-->

10 Tips Merawat Mobil Baru Agar Awet dan Tetap Kinclong

Siapa yang tidak senang memiliki mobil baru? Apa lagi mobil keluaran terbaru dan memiliki banyak fitur modern. Mengendarai mobil yang baru dibeli memang lebih nyaman dan enak untuk di bawa muter-muter, karena tarikan mesin yang masih bagus dan terasa enteng. Namun, untuk mempertahankan kualitas mobil baru agar tetap awet maka diperlukan perawatan secara rutin.

Perawatan mobil yang dilakukan tidak susah dan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa bantuan mekanik. Tips merawat mobil ini tidak mewajibkan Anda untuk melakukannya setiap hari, paling tidak satu atau dua minggu sekali.

Bagian mobil baru yang memerlukan perhatian lebih adalah body, mesin, kaca dan bagian mobil lainnya. Komponen tersebut cenderung lebih mudah mengalami kerusakan karena benturan, goresan dan kurangnya pemeriksaan oleh pemilik mobil. Adapun beberapa tips merawat mobil baru yang bisa menjadi panduan Anda agar mobil tahan lama.

10 Tips Merawat Mobil Baru Agar Awet dan Tetap Kinclong

Tips Merawat Mobil Baru Agar Awet dan Kinclong

1. Kurangi Kecepatan Saat Melintas di Jalan Rusak

Mengurangi kecepatan saat melintasi jalan yang tidak rata adalah cara yang efektif untuk merawat mobil. Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua jalan di perkotaan dan pedesaan mulus tanpa rusak, pasti tak sedikit kita temui adanya jalan yang tergenang, bergelombang dan berkoral.

Tentu hal tersebut bisa menjadi masalah besar bagi pengguna jalan. Meskipun mobil yang kita kendarai masih baru dan memiliki sistem suspensi yang bagus. Tetapi hal ini dapat menimbulkan gangguan pada sistem suspensi jika terus-menerus melintasi jalan yang rusak, terutama pada komponen shock absorber, pegas, ball joint, stabilizer dan bagian lainnya.

2. Hindari Mobil Dari Sinar Matahari

Saat kondisi cuaca panas, lebih baik parkirkan mobil baru Anda ke tempat yang sejuk seperti di bawah pohon dan tempat teduh lainnya supaya terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Akibat yang ditimbulkan jika mobil terlalu lama terkena panas matahari adalah membuat tampilan cat body cepat kusam dan suhu di dalam mobil menjadi panas serta menyebabkan bau tak sedap.

3. Tidak Melebihi Batas Muatan

Saat Anda melakukan perjalanan liburan atau mudik ke kampung halaman, sebaiknya perhatikan muatan barang dan penumpang yang akan dibawa. Hindari muatan berlebih dari batasan yang telah ditentukan pada mobilmu.

Mobil yang dipaksa untuk membawa beban yang terlalu berat bisa memperpendek usia komponen mesin dan sejumlah bagian mobil lainnya. Pasalnya, mesin akan bekerja lebih keras untuk bisa menghasilkan tenaga yang besar agar bisa menjalankan mobilmu. Perlu Anda tahu, muatan berlebih bisa membuat mobil boros bahan bakar lho.

4. Bersihkan Bagian Interior dan Eksterior Mobil

Untuk mempertahankan kenyamanan dan penampilan mobil, lakukan pembersihan rutin pada bagian  interior dan eksterior. Cuci mobil jika sudah banyak debu yang menempel di body dan bersihkan interior mobil dengan kain bersih, cair pembersih dan penyedot debu. Jangan lupa untuk menambahkan pengharum ruangan dan cek selalu AC mobil agar udara di cabin menjadi lebih fresh.

5. Lakukan Servis Secara Rutin

Servis mobil memang menjadi hal yang wajib untuk dilakukan secara rutin, karena ini sudah menjadi anjuran pabrik untuk mempertahankan kondisi mobilmu agar selalu prima. Jangan biarkan salah satu komponen mobil ada yang mengalami masalah karena keteledoran  Anda yang enggan membawa ke bengkel untuk servis.

Alasannya, jika terdapat salah satu komponen yang rusak bisa mempengaruhi kerusakan komponen yang lain dan Anda akan banyak mengeluarkan uang untuk memperbaikinya.

6. Periksa Cairan Mobil

Lakukan pengecekan pada cairan mobil secara teratur, mulai dari oli mesin, cairan radiator, oli transmisi, oli gardan, oli power stering dan minyak rem. Cairan tersebut memiliki peran yang berbeda-beda dan sangat penting untuk membantu pengemudi dalam mengoperasikan mobilnya.

Jika cairan sudah mau habis, segera lakukan pengisian ulang ataupun mengganti dengan cairan yang baru.

7. Tidak Mengerem Secara Mendadak

Mengerem mendadak tidak seharusnya Anda lakukan saat berkendara, apa lagi di kondisi jalan yang ramai, menanjak dan menurun. Selain bisa membahayakan keselamatan Anda sendiri, pengereman yang secara tiba-tiba bisa membuat pengendara di belakang menjadi kaget dan kehilangan kendali.

Baca Juga :

Akibat yang diterima mobil saat melakukan pengereman mendadak adalah secara spontan terjadi gaya gesek dengan skala besar yang mana di saat putaran roda dan mesin bergerak kencang, kemudian dihentikan tiba-tiba. Jika kondisi seperti ini terus terjadi akan timbul masalah pada mesin dan keausan ban lebih cepat.

8. Gunakan BBM Yang Sesuai

Cara merawat mobil baru selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan jenis standar mobilmu. Jika mobil Anda memakai bahan bakar jenis bensin maka gunakan pertamax sebagai BBMnya, hal ini guna menjaga performa mesin agar tetap prima.

9. Gunakan Posisi Gigi Transmisi Dengan Tepat

Pemilik mobil harus tahu kalau penggunaan gigi transmisi harus disesuaikan dengan kecepatan kendaraan. Penerapan posisi gigi transmisi saat mobil berada di lintasan mendatar berbeda dengan mobil yang berada di jalan menanjak.

Intinya, posisi gigi transmisi harus disesuaikan dengan batas kecepatan, supaya gigi percepatan dapat bekerja dengan optimal.

10. Hindari Penggunaan Mobil Yang Berlebihan

Pergunakan mobil baru Anda dengan sebaik mungkin dan pakailah sesuai dengan kebutuhan. Hindari perjalanan yang tidak penting, langkah ini bertujuan agar masa pakai oli mesin menjadi lebih lama dan cairan radiator tidak cepat habis.

Itulah tips merawat mobil baru agar awet dan tetap kinclong. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel