-->

Cara Mengganti Glasswool Knapot Racing Dengan Mudah

Ada satu komponen pada knalpot racing yang harus diganti jika kondisinya sudah tipis dan terbakar, yaitu Glasswool. Pada knalpot rancing, glasswool berfungsi untuk meredam suara gas buang hasil pembakaran sehingga suara yang keluar dari knalpot akan terdengar merdu dan halus.

Penyebab glasswool harus diganti adalah karena usia pakai yang sudah lama, menipis dan gosong. Apabila glasswool atau peredam suara ini menipis maka kualitas suara knalpot semakin berkurang, sehingga cenderung terdengar cempreng dan berisik.


Disarankan menggunakan glasswool yang memiliki kualitas baik agar suara yang dihasilkan knalpot pun terdengar garang dan halus. Tingkatan harga glasswool pun berbeda-beda, mulai dari harga ribuan hingga puluhan ribu, biasanya orang lebih senang menggunakan glasswool warna putih. Selain harganya yang murah, glasswool putih memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan yang berwarna kuning.

Selain glasswool putih dan kuning, masih banyak jenis glasswool lainnya. Hanya saja harganya jauh lebih mahal. Prosedur mengganti gaspul atau glasswool ini tidak bisa asal-asalan, karena cara yang salah bisa membuat knalpot lecet atau rusak.

Cara Mengganti Glasswool Knalpot Racing

Sebelum mengganti glasswool, sebaiknya persiapkan dulu peralatan kunci yang hendak digunakan mulai dari obeng minus, tang, palu, paku privet, kain lap dan sebagainya. Pastikan kondisi knalpot sudah dingin supaya pembongkaran berjalan lancar dan nyaman. Setelah semua sudah siap, maka lakukan langkah-langkah bawah ini.

  1. Siapkan kain lap untuk melapisi knalpot agar tidak lecet ketika dibongkar.
  2. Buka paku rivet menggunakan obeng minus yang ujungnya sedikit lancip, lalu pukul obeng menggunakan palu sampai paku rivet terlepas.
  3. Setelah semua paku rivet terlepas, lalu tusuk batang rivet yang masih menempel pada knalpot mengarah ke dalam. Kamu bisa menggunakan obeng berukuran kecil atau batang besi kecil.
  4. Selanjutnya lepas bagian ujung knalpot (corong) menggunakan tang. Tarik setiap sisi ujung knalpot dengan kekuatan yang sama rata, agar tidak ada sisi knalpot yang bengkok. Kamu bisa menariknya ke arah atas dan bawah.
  5. Sebelum semua bagian ujung knalpot terlepas, sebaiknya tandai dulu menggunakan simbol garis pada ujung knalpot agar saat proses pemasangan bisa berada di posisi seperti semula.
  6. Keluarkan semua glasswool yang ada pada knalpot dan ganti dengan yang baru.
  7. Saat mengganti glasswool, usahakan jangan terlalu padat dan jangan terlalu lenggang.
  8. Setelah glasswool diganti, maka yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memasang kembali ujung knalpot, end cap dan paku river.

Proses pemasangan hampir mirip dengan pembongkaran, jadi jangan sampai salah. Apabila kamu tidak memiliki peralatan yang mendukung seperti alat pemasang paku rivet, maka disarankan untuk membawanya ke tukang knalpot.

Baca Juga :

Itulah cara mengganti glasswool knalpot racing dengan mudah. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan referensi dan bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel