-->

Penyebab Knalpot Bocor dan Cara Mengatasinya

Knalpot adalah komponen yang bertugas meredam suara dan sekaligus sebagai saluran pembuangan hasil pembakaran mesin. Bentuk knalpot pada kendaraan mobil ataupun motor berbeda-beda, hal tersebut di lihat dari bentuk desain kendaraan dan keamanan pengemudi.  Tak bisa dipungkiri, bahwa knalpot pun bisa mengalami kerusakan layaknya komponen lainnya.

Penyebab Knalpot Bocor dan Cara Mengatasinya

Rusaknya atau kebocoran pada knalpot dapat mempengaruhi suara dari kendaraan itu sendiri. Bahkan suara dari knalpot yang bocor terdengar bising dan mengganggu kenyamanan orang banyak. Agar hal demikian tidak berlarut-larut terjadi pada motor dan mobil kamu, maka perlu dilakukan perbaikan.

Kamu bisa mengganti knalpot yang bocor dengan yang baru atau melakukan penambalan di bagian yang bocor bila itu masih bisa dilakukan. Namun sebelum itu, pahami dulu penyebab knalpot bocor. Dengan mengetahui penyebab rusaknya knalpot maka kamu akan menjadi paham tentang bagaimana cara merawat knalpot yang tepat dan benar.

Penyebab Knalpot Bocor

Banyak sekali faktor yang menjadi menyebabkan knalpot bisa bocor, diantaranya:

1. Adanya Karat Pada Knalpot

Bagian knalpot yang berkarat karena kotoran bercampur dengan air yang menempel terlalu lama dapat menimbulkan korosi. Jika dibiarkan begitu saja dan tidak dibersihkan, knalpot tidak cuma bocor melainkan berlubang serta mengalami pengeroposan.

2. Adanya Air Yang Mengendap

Air umumnya dapat membuat karat pada beberapa bagian kendaraan salah satunya knalpot, air dapat mengendap bila laju kendaraan dalam kecepatan rendah atau stationer.

3. Sistem Kondensasi

Hal ini terjadi ketika keadaan luar dan dalam knalpot memiliki temperatur yang tidak sama sehingga menyebabkan karat. Misalnya di daerah dengan kandungan garam tinggi, seperti pantai.

4. Modifikasi Kendaraan

Penyebab knalpot bocor selanjutnya adalah pada titik-titik sambung las akibat modifikasi. Selain itu, kebiasaan membongkar pasang knalpot membuat paking menjadi rusak dan baut pengunci knalpot yang kendor.

Bahaya Knalpot Bocor Bagi Kesehatan

Sisa pembakaran mesin yang dikeluarkan melalui knalpot bocor dapat membahayakan kesehatan manusia. Pasalnya, asap kendaraan mengandung melekul berbahaya, seperti benzene, ozone, karbon monoksida dan formaldehyde.

Jika melekul beracun ini terhirup oleh manusia dan tersebar ke seluruh tubuh melalui darah, maka dapat merusak organ-organ penting dalam tubuh seperti paru-paru, kerusakan jantung dan kanker.

Baca Juga :

Untuk itu, pentingnya merawat knalpot agar tetap awet. Memeriksa knalpot bisa dilakukan dengan mengidentifikasi dari warna asap yang dikeluarkan, jika warna asap berwarna hitam yang dikeluarkan pada mobil diesel adalah hal yang wajar, namun tidak untuk kendaraan berbahan bakar bensin.

Untuk mobil bensin, asap yang dikeluarkan tidak berwarna. Hal ini menandakan bahwa asap tersebut memiliki campuran gas yang normal, tidak kelebihan bahan bakar ataupun tercampur oli mesin. Sedangkan asap berwarna putih yang dihasilkan dari mesin 2 tak adalah normal.

Cara Mengatasi Knalpot Bocor

Untuk mengembalikan suara kendaraan ke posisi normal, maka knalpot yang bocor perlu diganti dengan yang baru atau diperbaiki dengan cara menambalnya bila kondisi tersebut masih memungkinkan. Adapun beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menambal knalpot yang bocor, diantaranya:

  • Ganti Paking, memakai paking bisa mencegah terjadinya kebocoran asap knalpot. Gunakan dua lembar paking berbahan aluminium agar knalpot semakin kuat dan tahan lama. Minta bantuan montir jika kamu tidak bisa menggantinya, dengan menyerahkan ke yang ahli maka masalah akan ditangani dengan baik.
  • Mengelas, cara ini adalah metode yang simpel dan efesien untuk memperbaiki knalpot bocor. Datang ke tempat las dan tunjukan bagian knalpot yang memerlukan penambalan.
  • Menggunakan Lem Semen, lem ini bisa kamu pergunakan untuk memperbaiki knalpot kamu yang bocor,. Keunggulan lem semen adalah tahan terhadap panas dan harganya cukup murah.
  • Menggunakan Lem Sealer, lem ini sangat cocok diperpadukan dengan paking knalpot. Oleskan lem sealer ke paking secara merata, lem akan mengering dengan sendirinya.
  • Memakai Lem Besi, lem yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko bangunan ini, ternyata bisa digunakan untuk menambal knalpot yang bocor. Bersihkan area jos yang akan ditempel, lalu oleskan lem besi sampai beberapa lapisan untuk mendapatkan daya rekat yang lebih kuat.
  • Menggunakan Lem Plastik Steel, selain harganya yang murah, lem plastik steel dapat digunakan untuk menambal knalpot. Lem ini memiliki daya rekat yang baik dan cepat kering.
  • Memakai Aluminium Foil, bahan ini biasanya sering digunakan oleh wanita untuk kebutuhan memasak, namun bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menambal knalpot yang berlubang. Caranya, kamu perlu memilin aluminium foil kemudian masukan ke bagian kenalpot yang berlubang. Aluminium akan meleleh sendiri ketika kendaraan dinyalakan.
  • Menggunakan Aluminium Muffer, bahan yang satu ini memang di khususkan untuk menambal knalpot. Cara penggunaannya ialah dengan melepas kertas perekatnya, kemudian tempelkan pada sisi kenalpot yang bocor, aluminium muffer akan meleleh saat kamu menghidupkan kendaraan.
  • Memakai Seal Tape Aluminium, selain untuk menambal peralatan dapur seal tape aluminium juga dapat dimanfaatkan untuk menambal knalpot. Caranya dengan melepaskan seal tape ini dari kertasnya lalu tempelkan, kamu bisa melapisi bagian yang bocor dengan dua atau tiga lapisan sekaligus.

Itulah penyebab knalpot bocor dan cara mengatasinya, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk semua, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel