-->

Komponen-komponen Knalpot Motor, Fungsi dan Cara Kerjanya

Knalpot motor memang memiliki bentuk yang berbeda jauh dengan knalpot mobil. Meskipun bentuknya berbeda tapi memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk meredam suara dari gas sisa pembakaran, menjaga kinerja mesin, meredam emisi gas buang dan sebagainya. Knalpot motor tersusun dari beberapa komponen utama seperti kepala knalpot, silencer, glasswool dan chamber.

Karena fungsinya sebagai saluran pembuangan gas pembakaran, maka letak knalpot mengarah ke belakang . Namun jika kamu melihat kendaraan yang knalpotnya berada di sisi depan atau mengarah ke samping, biasanya itu sudah dimodifikasi oleh pemilik kendaraan. Tapi ini hanya sering terjadi pada mobil saja, terutama mobil pengangkut bahan bakar, elpiji atau bahan yang mudah terbakar.

Komponen-komponen Knalpot Motor, Fungsi dan Cara Kerjanya

Komponen pada knalpot motor tidak sebanyak mobil, knalpot motor juga memiliki desain yang lebih sederhana dan mudah untuk dibersihkan.  Bagi kamu yang memiliki sepeda motor, tentu merasa penasaran mengapa suara mesin yang keluar dari knalpot  terdengar halus dan lembut. Hal itu terjadi karena adanya sejumlah komponen di dalam knalpot yang berperan untuk meredam suara.

Untuk lebih jelasnya, berikut komponen-komponen knalpot motor dan fungsinya.

1. Kepala Knalpot

Bagian pertama pada knalpot motor yang akan kita bahas adalah kepala knalpot (header knalpot). Kepala knalpot ini yang nantinya akan menerima pertama gas sisa pembakaran, fungsinya untuk untuk menghubungkan antara silinder mesin dengan seluruh bagian knalpot untuk melakukan proses pembuangan gas hasil pembakaran yang terjadi saat kamu berkendara.

2. Resonator

Komponen resonator memiliki fungsi untuk menyerap dan menyaring suara ledakan dari aktivitas mesin. Apabila komponen ini rusak maka bisa mempengaruhi kualitas suara mesin yang dikeluarkan knalpot terdengar sangat berisik atau bising.

3. Silencer

Komponen knalpot motor yang ketiga adalah silencer. Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk mengurangi suara knalpot yang terlalu keras dan sekaligus sebagai saringan kedua pada knalpot setelah resonator. Silencer inilah yang membuat sisa gas buang menjadi lebih ramah lingkungan saat dilepas ke udara.

4. Glasswool

Komponen knalpot motor yang keempat adalah glasswool. Fungsi utama glasswool adalah untuk mereduksi suara knalpot dan juga meningkatkan performa mesin motor. Komponen ini mudah di temui di bengkel atau toko sparepart dengan harga murah sampai mahal. Pilih dan gunakan glasswool yang berkualitas baik untuk menciptakan suara motor yang merdu dan lembut.

5. Chamber

Komponen knalpot motor yang terakhir adalah chamber. Komponen yang satu ini memiliki fungsi sebagai pemantul gas buang hasil pembakaran. Namun chamber ini hanya bisa ditemui pada jenis motor dua tak saja, hal ini dikarenakan mesin dua tak tidak memiliki klep (valve).

Cara Kerja Knalpot Motor

Sistem kerja knalpot yang terjadi dimana pembakaran yang berlangsung di ruang bakar akan menghasilkan gas sisa yang harus dikeluarkan karena sudah tidak dibutuhkan lagi. Gas hasil pembakaran tersebut akan pertama kali diterima oleh exhaust manifold, kemudian akan di salurkan ke bagian-bagian knalpot lainnya.

Baca Juga:

Sebelum dilepaskan ke udara, gas sisa pembakaran akan melewati beberapa proses seperti penyerapan suara, penyaringan gas buang dan penyaringan emisi gas buang. Proses ini dilakukan supaya gas buang yang dikeluarkan oleh knalpot terdengar halus, nyaring dan pastinya ramah lingkungan.

Itulah tadi komponen-komponen knalpot motor dan fungsinya. Selain mengetahui komponen knalpot di atas, kamu juga disarankan untuk melakukan perawatan knalpot secara berkala agar awet. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel