-->

11 Merk Ban Motor Berkualitas Anti Licin Untuk Harian

Ban merupakan komponen penting yang digunakan pada sebagian alat transportasi yang memiliki banyak manfaat dalam menjaga kestabilan dan meredam getaran kendaraan. Untuk mendapatkan kenyamanan ketika berkendara sepeda motor, tentu pemakaian ban motor berkualitas yang menjadi pilihan utama bagi pemilik motor. Pasalnya ban adalah komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Penerapan ban harus disesuaikan dengan karakter mesin dan medan jalan yang akan dilalui motor tersebut.

11 Merk Ban Motor Berkualitas Anti Licin Untuk Harian

Penggunaan ban yang tepat diyakini dapat menambah nilai kemegahan dan performa motor itu sendiri. Tapi terkadang ada pemilik motor yang salah dalam memilih ban, dimana Ia hanya melihat ban yang cocok untuk dipandang walaupun hanya sekedar modifikasi saja. Penerapan ban yang salah tentu akan merugikan pengemudi, karena dapat menurunkan tingkat keselamatan berkendara. Ban yang sudah lama digunakan dan kondisinya sudah menipis, sebaiknya perlu segera digganti. Pasalnya ban yang terlalu tipis mudah sekali meletus dan koyak saat melintasi jalur bergelombang.

Untuk memenuhi kebutuhan spare part motor, kini sudah banyak produsen ban yang berasal dari lokal maupun luar negeri yang memproduksikan dan menawarkan keunggiulan dari ban tersebut kepada para konsumen dengan harga jual yang cukup kompetitif. Setidaknya ada 11 merk ban terbaik anti licin yang bisa anda pilih dan gunakan untuk harian.

1. Ban Motor Machelin

Michelin merupakan produsen ban legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1907. Perusahaan ini memproduksi ban untuk sepeda motor maupun mobil dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Michelin menyediakan berbagai varian ban sepeda motor yang sangat banyak sehingga Anda dapat memillih dan menyesuaikan apa yang dibutuhkan seperti ban motor matic, motor sport, motor cross dan bahkan motor moge. Di samping itu, ban Michelin memiliki power cengkeram yang kuat serta anti slip sehingga cocok untuk di pakai motor harian. Harga ban merk Michelin dapat dibilang lebih mahal dibandingkan IRC yaitu sekitar Rp. 300.000 sampai Rp. 2.000.000 per ban.

2. Ban Motor Dunlop

Dunlop adalah perusahan produksi ban terbesar di dunia yang berdiri sejak 1889 di Negara inggris, tepatnya di Birmingham. Ban Dunlop sendiri cukup terkenal di tanah air karena kualitas yang cukup baik dan harganya cukup bersahabat. Produk ban Dunlop pernah menjadi pilihan ban terbaik yang digunakan pada pembalap formula 1 dari tahun 1950 sampai 1970. Ketertarikan konsumen Indonesia terhadap ban Dunlop di dasari perusahaan yang mampu mengeluarkan inovasi-inovasi ban terbaru menyesuaikan berbagai medan jalan yang ditempuh, seperti hydro paddle dapat membantu mengalihkan air dengan menggunakan alur ban sehingga tidak licin saat kondisi jalan basah. Harga ban Dunlop jauh lebih terjangkau dibandingkan machelin yakni Rp. 100.000 hingga Rp.1.500.000 per ban.

Baca Juga : Jenis-Jenis Ban Sepeda Motor dan Fungsinya

3. Ban Motor Battlax

Battlax adalah salah satu produk ban varian asal jepang, yakni Bridgestone. Mengenai kualitas ban battlex sudah tidak diragukan lagi, karena proses menghasilkan ban battlex sudah melalui proses pengujian yang sangat teliti untuk menghasilkan ban motor terbaik dan berkualitas tinggi. Maka wajar saja apabila ban ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu Rp. 600 ribuan sampai Rp. 1,3 jutaan per unit ban.

4. Ban Motor FDR

Ban FDR sangat terkenal di tanah air, pasalnya FDR merupakan produk ban dalam negeri yang mempunyai kualitas produk yang tidak kalah saing dengan ban premium merek luar negeri. Soalnya ban FDR terkenal tangguh dalam menghadapi kondisi jalan sehingga mampu bertahan lama dan awet. Untuk menunjang kestabilan saat berkendara ban FRD menerapkan fitur Compound Technology yang memberikan cengkeram super kuat, selain itu terdapat teknologi Aquo Driven yang dapat membelah genangan air dengan sempurna sehingga ban tidak mudah selip di jalan basah.

5. IRC (Inoue Rubber Company)

Ban merk IRC memiliki kedudukan yang popular di otomotif Indonesia. IRC sendiri merupakan produsen ban asal jepang yang memproduksi berbagai macam tipe ban motor yang telah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Ban IRC menawarkan produk dengan mutu berkualitas dan cukup terjamin, maka wajar saja apabila ban IRC masuk dalam kategori daftar ban terbaik dan terlaris di pasaran tanah air. Selai itu harga ban IRC bervariasi tergantung tipe, dimana dibanderol mulai dari Rp. 135 ribuan sampai Rp. 500 ribuan. Ban IRC memang familier dari sebagian merk ban yang memiliki harga terjangkau untuk sekelas motor terbaik.

6. Ban Motor Aspira

Ban aspira dibuat dengan desain yang sangat mementingkan keamanan dan ketahanan agar mampu menjelajahi berbagai medan jalan perkotaan, untuk touring dan off road. Ban motor aspira diproduksi oleh perusahaan yang dimulai tahun 1973. Kualitas daya cengkeram yang dimiliki sangat kuat, selain itu memberikan durabilitas tinggi dan tempo jelajah yang lebih jauh. Untuk harganya sendiri berkisar Rp. 100.000 hingga Rp. 500.000 per unit ban.

Baca Juga : Lampu Indikator Yang Wajib Dipahami Oleh Pengemudi

7. Ban Motor Corsa

Ban yang menjadi pilihan berikutnya adalah ban motor merk crosa. Ban ini diproduksi di dalam negeri yang diolah oleh perusahaan PT. Multistrada Arah Sarana yang menawarkan keunggulan dari segi keawetan dan kenyamanan. Ban corsa memiliki tread compound yang diyakini dapat memberikan daya cengkeram lebih baik dalam kondisi jalan yang dilewati. Di sisi lain, ban ini didukung base compound bermaterial karet elastis sehingga pengemudi akan tetap merasa nyaman ketika melintas jalan bergelombang. Ban corsa dipasarkan dengan harga Rp. 100 ribuan hingga Rp. 600 ribuan.

8. Ban Motor Pirelli

Pirelli adalah merk ban motor yang sudah diakui dunia, kiprahnya sebagai pemasok produsen ban telah banyak diminati oleh konsumen di berbagai Negara. Produk ban yang berasal dari Negara Italia ini memiliki gaya premium yang banyak diterapkan oleh kendaraan mewah, mengenai kualitas ban Pirelli sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya produk Pirelli sering digunakan pada ajang balapan bergensi seperti superbike dan motoGP. Harga yang ditawarkan untuk ban ini bisa dikatakan lumayan mahal, yaitu berkisar Rp. 300 ribuan sampai Rp. 3 jutaan tergantung size dan tipenya. Walapun harganya mahal tentu akan sebanding dengan ketahanan, kenyamanan dan kestabilan yang pengguna dapatkan.

9. Ban Motor Bridgestone

Bisa dikatakan bahwa ban motor bridgestone memiliki kualitas dan harga jual yang hampir seimbang dengan Pirelli. Produk ban bridgestone terbuat dari bahan polimer khusus yang dipercaya dapat menurunkan koefisien hambatan gulir dengan menurunkan energi pada puncak kompon. Selain itu ban ini dipadukan dengan rancangan tapak ban yang menghubungkan blok dan rib guna meningkatkan performa tekanan ban dengan permukaan jalan, sehingga memberikan peningkatan kemampuan pengereman yang efektif ketika berada di jalan basah. Ban bridgestone dipasarkan dengan harga diatas Rp. 1 juta sampai Rp. 2 jutaan.

Baca Juga : Cara Terbaik Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain dan Kulit

10. Ban Motor Swallow

Merk ban yang satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Ban swallow memiliki bentuk grip yang baik sehingga mendukung di medan jalan yang kering maupun basah. Daya cengkeram pada permukaan jalan sangat baik sehingga tidak mudah terpeleset, apalagi bentuk alur ban swallow dapat membelah genangan air dengan sangat baik.  Terdapat banyak varian yang dimiliki ban ini yang berada pada harga yang cukup kompetitif dan tidak semahal merk ban premium lainnya, yakni berkisar Rp. 90 ribu sampai 400 ribuan.

11. Ban Motor Metzeler

Ban terbaik yang terakhir adalah Metzeler. Produsen ban yang memiliki kualitas terjamin ini sudah beroperasi sejak tahun 1982 dan terus mengembangkan inovasi produk ban terbaru sesuai perkembangan teknologi yang dimilikinya. Salah satu bukti bahwa Metzeler sudah menggunakan teknologi Multi Zone Tension dan Multiple Radius Contour untuk menghasilkan ban terbaik sehingga pengguna merasa nyaman ketika berkendara. Melihat kualitas dan teknologi yang diterapkan membuat ban Metzeler dibanderol dengan pasaran Rp. 1 juta sampai Rp. 3 jutaan.

Dari beberapa merk ban motor terbaik anti licin di atas, manakah yang menurutnya cocok untuk kendaraan motor Anda? Tapi perlu diingat, bahwa dalam memilih jenis ban harus melihat karakter motor dan keuangan yang dimiliki. Terdapat banyak varian harga yang bisa anda pilih dari beberapa merk ban diatas mulai dari yang dibanderol murah sampai yang mahal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel