-->

8 Peralatan Tambahan Dalam Dunia Perbengkelan Yang Memiliki Manfaat Besar

Di dalam bengkel atau workshop biasanya memiliki alat-alat kunci yang sangat lengkap yang digunakan untuk proses pembongkaran, perbaikan dan pemasangan pada kendaraan mobil ataupun motor. Banyak sekali alat-alat dalam bengkel atau workshop yang menggunakan bantuan alat teknologi supaya dalam proses perbaikan mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan pelanggan.

Akan tetapi, untuk mendapatkan peralatan tersebut anda perlu mengeluarkan dana yang tidak sedikit, biasanya yang memiliki kunci serta peralatan canggih dan juga yang lengkap adalah bengkel resmi kendaraan tersebut mulai dari peralatan pemeriksaan injeksi, alat pendeteksi sensor pada mobil injeksi dan lain lain.

Peralatan Bengkel

Tapi pernahkah Anda melihat bengkel di pinggir-pinggir jalan? Tentu Anda pernah melihatnya bahkan sering, bengkelnya cukup sederhana tetapi hasil kerjanya memuaskan sehingga membuat pelanggan cukup banyak. Dana yang dibutuhkan untuk mendirikan bengkel tidaklah sedikit belum untuk membeli kunci-kunci dan peralatan lainnya, untuk menangani masalah keuangannya.

Seorang mekanik atau montir biasanya memiliki daya imajinasi dan kreativitas yang tinggi, sehingga tak banyak dari mereka berfikir untuk membuat kunci atau peralatan tambahan tanpa harus membeli.

8 Peralatan Tambahan Dalam Dunia Perbengkelan


1. Plat Besi

Pelat besi ini tebalnya mencapai 0,5 cm dan panjangnya mencapai 1 meter, alat ini berguna untuk memudahkan seorang mekanik dalam memasang roda belakang pada kendaraan mobil truk, seperti yang sudah anda ketahui bahwa roda belakang kendaraan truk sangat berat karena gabungan dari dua ban. Prinsip kerja menggunakan pelat besi ini yaitu terlebih dahulu berilah pelicin pada permukaan pelat besi menggunakan oli, permukaan yang licin dapat memperkecil gaya gesek yang ditimbulkan antara permukaan ban dan pelat besi sehingga roda dapat didorong dengan tenaga yang ringan.

Peralatan Bengkel


2. As Klos

Dalam dunia bengkel alat ini sering disebut as klos, alat ini berada pada ujung depan transmisi yang masuk ke sistem kopling. Prinsip kerja dari alat ini yaitu digunakan oleh para mekanik untuk memasang pelat penggerak supaya posisi dan dudukannya tepat, sehingga poros penggerak transmisi dapat masuk ke pelat penggerak dengan posisi yang benar dan mudah.

Peralatan Bengkel

3. Alat Pemasang Paku Rem

Alat ini dibuat dari pegas daun dan baut yang terpasang di tengah-tengah pegas daun, alat ini dimanfaatkan untuk membantu mekanik saat memasang paku rem, supaya rata pada pelat sepatu rem. Pada mobil minibus alat ini tidak dipakai karena alat ini dipakai pada kendaraan yang kampas remnya menggunakan paku rem.

Peralatan Bengkel


4. Alat Penyangga Gardan

Seperti yang anda lihat, alat ini dibuat dari pegas daun dan lingkaran gigi roda gila (flywheel), alat ini di buat karena memiliki manfaat yang cukup membantu, yaitu untuk meletakan gardan (diferential) sehingga memudahkan montir untuk mengatur kelonggaran gigi nanas dengan gigi matahari.

Peralatan Bengkel

5. Alat Pemasang Bearing Kemudi (Connecting Rod)

Komponen yang menghubungkan antara piston dengan poros engkol, alat ini digunakan oleh mekanik untuk memasak bearing pada sistem kemudi kendaraan, supaya king pen dapat masuk tanpa menabrak bearing, alat ini hanya digunakan untuk memasang bearing pada kendaraan truk, bearing yang digunakan adalah berbentuk bulat.

Peralatan Bengkel

6. Alat Pencopot Bearing Transmisi

Pernahkah anda melihat orang mencopot bantalan atau bearing dengan cara memukul atau mencongkel?, mekanik yang belum memiliki alat ini mungkin akan lebih sulit dan membutuhkan waktu untuk mencopot bantalan tersebut. Alat yang dirancang oleh mekanik untuk melepas bantalan yang terletak pada rumah transmisi, dengan alat ini mekanik dapat melepas bantalan dengan sangat cepat dan tidak susah.

Peralatan Bengkel

7. Alat Pencabut Pen Pegas Daun

Alat ini dibuat dari bekas timbangan yang salah satu ujungnya terdapat ulir untuk memasukan pen pegas daun, prinsip kerjanya ialah cocokkan ulir pada pen, putar alat ini sampai ulir murnya masuk ke pen, kemudian hentakan bandul timbangan dengan keras ke arah belakang, maka pelan-pelan pen pegas daun akan keluar. Alat ini digunakan untuk mobil truk yang menggunakan pen pegas daun.

Peralatan Bengkel

8. Alat Penyetel Kelonggaran Gardan

Alat berbentuk huruf T ini terbuat dari patahan poros aksel yang sudah tidak terpakai, alat ini digunakan untuk mengetahui kelonggaran gigi pinion, cara menggunakan alat ini adalah memasukan alat ini ke dalam gardan yang sudah di perbaiki, apabila alat ini ringan saat diputar berarti gigi pinon masih longgar, gardan yang sudah bagus itu celah pada gigi pinon sangat sedikit dan saat diputar menggunakan alat ini merasakan sedikit agak berat, berarti dapat disimpulkan bahwa celah pada gigi pinio sudah pas.

Peralatan Bengkel

Itulah informasi mengenai 8 peralatan tambahan dalam dunia perbengkelan yang memiliki manfaat besar, semoga informasi yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel