepat.

Banyak komponen pada mesin mobil matic yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Jika salah satu rusak maka timbul gejala kerusakan mesin yang ditandai dengan getaran, suara berisik dan nyalanya lampu indikator di dashboard mobil. Bahkan, jika rusaknya sudah parah bisa menyebar ke komponen mesin yang lain. tentu biaya perbaikan yang dikeluarkan akan lebih besar.

Anda dapat merawat mesin mobil matic secara pribadi atau service di bengkel resmi. Namun, jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara merawat mesin mobil yang benar, sebaiknya bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan.

7 Cara Merawat Mesin Mobil Matic Yang Tepat Bagi Pemula

Cara Merawat Mesin Mobil Matic

Ada beberapa cara merawat mesin mobil matic yang benar. Cara ini dapat diterapkan pada mobil kesayangan Anda. Lantas, Apa saja langkah-langkah merawat mesin mobil?

1. Bersihkan Permukaan Mesin

Saat membersihkan mesin mobil matic perlu berhati-hati, hindari menggunakan air bertekanan tinggi agar tidak merusak sistem kelistrikan mobil. Jika mesin mobil bersih, kita akan mudah mendeteksi kerusakan mesin dan bahkan apabila ada rembesan oli akan mudah diketahui. Selain itu, kotoran yang menempel pada permukaan mesin akan menahan panas keluar dari permukaan mesin mobil. Kondisi mesin yang bersih dapat membantu proses pendinginan.

2. Periksa Air Radiator

Isilah air radiator jika volumenya sudah berkurang. Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin ketika sedang bekerja. Untuk mengisi radiator, Anda bisa menggunakan jenis air radiator coolant yang tepat dan berkualitas. Hindari mengisi radiator menggunakan air keran. Air radiator coolant memiliki performa yang lebih optimal dalam mendinginkan mesin dan mencegah karat.

3. Periksa Kondisi Aki Mobil

Aki atau sering dikenal dengan baterai termasuk komponen yang penting pada mobil matic. Periksa dan pastikan air aki berada di level seharusnya yaitu pada garis penanda, supaya mobil dalam kondisi prima. Selain itu, terdapat cara untuk mengecek baterai mobil dengan mengukur tegangan baterai menggunakan voltmeter.

4. Ganti Oli Mesin Secara Rutin

Cara merawat mesin mobil matic selanjutnya adalah dengan mengganti oli mesin secara berkala. Sebaiknya, ganti oli mesin setiap 5.000 hingga 10.000 kilometer untuk memastikan mesin dapat bekerja dengan maksimal. Dianjurkan untuk menggunakan oli mesin yang berkualitas, karena pemilihan oli yang tepat dapat membuat ketahanan panas mesin dan memiliki peran menahan gesekan atau pergerakan internal mesin mobil.

Baca Juga :


Cara mengetahui kondisi oli mesin mobil adalah dengan meneteskan sedikit oli di tangan Anda. Rasakan, apakah ada serpihan-serpihan halus di tangan. Jika Anda merasakan adanya kotoran maka oli mesin harus segera diganti. Selain itu, kondisi oli mesin yang wajib diganti adalah oli terlihat encer dan hitam.

5. Melakukan Tune Up Secara Berkala

Untuk memastikan mobil dalam kondisi prima maka diperlukan tune up secara berkala. Jika Anda tidak mengetahui prosedur tune up, lebih baik bawa ke bengkel resmi. Ketika melakukan tune up semua komponen mobil akan diperiksa secara menyeluruh. Apabila dalam proses tune up ditemukan adanya kerusakan maka pihak bengkel akan segera memperbaiki komponen yang bermasalah. Sehingga kinerja mobil akan kembali optimal.

6. Memanaskan Mesin Mobil

Sebelum menggunakan kendaraan, Anda dianjurkan untuk memanaskan mesin mobil terlebih dahulu. hal ini dikarenakan, setelah semalaman mobil tidak digunakan maka oli akan jatuh ke tangki oli. Jadi saat mesin dinyalakan maka oli akan naik dan membasahi seluruh komponen internal mesin. Waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mobil adalah 3 hingga 5 menit. Selain itu, manfaat memanaskan mesin adalah agar aki tidak tekor sehingga sistem kelistrikan tetap terjaga.

7. Berkendara Dengan Ramah Mesin

Cara merawat mesin mobil matic yang terakhir adalah berkendara dengan ramah mesin. Jika ingin mesin mobil kamu awet maka hindari menggeber-geber di rpm tinggi. Perilaku seperti itu bisa membuat mesin cepat aus dan bahkan berimbas pada rusaknya beberapa komponen lain, seperti fan belt putus.

Itulah cara merawat mesin mobil matic yang dapat diterapkan pada mobil kesayanganmu. Perawatan pada mobil memang sudah menjadi hal yang wajib untuk dilakukan agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Selain mesin mobil, Anda juga perlu memeriksa kondisi komponen mobil yang lain. semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel