-->

Transmisi atau Porseneling Hino Dutro 130 HD

Transmisi atau Porseneling Hino Dutro 130 HD - Sistem transmisi adalah salah satu sistem pada sebuah kendaraan yang berfungsi untuk penerus kecepatan dari mesin menjadi kecepatan yang berbeda untuk di teruskan ke gardan dan diakhiri ke roda. Secara umum fungsi transmisi ialah untuk meneruskan tenaga dan putaran dari mesin serta merubah tenaga yang dihasilkan oleh mesin sesuai dengan kebutuhan, seperti kondisi jalan dan beban mesin.

Transmisi Hino Dutro 130 HD

Salah satu contoh transmisi mobil Hino Dutro 130 HD, yang mana truk ini banyak digunakan oleh masyarakat dalam mengerjakan pekerjaannya. Truk Hino Dutro 130 HD ini mampu menampung beban hingga mencapai 10 ton, dengan model transmisi terbaru dan gardan yang lebih besar, truk ini dapat di handalkan dalam kondisi tugas berat, jalan yang gersang, dan berlumpur. Dan model transmisinya pun sudah dirancang dengan tepat sesuai kondisi tersebut.

Transmisi Hino Dutro 130 HD 

Sistem transmisi Hino Dutro 130 HD ini masih sama dengan kendaraan truk-truk lainya yaitu masih menggunakan sistem transmisi manual, dan mobil ini bisa dibilang kendaraan kelas menengah, sistem transmisi pada kendaraan ini menggunakan type sinkromesh. Dan komponen-komponen transmisi Hino Dutro 130 HD pun sama dengan transmisi-trasmisi kendaraan yang lain, namun ada beberapa komponen tambahan yang belum tentu ada di transmisi kendaraan lain. Semua itu didesain demi kenyamanan si penguna mobil dan pemeliharaan trasmisi supaya lebih tahan lama.

Beberapa Komponen Transmisi Atau Porseneling Hino Dutro 130 HD


1. Rumah Peti Gigi.
2. Sinkromes.
3. Roda gigi.
4. Bearing (Bantalan) Atau Klahar
5. Tuas Pemindah Gigi Kecepatan
6. Poros Garpu Pemindah Percepatan.

1. Rumah Peti Gigi
Rumah peti gigi ini berfungsi untuk tempat meletaknya beberapa komponen, yaitu roda gigi sinkromes, oli, garpu, poros pegerak gigi percepatan dan bantalan.

Baca Juga : Differential atau Gardan Hino FG 235 JP

2. Sinkromes
Sistem transmisi Hino Dutro 130 HD menggunakan type sinkromes, dimana sinkromes ini berada dibagian atas atau pun dibagian as bawah.


3. Roda Gigi
Transmisi kendaraan ini menggunakan roda gigi yang beralur miring, sehingga jarang sekali transmisi ini mengalami gompel pada bagian gigi, disamping itu roda giginya dirancang cukup besar dan transmisi kendaraan ini tidak mempunyai roda gigi mati/roda gigi tungku (dalam bahasa bengkel).

Transmisi Hino Dutro 130 HD

4. Bearing (Bantalan) Atau Klahar
Transmisi ini mempunyai klahar yang cukup kuat, pada bagian belakang atas menggunakan kelahar model miring dan besar, apabila bearing ini mulai aus atau longgar dapat distel kekecanganya. Sedangkan bearing belakang bagian bawah menggunakan bearing besar dan tebal yang bentuknya bulat dan sangat kuat.

Transmisi Hino Dutro 130 HD 

Transmisi Hino Dutro 130 HD

5. Tuas Pemindah Gigi Kecepatan
Komponen ini berada pada bagian sebelah kiri pengemudi yang digunakan untuk memindah gigi kecepatan, sesuai kebutuhan dan kondisi jalan. 

6. Poros Garpu Pemindah Kecepatan
Komponen ini berada di dalam rumah peti gigi yang berperan untuk memindahkan gigi kecepatan dari satu gigi ke gigi yang lain serta memindahkan gigi mundur. Garpu pemindah gigi ini disusun dengan rapi dan tepat supaya dalam pengoperasian dapat berjalan lancar dami kenyamanan pengemudi.

Transmisi Hino Dutro 130 HD

 

Komponen Tambahan


a) Plat plastik
Komponen ini berfungsi untuk aliran oli agar sirkulasi oli bisa menyeluruh ke bagian gigi dengan tepat.

Transmisi Hino Dutro 130 HD

b) Plat Aluminium
Komponen plat aluminium ini berada di bagian bawah yang berfungsi menampung oli supaya setiap putaran gigi mendapat asupan oli yang tepat dan stabil.

Transmisi Hino Dutro 130 HD



Transmisi pada kendaraan Hino Dutro 130 HD yang sering mengalami kerusakan adalah pada bagian gigi kuning (gear yellow), yang diakibatkan karena keausan ( sudah lama pakai ) gejala kerusakan ini biasanya di ketahui pengemudi dengan timbulnya kesulitan dalam memindah gigi kecepatan atau gigi speed. Sedangkan spare part transmisi ini masih dikatakan sulit dicari khususnya di kota-kota kecil atau pedesaan, dan sparepartnya pun relatif lebih mahal, ini bisa dikatakan kalau spare part yang di jual itu ori atau asli, sehingga dapat dijamin ketahanan produknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel