-->

6 Cara Jitu Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor Dengan Cepat

Setiap kendaraan bermotor ataupun mobil tentu memiliki knalpot sebagai exhaust system. Terkadang timbulnya karat pada knalpot menjadi masalah yang sering kali dikeluhkan oleh pemilik kendaraan. Karat tidak hanya memperjelek tampilan motor, tetapi juga berpengaruh pada performa motor itu sendiri. Selain itu, korosi pada knalpot jika terlalu lama dibiarkan akan membuat knalpot keropos dan bolong.

Karat pada knalpot motor terjadi karena terdapat embun yang terjebak di dalam knalpot, adanya air yang mengendap dan bagian luar knalpot yang jarang dibersihkan. Untuk mencegah datangnya korosi, kamu bisa memanaskan mesin motor secara rutin di pagi hari. Memanaskan motor di pagi hari akan menghilangkan embun dan air dalam knalpot.

6 Cara Jitu Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor Dengan Cepat

Selain itu, perawatan knalpot yang bisa kamu lakukan untuk mencegah karat adalah dengan mencuci motor secara rutin, terutama saat musim hujan. Namun, Bagaimana dengan knalpot yang sudah mengalami korosi? Apakah ada cara efektif untuk menghilangkan korosi pada knalpot? Adapun 6 cara pembersihan korosi yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

1. Menghilangkan Karat di Knalpot  Dengan Oli Gemuk

Cara menghilangkan karat pada knalpot yang pertama adalah dengan menggunakan oli gemuk (stempet). Fungsi utama oli gemuk adalah untuk melumasi komponen-komponen tertentu pada motor dengan tujuan untuk mencegah timbulnya korosi. Biasanya oli gemuk diaplikasikan pada komponen suspensi.

Bahan ini juga dipercaya bisa menghilangkan karat, sifat yang lebih kental daripada oli inilah yang membuatnya lebih cepat merontokan karat yang menempel pada knalpot. Oli gemuk mudah ditemui di toko-toko sparepart dan harganya cukup murah.

Cara penggunaan oli gemuk untuk menghilangkan karat di knalpot cukup mudah. Oleskan oli gemuk pada bagian knalpot yang berkarat, lalu nyalakan mesin dan tunggu sampai oli gemuk melelehkan tumpukan karat yang membandel pada knalpot. Setelah itu cuci knalpot hingga bersih dan lihat hasinya.

2. Menghilangkan Karat di Knalpot  Dengan Soda Kue

Metode menghilangkan karat berikutnya adalah dengan memanfaatkan soda kue dan perasan air jeruk. Caranya cukup gampang, kamu bisa mencampurkan soda kue dengan air jeruk, lalu oleskan campuran tadi ke bagian knalpot yang berkarat dan tunggu sampai beberapa menit. Setelah karat terlihat memudar, kamu bisa membersihkannya dengan mencucinya atau menggunakan kain pembersih.

3. Menghilangkan Karat di Knalpot  Dengan Oli Bekas

Saat kamu mengganti oli mesin, sebaiknya jangan terburu-buru untuk membuangnya. Nantinya oli bekas tersebut bisa kamu pergunakan untuk melenyapkan korosi yang menempel pada knalpot. Proses pembersihan karat dapat dilakukan tanpa harus melepas knalpot.

Baca Juga :

Cara penerapannya sangat mudah, terlebih dahulu kamu harus menyalakan motor sampai beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk membuat knalpot panas, setelah itu oleskan oli bekas ke area knalpot yang berkarat. Nantinya oli akan melelehkan karat yang menempel pada knalpot.

4. Menghilangkan Karat di Knalpot  Dengan Pasta Gigi

Knalpot yang menggunakan lapisan stainless steel beresiko mengalami korosi. Permasalahan korosi bisa kamu atasi dengan memanfaatkan pasta gigi. Kamu bisa menggunakan pasta gigi merk apa saja untuk menghilangkan korosi pada knalpot stainless steel.

Cara mengaplikasikannya pun sangat simple, oleskan pasta gigi pada area knalpot yang terdapat tumpukan karat. Tunggu beberapa menit sampai tumpukan karat terlepas dengan sendirinya. Selain dapat merontokan karat pada knalpot, pasta gigi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kotoran pada rantai motor.

5. Menghilangkan Karat di Knalpot  Dengan Pertamax Plus

Selain untuk bahan bakar, pertamax plus juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada knalpot. Hanya saja, pratamax plus membutuhkan campuran lain agar kerjanya lebih optimal yaitu minyak tanah.

Campurkan pertamax plus dengan minyak tanah, lalu aplikasikan pada bagian knalpot yang terkena karat. Selanjutnya, diamkan beberapa menit lalu bersihkan dengan cara disikat secara berlahan.

6. Menghilangkan Karat di Knalpot  Dengan Cairan Pembersih Keramik

Salah satu cairan pembersih keramik yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada knalpot adalah porstex. bahan ini diyakini efektif untuk mengangkat tumpukan karat di knalpot. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan cairan pembersih ke area berkarat, lalu diamkan sejenak. Selanjutnya siram menggunakan air hingga bersih.

Perlu diperhatikan juga kalau bahan ini bisa membuat cat menjadi luntur, jadi jangan sampai menetes ke bagian motor seperti blok mesin dan bodi.

Itulah 6 cara menghilangkan karat di knalpot dengan mudah dan praktis. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel