-->

10 Istilah Jual Beli Mobil Baru di Dealer dan Pameran Otomotif

Saat hendak membeli mobil di diealer, showroom atau pameran sebaiknya kamu memahami dulu istilah-istilah jual beli mobil yang sering digunakan oleh sales. Dengan mengetahui beberapa dari istilah tersebut kamu akan mudah melakukan komunikasi dan dapat memahami apa yang dijelaskan oleh sang penjual.

10 Istilah Jual Beli Mobil Baru di Dealer dan Pameran Otomotif

Cara ini membantu kamu agar tidak di kelabui oleh penjual mobil nakal. Selain itu, kamu bisa melakukan proses tawar-menawar yang lebih menguntungkan. Jadi sebelum datang ke dealer untuk membeli mobil, apa salahnya kamu memahami dan mengenali beberapa istilah dalam membeli mobil.

1. On The Road & Off The Road (OTR)

Ketika kamu sedang melihat-lihat mobil di dealer atau pameran, petugas sales akan memberikan brosur atau lembaran kertas yang di dalamnya berisi informasi lengkap mengenai spesifikasi mobil berserta harganya. Cermati di bagian kolom harga, biasanya tertulis istilah on the road dan off the road.

On the road (OTR) merujuk pada kondisi mobil yang siap dijual dengan kelengkapan dokumen STNK dan  BPKB. Harga mobil OTR jauh lebih mahal di bandingkan mobil off the road.

Off the road berarti mobil yang di jual dan belum memiliki kelengkapan dokumen resmi kepolisian. Itu artinya costumer harus mengurusnya sendiri, harga mobil off the road relatif lebih terjangkau.

2. Surat Pembelian Kendaraan (SPK)

Surat pembelian kendaraan adalah dokumen yang diberikan kepada pembeli setelah melunasi uang jadi. SPK ini menjadi tanda bahwa costumer harus membayar sejumlah tagihan yang telah disepakati oleh kedua pihak. SPK berisi identitas costumer sebagai pemilik kendaraan, yang nantinya digunakan untuk keperluan STNK dan BPKB.

3. Down Payment (DP)

Down payment atau yang lebih dikenal dikalangan masyarakat sebagai DP yaitu pembayaran uang muka bagi mereka yang membeli mobil secara kredit. Jumlah uang DP berkisar 20% sampai 30% dari harga total mobil yang akan dibeli.

4. Total Down Paymeny (TDP)

TDP adalah jumlah down payment yang sudah di akumulasi dari biaya jasa kredit, angsuran pertama dan asuransi kendaraan. Nominal total down payment ditentukan oleh pembeli mobil dengan penyedia leasing atau bank.

5. ADDM & ADDB

ADDM adalah singkatan dari Angsuran Dibayar Di Muka yang artinya pembeli mobil perlu membayar angsuran pertamanya bersama uang muka.

Baca Juga :

ADDB adalah singkatan dari Angsuran Dibayar Di Belakang yang artinya pembeli akan membayar angsuran di bulan berikutnya dan kamu hanya membayar uang mukanya saja.

6. Asuransi All Risk, TLO & Kombinasi

Istilah selanjutnya adalah all risk, told dan kombinasi yang masih berkaitan dengan asuransi. Pihak dealer akan menawarkan beberapa asuransi yang bisa didapatkan oleh costumer untuk menjamin kondisi mobil.

  • All Risk adalah asuransi ini memberikan ganti rugi di saat mobil mengalami kerusakan yang disebabkan oleh faktor ketidaksengajaan.
  • Total Los Only (TLO) adalah asuransi yang hanya diberikan jika mobil mengalami kecelakaan dengan kerusakan total 70% dari kondisi awal.
  • Asuransi Kombinasi adalah gabungan dari asuransi all risk dan total loss only

7. Leasing

Bagi kamu yang membeli mobil secara kredit, biasanya pihak dealer akan menawarkan leasing. Yang mana leasing adalah lembaga pembiayaan kendaraan yang resmi dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Kamu juga bisa mencari jasa leasing sendiri yang sudah terpecaya dan memiliki kredibilitas baik.

8. Booking Free

Istilah booking free atau uang tanda jadi adalah salah satu bentuk pembuktian pembeli kepada penjual dalam membeli mobil. Biasanya istilah booking free diperuntukan bagi kamu yang melakukan pre-order atau inden mobil.

Pembayaran uang jadi harus ditunjukan kepada pihak dealer atau showroom secara tunai atau melalui transfer bank.

9. Inden

Ketika hendak membeli mobil kesayangan di dealer atau pameran, lalu sales memberitahu bahwa mobil yang akan dibeli masih inden. Itu berarti stok mobil di dealer sudah habis terjual atau belum tersedia, sehingga kamu harus menunggu sampai stok baru dari pabrik.

Setelah mobil sudah tersedia di dealer, kesempatan kamu untuk mendapatkan mobil tersebut masih belum terjamin. Apalagi mobil impian kamu termasuk high demand yang banyak peminatnya, sehinngga langsung ludes terjual.

Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan booking agar masuk dalam antrean pemesanan

10. Database

Ketika semua pembicaraan mengenai mobil telah usah. Biasanya sales akan meminta nomor handphone dan alamat email kamu. Tidak perlu khawatir, sales beranggapan bahwa kamu sebagai customer potensial yang akan diberikan informasi bila ada produk dan promosi terbaru. Kondisi ini akan menguntungkan bagi kamu yang akan membeli mobil baru.

Itulah macam-macam istilah jual beli mobil yang wajib kamu tahu. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel