-->

Ciri-Ciri Glasswool Pada Knalpot Racing Rusak dan Harus Diganti

Menggunakan knalpot rancing memang bisa membuat motor terlihat keren dan gagah. Knalpot racing kini sudah banyak beredar di toko-toko sparepart dengan desain dan harga yang berbeda-beda. Bagi pengguna knalpot racing, kamu wajib tahu bawah terdapat komponen di dalam knalpot yang perlu diganti jika mengalami kerusakan.

Berbeda dengan knalpot standar bawaan pabrik, silencer pada knalpot aftermarket menggunakan Glasswool. Fungsi  utama glasswool adalah sebagai alat peredam suara yang ditimbulkan dari aktivitas mesin. Seiring pemakaian, lapisan glasswool di silencer bisa menipis akibat dari panas yang dihasilkan oleh gas buang dari mesin. Bahkan glasswool bisa meleleh apabila cara memasang yang kurang benar.

Ciri-Ciri Glasswool Pada Knalpot Racing Rusak dan Harus Diganti

Karena berperan sebagai peredam suara, adapun ciri-ciri glasswool sudah rusak dan harus diganti dengan unit yang baru. Ciri yang pertama adalah suara yang keluar dari knalpot, jika terdengar suara cempreng atau kasar sebaiknya glasswool perlu di ganti.

Tak hanya berfungsi sebagai peredam suara yang dihasilkan, glasswool juga memberikan kesan suara bass sehingga knalpot tetap mengeluarkan suara yang lebih merdu saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi maupun rendah.

Ciri yang kedua adalah terlihat dari performa kendaraan yang melemah. Hal ini disebabkan dari gas tendangan balik yang seharusnya dipantulkan glasswool supaya kembali ke ruang bakar jadi gas tidak terbuang keluar semua.

Ciri-Ciri Glasswool Pada Knalpot Racing Rusak dan Harus Diganti

Sedangkan pada motor 2 tak, perlu lebih sering mengganti glasswool dibandingkan knalpot mesin 4 tak. hal ini dipengaruhi dari sisa gas buang yang belum terbakar sempurna. Selain itu, pemasangan glasswool pada motor 2 tak berbeda dengan motor 4 tak. Sebagian orang beranggapan bahwa untuk motor 2 tak, glasswool yang dipasang tidak boleh terlalu padet dan juga tidak terlalu lenggang banget.

Baca Juga :

Supaya glasswool knalpot tetap awet, salah satu hal yang bisa kamu terapkan adalah hindari masuknya air ke lubang knalpot. Biasanya air bisa saja masuk knalpot saat kamu menerobos banjir dan saat mencuci kendaraan.

Saat hendak mengganti glasswool, prosesnya sedikit sulit karena kamu harus membongkar silencer dulu. Untuk itu, disarankan untuk dikerjakan pada ahlinya yaitu tukang khusus kknalpot.

Nah itulah ciri-ciri glasswool pada knalpot racing rusak. Di saat kamu akan mengganti glasswool maka disarankan untuk memilih bahan glasswool yang berkualitas. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel