-->

Jenis Ban Mobil Terbaik Untuk Truk dan Bus

Kebutuhan ban bagi kendaraan memang tidak bisa dibantahkan, ban yang termasuk bagian kaki-kaki yang berperan penting dalam menjaga kestabilan dan mempermudah laju kendaraan. Pemilihan ban sangat menentukan terhadap performa dan kenyamanan pengemudi, apalagi mobil yang memiliki body besar dan membawa beban berat.

Jenis Ban Mobil Terbaik Untuk Truk dan Bus

Terdapat beberapa jenis atau tipe ban mobil yang banyak digunakan pada truk dan bus, yaitu Ban Bias dan Ban Radial. Kedua jenis ban tersebut memiliki perbedaan, mulai dari susunan carcass cord dan kelebihan dari masing-masing ban.

Untuk jenis ban bias memiliki karakteristik dengan susunan benang yang ditenun secara menyilang atau diagonal, jalinan benang pada ban jenis ini hanya terdapat pada permukaan ban dan tidak sampai pada sisi samping ban. Sedangkan ban radial sendiri di desain dengan susunan carcass cord yang melintang ke kiri dan kanan hingga mencapai dinding ban. Untuk ban radial yang banyak beredar di Indonesia pada sisi samping ban terlihat rapih dan tidak terdapat pattern samping.

Jenis Ban Mobil Terbaik Untuk Truk dan Bus

Jika kita amati dari kontruksi karet ban yang digunakan, pada ban bias memiliki daya karet yang sangat kuat dan tebal, pola alurnya pun lebih besar dan tampak jelas. Selain itu, terdapat alur pada sisi samping ban yang berfungsi menambah traksi saat kendaraan melewati jalan berlumpur. Hal ini yang menjadi ciri khas dari ban bias.

Sedangkan ban radial memiliki karet yang letur, lembut dan tapak ban tidak begitu tebal. Apabila dilihat dari sisi samping ban pada dindingnya halus, rapi dan tidak memiliki alur. Performa cengkram terhadap permukaan jalan raya sangat baik dibandingkan ban bias.

Nah, dari kedua jenis ban tersebut mana yang paling baik untuk kendaraan truk maupun bus? Tapi sebelumnya Anda harus tau terlebih dahulu medan jalan yang sering dilewati, karena menerapkan ban yang salah dapat membahayakan keselamatan dan kerusakan ban yang lebih cepat. Tentu hal semacam ini sangat merugikan pengemudi, penumpang dan bahkan pengendara lain.

Baca Juga :11 Merk Ban Motor Berkualitas Anti Licin

Bagi kendaraan bus yang dominan di daerah perkotaan dengan medan jalan beraspal, direkomendasikan menggunakan jenis ban radial.  Karena kelebihan dari ban ini mampu  menahan panas, tahan lama dan cengkram pada permukaan jalan sangat baik,hanya saja harga yang ditawarkan dari jenis ban ini jauh lebih mahal dibandingkan ban bias.

Walaupun ban radial banyak keunggulannya, tapi ban ini sangat lemah bila permukaan jalan yang dilewati tidak rata atau rusak. Konstruksi ban yang lentur pada ban radial akan mudah mengalami perubahan bentuk pada dinding ban dan bahkan akan menimbulkan robekkan pada dinding ban.

Kendaraan yang melewati permukaan jalan tidak rata dan bergelombang cocok menggunakan ban bias, karena kualitas dari ban ini mampu menompang beban kendaraan yang lebih berat dibandingkan ban radial. Untuk itu, ban bias banyak dipakai oleh kendaraan truk. Harga ban bias dibanderol dengan nominal yang lebih murah dibandingkan ban radial.

Baca Juga : 10 Merk Ban Mobil Terbaik dan Terbukti Tahan Lama

Penggunaan ban radial yang sudah menjamur pada kendaraan bus membuat ban bias dijadikan sebagai sparepart cadangan oleh sebagian pengemudi bus. Apalagi ketika kendaraan menempuh jalan yang bergelombang dan membawa beban berat maka pengemudi bus bisa mengandalkan ban bias untuk menempuh rute hingga ke pedesaan.

Itulah informasi mengenai jenis ban mobil terbaik untuk truk dan bus di Indonesia. Penentuan jenis ban sangat mempengaruhi performa mobil dan konsumsi bahan bakar, sehingga pilihlah ban terbaik walaupun Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel