-->

9 Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil Supaya Awet dan Merdu

Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil - Pemilik motor pastinya akan menjaga kondisi kendaraan agar tetap awet. Mereka tak segan-segan mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk melakukan perawatan secara rutin agar motor bisa menjalankan fungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Salah satu bagian motor yang tak kalah penting untuk dirawat adalah knalpot, bagian ini berfungsi sebagai penyalur gas sisa pembakaran dan sekaligus meredam suara mesin.

Meskipun knalpot original jarang mengalami masalah, tetapi bila dibiarkan tanpa ada perawatan tentu akan rusak juga. Korosi merupakan salah satu yang menjadi penyebab knalpot mudah mengalami pengeroposan dan bahkan bocor. Alhasil suara yang dikeluarkan knalpot terdengar cempreng dan berisik. Selain itu, knalpot rusak juga bisa mengakibatkan tenaga motor menjadi menurun dan cenderung boros bahan bakar.

9 Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil Supaya Awet dan Merdu

Agar kamu tetap bisa merasakan kenyamanan dari knalpot orisinil dalam jangka waktu lama, ada beberapa tips atau cara merawat knalpot orisinil yang harus kamu perhatikan. Perawatan ini selain bisa menjaga tenaga motor agar optimal, tetapi juga berpengaruh pada tampilan motor kamu yang terlihat sempurna. Sehingga saat pergi menggunakan motor menjadi lebih percaya diri.

Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil

Pada umumnya merawat knalpot orisinil hanya dengan mencucinya secara berkala. Namun, akankah dengan mencuci knalpot bisa membuatnya awet? Untuk itu, ada beberapa cara perawatan pada knalpot orisinil yang bisa diterapkan pada motor kamu. Berikut ulasan langkah-langkah merawat knalpot motor orisinil.

1. Hindari memanaskan mesin motor terlalu lama karena bisa berpengaruh pada kondisi knalpot. Pasalnya semakin lama kamu memanaskan motor maka semakin banyak pula kotoran yang menumpuk dan menempel di dalam knalpot sehingga timbul karat dan kekuningan di area luar knalpot. Untuk itu, disarankan panaskan mesin secukupnya dan jangan biarkan motor tetap hidup bila tidak sedang digunakan.

2. Cara selanjutnya adalah melakukan pembersihan pada lubang-lubang silencer dengan cara memberikan oli secukupnya. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa menerapkannya setiap dua bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah kebocoran di area silencer dan leher knalpot yang mengakibatkan kualitas suara knalpot menjadi berisik. Selain itu, membuat tenaga motor semakin menurun dan tidak ramah lingkungan.

3. Jika pada knalpot motor orisinil mengalami korosi maka segera hilangkan dengan sikat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa memanfaatkan cairan pembersih karat. Caranya mudah, oleskan cairan pembersih karat ke bagian knalpot yang terdapat karat, lalu biarkan beberapa menit dan setelah itu sikat sampai karat rontok.

4. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembersihan di bagian leher knalpot. Caranya dengan mengoleskan oli bersih pada area leher knalpot secara merata. Selanjutnya hidupkan motor sampai oli panas dan meresap, alhasil tampilan knalpot terlihat lebih bersih.

5. Bersihkan knalpot jika terkena air hujan. Karena air hujan mengandung asam yang bisa membuat komponen besi dan logam pada motor rentan terserang karat, termasuk knalpot. Oleh sebab itu, cuci knalpot sampai bersih dan bila perlu semprot dengan cairan anti karat.

6. Jika silencer knalpot motor kamu terbuat dari bahan chrome maka pembersihan bila dilakukan dengan memanfaatkan kain bersih dengan cara di lap, hal ini bertujuan supaya tidak menimbulkan lecet pada lapisan silencer. Apabila terdapat kotoran yang menempel di area luar silencer maka membersihkannya cukup dengan menggunakan oli bekas secukupnya.

7. Cara menghilangkan percikan aspal yang masih baru di knalpot ataupun blok mesin, kamu bisa menghilangkanya dengan mengoleskan pertamax plus yang dicampur dengan minyak tanah dan gunakan sikat untuk mengaplikasikan ke knalpot.

8. Langkah selanjutnya untuk merawat knalpot orisinil adalah memeriksa kebocoran paking yang berada di header knalpot, Setelah itu cek juga baut pengencang pada penyangga knalpot. Kebocoran pada knalpot akan membuat proses pembuangan gas menjadi tidak sempurna.

9. Cara merawat knalpot orisinil yang terakhir adalah periksa lubang pembuangan air yang berada di bagian bawah silencer. Apabila lubang tersebut tersumbat maka tusuk dengan menggunakan paku kecil yang sesuai dengan diameter lubang.
Baca Juga :

Pada dasarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat knalpot motor agar memiliki usia pakai yang lebih lama. Namun, hanya sembilan cara di atas yang paling banyak orang lakukan dalam menjaga knalpot motor orisinil supaya awet dan tetap menghasilkan suara merdu.

Itulah tips atau cara merawat knalpot motor original dengan gampang. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel