-->

4 Hal Yang Mempengaruhi Hidup Tidaknya Mesin Kendaraan Mobil atau Motor

4 Hal Yang Mempengaruhi Hidup Tidaknya Mesin Kendaraan Mobil atau Motor - Pernakah anda berfikir mengapa kendaraan dapat berjalan dengan sangat baik? ada beberapa unsur yang mempengaruhi mesin kendaraan dapat menyala, sehingga kendaraan mobil atau motor dapat berjalan tanpa harus kita dorong. Saat mesin kendaraan anda mengalami kerusakan secara tiba-tiba, tentu anda akan mengecek komponen-komponen yang masih berkaitan dengan mesin dan mencari penyebabnya.

Yang mempengaruhi hidup mesin

Di sini saya akan menjelaskan syarat-syarat yang mempengaruhi hidup tidaknya mesin kendaraan mobil atau motor, dan syarat-syarat ini bisa menjadi pegangan atau patokan dalam mencari penyebab kerusakan pada kendaraan anda. Sehingga anda tak perlu datang ke bengkel untuk menanyakan mengapa kendaraan anda mati ( mogok ) secara tiba-tiba dan susah hidup. Syarat-syarat itu adalah adanya bahan bakar, udara, pengapian dan adanya kompresi.

Hal Yang Mempengaruhi Hidup Tidaknya Mesin Kendaraan


1. Bahan Bakar

Langkah yang pertama untuk mencari penyebab mesin susah hidup adalah mengecek bahan bakar, salah satu komponen yang berperan penting untuk menyalakan mesin kendaraan. Mengecek bukan hanya mengetahi bahan bakar ada atau  tidak di dalam tangki, akan tetapi anda juga perlu mengecek bagian saluran (aliran) bahan bakar menuju karburator, yang terkadang tangki yang kotor dan filter yang kotor dapat memicu timbulnya perlambatan aliran bahan bakar.

Ganti filter bahan bakar apabila sudah kotor dan tak layak pakai, jika masih terus digunakan karburator akan kotor dan menyumbat aliran bahan bakar. Bahan bakar yang tercampur dengan air juga dapat menyebabkan kendaraan susah untuk dinyalakan.

2. Udara

Api dapat hidup karena adanya udara (oksigen) yang mempengaruhinya, apabila anda menyalakan api diruang tertutup mungkin api akan hidup untuk sementara dan pada akhirnya akan mati juga. Berbeda saat menyalakan api di ruang terbuka yang asupan udara (oksigen) yang sangat banyak, dan api dapat hidup dalam waktu yang cukup lama.

Cobalah anda mengecek bagian filter udara, filter yang kotor dapat memperlambat udara masuk ke mesin, sehingga dapat mempengaruhi tenaga pada kendaraan. Filter udara yang kotor juga dapat membuat piston menjadi kotor dan dapat merusak dinding silinder.

3. Pengapian


Dalam sistem pengapian banyak sekali komponen-komponen yang ada di dalamnya yaitu kabel busi, busi, koil, CDI, spul, dan pulser. Cukup rumit bukan, karena untuk mengetahui kerusakannya anda perlu mengecek satu persatu, tetapi apabila anda sudah mahir dalam urusan ini pastilah anda akan lebih mudah mengetahuinya.

Baca Juga :

Langkah pertama yaitu cek terlebih dahulu busi, busi yang bagus akan keluar percikan api saat diengkol dan busi juga harus bersih dari kerak, bila busi berkerak anda hanya perlu mengaplasnya. Apa bila busi tidak mengeluarkan percikan api maka anda perlu mengecek kabel busi, kalau kerusakan belum ditemukan cobalah untuk mengecek koil, CDI, cek kabel dari pulser. Busi yang rusak itu tidak keluar percikan api, sedangkan koil yang sudah rusak ditandai dengan koil yang mudah panas.

4. Kompresi

Langkah kompresi terjadi apa bila bahan bakar dan udara sudah masuk ke ruang bakar, kemudian akan dimampatkan (di tekan oleh piston) dan terjadilah pembakaran dibantu percikan bunga api dari busi. Untuk mengetahui kompresi tidak mengalami kebocoran yaitu dengan mengekol, jika saat diengkol tak dapat hentakan atau terasa ringan (ngelos) berarti telah terjadi kebocoran kompresi.

Ada beberapa yang membuat terjadinya kebocoran kompresi yaitu ring kompresi pada piston mulai melemah, cela katup yang longgar sehingga perlu distel sesuai ukuran yang tepat, dudukkan bibir klep (valve) pada kepala silinder kurang rata sehingga pada saat langkah kompresi terjadi kebocoran, klep (valve) yang tidak lurus ataau bengkok sehingga tidak menempati pada posisi yang benar. Kompresi yang bocornya tidak begitu serius atau belum parah dapat ditandai dengan kurangnya tenaga (power) pada kendaraan.

Itulah empat sayarat utam agar mesin  dapat menyala, jika salah satu dari keempat syarat itu tidak ada maka dipastikan kendaraan anda tidak akan hidup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel