-->

Cara Ampuh Membersihkan Knalpot Bagian Dalam Yang Benar

Knalpot merupakan perangkat pada kendaraan yang berfungsi sebagai saluran gas buang sisa hasil pembakaran. Bagi sebagian orang, mungkin knalpot bukan komponen yang memerlukan perawatan ekstra karena jarang sekali mengalami kerusakan.

Padahal, jika salah satu komponen knalpot rusak maka bisa mengalami gangguan pada kendaraan tersebut, mulai dari performa kendaraan yang menurun dan suara mesin yang keluar dari knalpot terdengar bising atau cempreng.

Cara Ampuh Membersihkan Knalpot Bagian Dalam Yang Benar

Knalpot kotor, biasanya diakibatkan masa pakai kendaraan yang sudah lama. Kotoran sisa pembakaran lama kelamaan akan menempel bahkan menjadi kerak di dalam knalpot. Jika knalpot tidak dibersihkan maka akan kehilangan fungsi normalnya dan kenyamanan berkendara menjadi terganggu.

Membersihkan jeroan knalpot memang sedikit sulit, karena lubang knalpot yang diameternya kecil membuat sikat atau alat lainnya sulit untuk masuk dan menjangkau bagian dalam knalpot. Proses pembersihan knalpot bagian dalam motor 2 tak berbeda dengan knalpot motor 4 tak.

Cara Membersihkan Knalpot Motor 2 Tak

Proses pembersihan knalpot motor 2 tak cukup mudah, kamu harus terlebih dahulu melepas knalpot dari motor. Kemudian masukan solar ke dalam perut knalpot dari salah satu lubang, lalu tutup ke dua lubang dengan menggunakan plastik supaya solar tidak keluar dan tumpah.

Baca Juga :

Setelah itu kocok atau goyangkan knalpot agar solar merata mengenai ruang dalam knalpot. Untuk hasil maksimal, sebaiknya diamkan solar di dalam knalpot selama beberapa jam supaya kerak yang menempel di dinding knalpot rontok dan luntur. Kamu bisa melakukannya 1 sampai 2 kali hingga knalpot bersih.

Cara Membersihkan Knalpot Motor 4 Tak

Untuk mesin 4 tak, kamu bisa membersihkan knalpot tanpa harus melepasnya. Masukan oli baru melalui moncong knalpot, lalu nyalakan mesin. Hal ini bertujuan agar oli yang berada di dalam silencer menjadi panas sehingga kerak yang menempel di dinding knalpot bisa terurai. jangan heran bila asap yang keluar dari knalpot berwarna hitam, itu bertanda oli ikut terbakar bersama kerak.

Cara lainnya yaitu dengan mengorek knalpot menggunakan obeng. hanya saja obeng tidak bisa menjangkau seluruh bagian dalam knalpot sehingga hanya mampu membersihkan di bagian header knalpot yang terhubung dengan mesin.

Apabila telah dipastikan semua kerak sudah tak lagi menempel, maka saat berkendara tarikannya akan sedikit lebih enteng dan performa kendaraan meningkat.

Itulah cara ampuh membersihkan bagian dalam knalpot. Kamu bisa menerapkan cara di atas dengan membersihkannya di rumah atau bisa juga meminta bantuan mekanik untuk membersihkan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel