-->

Mengenal Suspensi Pegas Daun, Pegas Koil dan Pegas Batang Torsi

Sistem suspensi adalah suatu alat yang dipasang sebagai pelengkap pada suatu kendaraan yang ditempatkan pada rangka, roda dan body. Di mana komponen-komponen tersebut berperan untuk meredam, menahan getaran atau goncangan saat pengemudi menemui jalan yang tidak beraturan atau rusak.

Selain untuk meredam dan menahan goncangan, suspensi juga dirancang untuk kenyamanan penumpang atau pun pengemudi. Komponen tersebut adalah pegas daun, shock absorber dan stabilizer (penyeimbang).

Mengenal Suspensi Pegas Daun, Pegas Koil dan Pegas Batang Torsi

Suspensi Pegas Daun, Koil Dan Batang Torsi

Setiap jenis kendaraan mobil memiliki suspensi yang berbeda-beda. Hal ini menyesuaikan kebutuhan dan kegunaan dari kendaraan tersebut, misal mobil truk memiliki jenis suspensi yang berbeda dengan mobil minibus. Berikut jenis-jenis suspensi pada kendaraan mobil, Apa saja itu?

Pegas Daun

Mengenal Suspensi Pegas Daun, Pegas Koil dan Pegas Batang Torsi

Di lihat dari kebutuhannya pemakaian, jumlah pegas daun yang digunakan kendaraan mini bus dan truk jelas berbeda. Kalau mini bus biasanya menggunakan pegas daun lima lembar pada masing-masing roda belakang.

Sedangkan roda depan mini bus menggunakan pegas koil. Kalau kendaraan truk menggunakan pegas daun 25 lembar bahkan bisa lebih yang terpasang di masing-masing roda belakang. Sedangkan roda bagian depan menggunakan pegas daun 10 lembar bahkan bisa lebih.

Apabila Anda akan menambah jumlah pegas daun yang terlalu banyak maka goncangan atau bantingan yang ditimbulkan pada suspensi kendaraan akan lebih keras dan ini akan mengganggu kenyamanan Anda dalam mengemudi.

Menambah jumlah pegas daun juga harus seimbang baik roda kanan atau roda kiri. Jika jumlah pegas daun roda kanan lebih banyak, maka tinggi kendaraan sebelah kanan akan lebih dominan dibandingkan sebelah kiri.

Baca Juga : Peralatan Tambahan Dalam Dunia Bengkel


Ada beberapa komponen tambahan untuk memasang pegas daun pada rangka mobil, yaitu:
1. Mata pegas
2. Baut pegas
3. Klem pegas
4. Penggantung pegas
5. Baut pengikat pegas
6. Baut U

Pegas Koil (coil spring)




Pegas ini berada pada bagian depan kendaraan sebelah kanan maupun di sebelah kiri. Pegas ini memiliki angka meredam kejutan yang lebih baik. Namun, untuk mencegah kejutan balik yang sangat cepat pegas koil ini dibantu dengan sock absorber supaya dapat meredam kejutan yang ditimbulkan menjadi lebih baik lagi.

Manfaat dari pegas koil ini yaitu dapat membantu menyerap getaran yang cukup tinggi. Pemegasan panjang memiliki kontruksi yang cukup rumit dibandingkan batang torsi ataupun pegas daun. Pegas ini pada umumnya digunakan pada suspensi independent dan aksel rigid.

Pegas Batang Torsi





Pegas batang torsi sering kali kita jumpai pada kendaraan mobil kecil yang terletak di samping badan kendaraan. Pegas ini memiliki baut penyetel tinggi mobil sehingga Anda dapat menyetel atau mengatur tinggi kendaraan sesuai keinginan.

Baca Juga : Kunci dan Peralatan Dalam Dunia Otomotif

Namun pegas ini tidak memiliki sifat meredam getaran sendiri. Energi diabsorsi besar dibandingkan pegas yang lain dan lebih ringan. Namun pegas batang torsi ini harganya lumayan mahal.

Demikian beberapa contoh suspensi pada mobil, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan terima kasih sudah datang ke blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel