-->

Sejarah Generasi Yamaha Byson Dari Tahun ke Tahun

Di tahun 2010 PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menunjukan eksistensinya dengan menghadirkan produk terbaru sepeda motor Naked Sport yang bernama Yamaha Byson. Produsen berlambang garpu tala ini merilis motor Byson pada bulan September untuk menemani Yamaha Vixion dan scorpio yang lebih dulu diproduksi. Bentuk desain yang terlihat dari Byson sangat modern, responsive dan agresif sehingga sangat cocok untuk semua kalangan. Diawal pelepasan Byson, Yamaha telah menetapkan harga 20 jutaan on the road Jakarta, harga yang dipasarkan dibilang masih murah pada waktu itu untuk kelas naked bike.

Melihat banyaknya permintaan mendorong Yamaha untuk terus bersemangat mengupgarde dan memperbaharui Byson agar terus menjadi idola setiap tahunnya. Perubahan desain, spesifikasi dan fitur menjadi poin utama dalam menyajikan sepada motor Byson yang unggul dan masih dalam koridor motor yang cukup murah. Mengusung bentuk body yang kekar dan agresif menjadi ciri khas Byson dalam mempertahan eksistensinya walaupun pesaing di kelasnya telah bermunculan.

Kehadiran motor Byson di Negara India lebih dikenal dengan sebutan FZ dan memiliki pilihan warna. Yamaha sendiri membekali Byson dengan kapasitas mesin yang sedikit lebih besar dibandingkan Yamaha Vixion yang hanya 149.8 cc. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum informasi dari generasi Yamaha Byson dari tahun ke tahun mulai dari desain, spesifikasi dan fitur yang digunakan.

Yamaha Byson Periode Pertama Tahun 2010
Sejarah Generasi Yamaha Byson Dari Tahun ke Tahun

Tipe MesinBerpendingin udara, 4 stoke, 2 valve SOHC
SilinderSingle Cylinder / Tegak
Diameter x Langkah58 x 57,9 mm
Daya Maksimum13.73 kW / 7500 rpm
Torsi Maksimum13.6 Nm / 6000 rpm
Volume Silinder153 cc
Sistem StarterElektrik Starter & Kick Starter
Tipe KoplingBasah, Kopling Manual
TransmisiManual, 5 Percepatan
P X L X T2075 mm x 780 mm x 1045 mm
Berat 137 Kg
Kapasitas Tangki Bensin12 Liter
Tipe RangkaDiamond
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangMonocross
Tipe BanTubeless
Ban Depan100 / 80 - 17 M/C (52P)
Ban Belakang120 / 70 - 17 M/C (58P)
Tipe Rem DepanDisc Brake
Tipe Rem BelakangDrum Brake
Saat munculnya Byson tahun 2010 menjadi gebrakan terbaru dari Yamaha yang dapat menandingi scorpio dan vixion. Bentuk desain yang disisipkan memiliki warna berbeda dengan lekukan body yang terlihat berisi dan agresif. Diperiode pertama Byson dibekali dengan mesin 153 cc SOHC, 2 valve berpendingin udara. Sistem pembakarannya masih menggunakan karburator, daya terbesar yang dilepas mesin mencapai 13.73 kW pada putaran 7500 rpm dan torsi puncak mampu mengeluarkan 13.6 Nm pada putaran 6000 rpm.

Yamaha Byson mengapdopsi transmisi manual 5 percepatan dengan rasio gigi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 yang diyakini dapat membantu memaksimalkan tenaga mesin. Body Byson memiliki ukuran panjang 2075 mm, lebar  780 mm dan tinggi 1045 mm, sedangkan rangka yang dipakainnya bermodel diamond dengan suspensi teleskopik di bagian depan dan monocross pada suspensi belakang. Fitur headlamp belum menerapkan teknologi LED, tidak perlu khawatir Yamaha sendiri sudah mendesain bagian lampu depan dan belakang supaya cahaya yang dipancarkan pada malam hari menjad lebih optimal.

Baca Juga : Harga Yamaha Byson FI 150, Review, Spesifikasi dan Gambar

Tangki bensin yang melekat pada rangka diamond mampu menampung hingga 12 liter. Yamaha Byson sendiri sangat cocok dibawa touring, karena tangguh dan dibekali tangki bensin yang besar. sehingga pengendara tidak susah payah mengisi bensin dalam waktu pendek. Pilihan warrna yang disediakan Yamaha untuk Byson ada empat yaitu merah, putih, abu-abu dan biru. Untuk sistem pengereman bagian roda depan menggunakan disc brake sedangkan belakang masih drum brake (rem tromol). Beban keseluruhan Byson 153 mencapai 137 kg.

Yamaha Byson Periode kedua Tahun 2011
Menginjak tahun 2011 Yamaha Byson mulai diproduksi di Negara Indonesia dan pada bulan September Byson 153 mendapatkan tambahan warna terbaru. Pada periode kedua ini terdapat perbedaan yang signifikan dibandingkan periode sebelumnya, terutama pada bagian warna dan grafis body semakin terlihat keren. Untuk performa mesinnya masih tetap sama dan tidak ada yang diberubah, hanya saja ada penambahan varian warna luxury gold sehingga diperiode ini Yamaha Byson memiliki lima pilihan warna yaitu Solid Black, Mighty Blue, Brave Red, Modern White Dan Luxury Gold.

Yamaha Byson Periode Ketiga Tahun 2012
Diperiode ketiga Yamaha berinovasi dengan menyajikan varian warna yang lebih menarik dan menambah bentuk body yang terkesan mewah. Tahun 2012 menghadirkan Yamaha Byson 153 dengan didominasi warna hitam dan terkesan gelap. Sistem pengereman, penerangan dan performa mesin diperode ketiga ini tidak ada perubahan sehingga masih sama dengan Yamaha Byson pada periode sebelumnya, tapi ada penambahan pilihan warna yaitu Deep Red Metallic, Black Metallic X, Vivid Purplish Blue dan White Metallic 6.

Yamaha Byson Periode Keempat Tahun 2013
Memasuki bulan September 2013 Yamaha kembali memproduksi Byson 153 dengan tampilan body yang lebih cerah, namun masih mempertahankan desain gelap. Bentuk desain diperiode sebelumnya masih digunakan, hanya saja terdapat grafis warna yang berbeda dari sebelumnya. Pada tahun 2013 Yamaha Byson membekali dirinya dengan 4 warna yaitu Tough Blue, Valorous Red, Black Armor dan Bold White. Selebihnya Byson belum merubah apapun dari segi mesin dan fiturnya.

Yamaha Byson Periode Kelima Tahun 2014
Sahabat otomotif tentu selalu berharap adanya perubahan dari Yamaha Byson ini, baik itu mesin maupun penambahan fitur yang lebih modern. Tapi diperiode kelima ini tetap belum ada pembaharuan yang besar pada motor naked tersebut. Semua spesifikasi dari versi sebelumnya masih tetap sama, hanya yang dirubah adalah desain warnanya saja. Varian warna tersebut yaitu merah hitam, putih, hitam dan abu-abu.

Yamaha Byson Periode Keenam Tahun 2015
Sejarah Generasi Yamaha Byson Dari Tahun ke Tahun

Tipe MesinAir cooled 4-stroke, SOHC
SilinderSingle Cylinder / Tegak
Perbandingan Kompresi9,5 : 1
Daya Maksimum9.61 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum12.98 Nm / 6000 rpm
Kapasitas mesin150 cc
Sistem StarterElektrik Starter & Kickstarter
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe KoplingBasah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe Transmisi Constant Mesh, 5 Percepatan
P X L X T1990 mm x 780 mm x 1045 mm
Berat 133 Kg
Kapasitas Tangki Bensin12.0 Liter
Tipe RangkaDiamond
Suspensi DepanTelescopic
Suspensi BelakangSwingarm
Tipe BanTubeless
Ban Depan100 / 80 - 17 M/C
Ban Belakang130 / 70 - 17 M/C
Tipe Rem DepanSingle Disc Brake
Tipe Rem BelakangDrum Brake
Di tahun 2015 mungkin menjadi sejarah baru bagi perkembangan Yamaha Byson. Pasalnya Byson memiliki desain dan spesifikasi terbaru yang sudah berbasis teknologi canggih. Berbekal volume silinder yang mencapai 150 cc dibalut teknologi fuel injection dan telah dinyatakan lulus emisi EURO 3. Fitur full digital telah dipasang pada speedometer multifungsi dan dilengkapi trip meter dan eco indicator.

Baca Juga : Sejarah Generasi Yamaha Vixion Dari Tahun ke Tahun

Desain stang street fighter dibuat lebar membuat posisi berkendara teggap dan lebih nyaman ketika melakukan perjalanan dekat maupun jauh. Yamaha Byson sendiri menggunakan rangka diamond dengan suspensi teleskopik di depan dan swing arm di belakang. Ukuran body periode keenam ini lebih pendek dibandingkan versi sebelumnya dengan panjang 1990 mm, lebar 780 mm dan tinggi 1045 mm. Ukuran roda dibuat lebih besar 100 / 80 – 17 M/C ukuran roda depan dan ukuran 130 / 70 – 17 M/C pada roda belakang. Ukuran ban yang lebar dapat membuat pengendalian stabil dan nyaman saat berkendara. Pengereman yang disisipkan masih memakai disc brake dan drum brake serta belum menggunakan teknologi ABS.

Demikian informasi tentang Sejarah Generasi Yamaha Byson Dari Tahun ke Tahun. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel