-->

Cara Terbaik Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain dan Kulit Dari Noda

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat.  Pasalnya, kita akan menemukan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik dibandingkan sepeda motor. Kenyamanan berkendara adalah prioritas utama yang harus di dapatkan oleh pengendara dan penumpangnya, maka dari itu kebersihan interior mobil harus benar-benar terawat dengan baik, termasuk jok mobil. Adakalanya dalam seminggu sekali melakukan pembersihan interior agar udara di dalam mobil tidak menimbulkan aroma tak sedap. Namun, kebersihan jok dilihat dari pemilik mobil, apabila tidak rajin membersihkannya maka jok akan terlihat kotor, kusam dan terasa kurang nyaman bila bersentuhan dengan tubuh.

Cara Terbaik Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain dan Kulit Dari Noda

Alasan yang membuat jok mobil menjadi kotor adalah aktivitas dari pengendaran dan penumpang itu sendiri. Seringkali kita minum dan makan cemilan di dalam mobil yang kebetulan tumpah ke tempat duduk. Membersihkan jok menggunakan tisu tidak akan mendapatkan hasil yang optimal, karena cairan yang tumpah ke jok sudah meresap, jadi mau tidak mau Anda harus memcucinya. Tapi, ada cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan jok dengan mudah.

Sebelum membersihkan jok mobil, kenali dulu bahan yang digunakan untuk melapisi jok. Hal ini perlu dipahami agar tindakan apa yang tepat untuk dilakukan supaya mendapatkan kebersihan jok yang maksimal. Lantas, jenis bahan dasar apa yang dipakai untuk pelapis jok mobil? Berikut ulasanya.

Bahan Dasar Pelapis Jok Mobil
Ada empat bahan pelapis jok yang sering dipakai oleh perusahaan mobil. Bahan tersebut diyakini mampu memberikan kenyamanan yang baik bagi pengendara maupun penumpang. Sebenarnya penggunaan pelapis jok dapat diganti sesuai kebutuhan dan selera dari pemilik mobil, pelapis jok memiliki harga yang bervariasi.

1. VinyI

Bahan pelapis jok dengan harga terjangkau. Bagi Anda yang jadwalnya sibuk dengan kegiatan pekerjaan dan tidak ada waktu untuk membersihkan jok, maka VinyI adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, bahan pelapis jok ini rendah perawatan dan jika kotor membersihkannya pun lebih mudah. Kekurangan dari VinyI ialah bahan yang mudah menyerap panas sehingga hindari parkir mobil di area terbuka yang langsung terkena sinar matahari.

2. Kulit

Kulit asli termasuk bahan pelapis jok mobil yang paling baik. Kelembutan yang dimiliki kulit memberikan kenyamanan pengendara dan sekaligus dapat menambah kemewahan pada interior mobil, pasalnya bahan ini sangat lembut sehingga badan akan lebih nyaman saat bersender di jok. Hanya saja, perawatan yang diperlukan bisa dikatakan ekstra dan harga pun terbilang mahal.

3. Semi Kulit

Bahan pelapis yang satu ini memiliki kualitas di bawah kulit asli. Hanya saja, bahan ini tidak banyak menyerap panas sehingga tidak perlu khawatir apabila parkir di siang hari yang langsung terpapar sinar matahari. Semi kulit memiliki perawatan yang tidak seekstra berbahan kulit asli dan kenyamanan tentu masih di dapatkan. Di Indonesia sendiri bahan pelapis jok mobil ini sudah banyak digunakan, karena harganya yang lebih murah dibandingkan kulit asli.

4. Nilon

Setiap bahan pelapis jok mobil memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk bahan nilon memiliki kualitas yang kuat serta awet dibandingkan kulit asli dan harganya lebih murah. Karakteristik nilon adalah terdapat lubang pori-pori yang dapat menyelipkan kotoran sehingga harus sering dibersihkan. Oleh karena itu tidak jarang pabrik mobil menggunakan nilon sebagai bahan pelapis jok.

Baca Juga : 12 New Accessories Yamaha Nmax Original 2019

Setelah mengetahui apa saja bahan pelapis jok mobil? sekarang kita ulas cara membersihkan jok dengan benar dan menggunakan cara yang sederhana, tapi menghasilkan kebersihan jok yang lebih maksimal.

Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain
  • Siapkan terlebih dahulu peralatan apa saja yang dibutuhkan, seperti vacuum cleaner, cairan pembersih, sikat lembut dan kain lap bersih.
  • Langkah selanjutnya adalah membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada jok mobil menggunakan alat vacuum cleanre. Apabila debu di cela-cela kecil sulit di jangkau, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya dilanjutkan dengan vacuum cleaner.
  • Semprotkan cairan pembersih secukupnya pada bagian jok yang kotor dan terkena noda. Apabila Anda tidak mempunyai cairan pembersih yang direkomendasikan, sebaiknya gunakan campuran deterjen dan air.
  • Gunakan alat sikat yang tidak terlalu kasar, kemudian sikat jok mobil yang terkena noda sampai terlihat adanya busa dan menyikatnya harus searah dengan struktur kain jok agar tidak rusak.
  • Kemudian lap jok mobil menggunakan kain yang bersih
  • Selanjutnya bilas dengan air bersih secukupnya pada jok yang tadi dibersihkan, kemudian lap dengan kain yang bersih untuk mengeringkannya.
  • Yang terakhir, gunakan kembali alat vacuum cleaner untuk memastikan jok bersih dari kotoran dan debu.

Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kulit
  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan jok mobil.
  • Bersihkan terlebih dahulu bagian jok yang kotor dengan vacuum cleaner.
  • Gunakan bahan cairan pembersih secara merata.
  • Lap daerah jok menggunakan kain lembut.
  • Sekarang bersihkan jok menggunakan kain yang sudah dibasahi air untuk menghilangkan residu dari cairan pembersih yang tadi digunakan, kemudian lap dengan kain yang bersih dan kering.
  • Oleskan kondisioner pada jok agar terlihat lembut dan wangi.
  • Langkah terakhir, gunakan kembali vacuum cleaner untuk membersihkan jok pada daerah yang kotor

Demikian Cara Terbaik Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain dan Kulit Dari Noda. Gunakan pengharum ruang sebagai pelengkapnya, hal ini bertujuan untuk meminimalisir aroma tidak sedap di dalam mobil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk semua dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel