-->

Pahami 8 Tips Membeli Mobil Bekas Ini Sebelum Ke Showroom

Membeli mobil bekas di showroom merupakan cara terbaik bagi kamu yang berkeinginan memiliki mobil dengan budget yang terbatas. Di sana kamu akan melihat berbagai tipe mobil dengan spesifikasi, merk, harga dan tahun keluaran. Jangan salah artikan bila mobil second selalu memiliki kualitas yang rendah, biar pun mobil bekas jika kamu telaten merawatnya maka akan bertahan lebih lama.

Pahami 8 Tips Membeli Mobil Bekas Ini Sebelum Ke Showroom

Tak bisa dipungkiri, jika sekarang ini masih ada showroom nakal yang melabui pembeli dengan menjual mobil yang tampilannya prima namun kondisi sebenarnya sudah rusak. Hal ini sering terjadi pada pembeli mobil pemula yang belum tahu banyak tentang mobil bekas.

Untuk mengatasi dan sekaligus menghindari  kerugian di masa mendatang, sebaiknya pahami dulu tips membeli mobil bekas yang berkualitan dan aman, berikut ini.

1. Cari Showroom Berkredibilitas Baik

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari showroom yang memiliki kredibilitas baik dan berkualitas. Kamu bisa mencari informasi tambahan melalui internet, utamakan showroom yang ada di sekitar wilayah tempat tinggal kamu agar mudah untuk menjangkaunya.

Bila perlu buat daftar showroom yang akan di kunjungi, ini akan mempermudah langkah kamu untuk menemukan berbagai pilihan mobil second dengan harga dan jenis mobil yang berbeda-beda.

2. Jangan Tergiur Harga Murah

Saat ini banyak showroom yang memasang iklan di media cetak seperti koran sebagai ladang promosi mobil bekas yang akan mereka jual. Biasanya pihak showroom akan melampirkan harga mobil dengan penawaran yang murah untuk memancing minat pembeli.

Sebaiknya, kamu jangan tergiur dengan harga-harga murah yang ditawarkan, karena sebagian besar iklan dikoran hasilnya tidak sesuai fakta. Hal ini dikarenakan banyak mobil bekas banjir dan kecelakaan yang kemudian di jual dengan harga miring.

3. Ketahui Harga Pasaran Mobil

Setiap jenis mobil bekas memiliki harga pasaran yang berbeda-beda. Biasanya mobil bekas yang masih eksis dengan harga tinggi dilihat dari minat orang yang mencari, produk mobil yang terbatas dan spesifikasi mobil tersebut.

Dengan mengetahui harga pasaran mobil bekas, kamu tidak akan mudah dikelabui oleh pihak showroom. Jika mobil yang ditawarkan dilabel harga tinggi, namun kualitasnya tidak sebanding dengan harganya. Lebih baik kamu mencari showroom yang lain saja, masih banyak tempat penjual mobil bekas dengan harga murah.

4. Tanyakan Dokumen Kendaraan

Kelengkapan dokumen kendaraan adalah hal yang penting dan perlu ditanyakan kepada pihak showroom sebelum membeli mobil. Pastikan kamu mendapatkan BPKB, STNK dan faktur. Cermati dengan detail keaslian dari dokumen tersebut.

Periksa nomor rangka dan nomor mesin mobil untuk menyesuaikan kecocokan dengan nomor tertera di BPKB dan STNK. Bila perlu bawa dokumen ke kantor samsat, namun jika pihak showroom tidak mau memberikan dokumen yang asli, kamu bisa meminta fotocopyan untuk diperiksa di kantor samsat.

Selain itu, dengan adanya dokumen BPKB dan STNK yang asli dan lengkap. Kamu akan dimudahkan dalam urusan balik nama kendaraan dan adminitrasi.

5. Periksa Kondisi Fisik Mobil

Memeriksa fisik mobil secara keseluruhan adalah agenda selanjutnya dalam membeli mobil bekas. Kamu bisa memulai dari mengecek kondisi body mobil, apakah cat masih terlihat mulus, penyok, goresan atau bekas tambalan.

Cermati bagian interior mobil, seperti AC, plafon, sabuk pengaman, pengharum ruangan dan kondisi tempat duduk. Pastikan semua fitur dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga :

Selanjutnya, melakukan pengecekan kondisi mesin. Mobil harus mudah untuk dinyalakan, pastikan suara mesin terdengar halus dan tidak ada asap hitam tebal yang keluar dari knalpot. Lihat di sekeliling mesin, transmisi dan gardan, perhatikan apakan ada kebocoran atau rembesan oli yang keluar dari komponen tersebut.

6. Lakukan Tes Drive

Tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah meminta izin kepada pihak showroom untuk lakukan tes drive. Hal ini untuk mengetahui mobil yang akan dibeli dalam kondisi nyaman dan berkualitas, jika perlu bawalah teman atau mekanik yang paham tentang mobil.

Usahakan tes drive dengan jarak yang cukup jauh agar dalam mengindentifikasi kerusakan pada mobil dapat diketahui. Lakukan analisa kondisi pengereman, sistem kopling dan performa mesin.

7. Tanyakan Asuransi Mobil

Tanyakan kepada pihak showroom, Apakah mobil yang hendak kamu beli memiliki asuransi? Tentu ini menjadi nilai tambah yang baik untukmu. Mintalah penjual memberikan bukti dokumen asli yang menyatakan mobil telah diasurasikan.

Bagaimana dengan nama pemiliknya? Tenang, asuransi bisa di balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan mobil tersebut. Jangan lupa membawa kelengkapan dokumen jual beli mobil saat melakukan proses balik nama.

8. Lakukan Pembayaran

Lakukan proses pembayaran secara transparan, jangan melakukan transfer uang apapun sebelum kamu bertemu dengan pihak showroom dan melihat sendiri mobil yang hendak dibeli. Sebelum melakukan pembayaran, negosiasi terlebih dahulu sama pihak penjual agar mendapatkan potongan harga atau diskon.

Itulah tips membeli mobil bekas di showroom. Dengan mengetahui tips di atas, kamu sudah membekali diri dengan pengetahuan sebelum membeli mobil bekas yang murah dan berkualitas. Semoga bermanfaat untuk semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel