-->

Cara Melepas dan Memasang Knalpot Motor Yang Benar

Pada motor, pastinya sudah dilengkapi sistem pembuangan atau yang dikenal dengan sebutan knalpot. Fungsi utama knalpot adalah sebagai tempat aliran gas sisa hasil pembakaran, selain itu knalpot juga berguna untuk meredam suara ledakan dari ruang bakar, mengurangi polusi dan bisa meningkatkan performa mesin.

Perkembangan teknologi otomotif yang begitu pesat, membuat sejumlah sparepart seperti knalpot bermunculan dengan beragam variasi dan desain yang berbeda-beda. Hal ini pula yang membuat pecinta otomotif senang mengganti knalpot standar bawaan pabrik ke knalpot jenis lainnya untuk menciptakan gaya motor yang lebih keren ataupun sekedar jenuh dengan knalpot yang lama.

Cara Melepas dan Memasang Knalpot Motor Yang Benar

Bagi pemilik kendaraan yang sudah terbiasa dengan komponen motor tentu sudah tidak bingung lagi mengenai bagaimana cara mengganti dan memasang knalpot sendiri. Namun untuk mereka yang belum paham, tentu akan menemukan kesulitan apalagi jika tidak mengetahui tekniknya.

Melepas knalpot motor caranya sangat simple dan tidak sulit. Pertama, gunakan standar tengah agar posisi ban belakang terangkat. Kedua, jika motor baru saja digunakan maka biarkan saja sampai suhu knalpot menjadi dingin. Jangan memaksakan kehendak apabila knalpot motor masih panas, karena bisa membuat kulit melepuh.

Ketiga, lepas bagian footstep, karena komponen ini letaknya di atas knalpot. Keempat, lepas mur pemegang leher hingga benar-benar kendur. lalu buka baut yang menggantungkan knalpot yang terletak di footstep belakang. Dengan begitu, knalpot akan terlepas dari motor.

Baca Juga :

Langkah pemasangan knalpot kurang lebih mirip seperti melepasnya. Ketika hendak memasang knalpot, pastikan leher kenalpot berada di posisi yang benar. Lalu kencangkan mur di bagian pemegang leher knalpot, kencangkan juga baut yang ada di footstep belakang. Kemudian jangan lupa untuk memasang kembali footstep yang telah dilepas tadi.

Setelah dipastikan terpasang dengan tepat, saatnya kamu mencoba untuk menyalakan motor. Perhatikan di bagian pemegang leher knalpot, jika tidak ada asap yang keluar (bocor) di daerah tersebut maka knalpot telah terpasang dengan benar.

Itulah cara melepas dan memasang knalpot sendiri yang benar. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua, salam otomotif..!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel