-->

9 Tips Jitu Membeli Mobil Baru Secara Kredit Dengan Cicilan Ringan

Saat ini memiliki sebuah kendaraan menjadi kebutuhan bagi semua orang, apa lagi bagi mereka yang tinggal dan bekerja dengan jarak yang lumayan jauh. Mobilitas yang tinggi menjadi salah satu penyebab seseorang ingin memiliki kendaraan mobil. Namun, tak sedikit dari mereka terhalang dengan harga mobil yang semakin melonjak tinggi dan kondisi financial yang tidak mendukung untuk membayar cicilan.

9 Tips Jitu Membeli Mobil Baru Secara Kredit Dengan Cicilan Ringan

Banyak orang yang memaksakan kehendak hanya untuk membeli mobil kesayangan di luar dari kemampuan keuangannya dan bila ini tetap dilakukan maka akan timbul masalah baru di dalam keuangannya di hari mendatang. Sebagaimana yang dianjurkan oleh ahli keuangan bahwa untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu harus bisa menyesuaikan kemampuan financial yang saat ini dimiliki.

Melihat banyaknya permintaan masyarakat yang berkeinginan membeli mobil baru, kini perusahaan telah menyediakan program-program mobil murah dengan metode pembelian yang mudah serta cicilan ringan. Namun untuk mendapatkan mobil yang murah dan cicilannya ringan tidak semudah yang kita pikirkan, apa lagi bagi kamu yang baru pertama kali membeli mobil dan belum paham betul mengenai sistem kredit, justru ini akan membuat kamu rugi dan menyesal.

Untuk mengatasinya, ada beberapa tips jitu membeli mobil baru secara kredit dengan biaya cicilan yang ringan. Apa saja mereka? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Kemampuan Financial

Hal pertama yang menjadi prioritas dalam membeli mobil  secara kredit adalah kemampuan keuangan bulanan kamu, karena ini masih berkaitan dengan biaya pengeluaran setiap bulan. Pasalnya, uang masuk tiap bulan akan dibagi untuk kebutuhan hidup, membayar cicilan, perawatan mobil dan lain sebagainya.

Jika kamu tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, tentu masalah kredit mobil bisa menjadi hal yang buruk untuk hidup kamu. Oleh sebab itu, bagi yang ingin membeli mobil secara kredit, pastikan biaya cicilan mobil tiap bulan tidak melebihi 20% dari pemasukan bulanan kamu.

2. Tentukan Jenis Mobil

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis mobil sesuai dengan kebutuhan, karena ini akan mempengaruhi besar kecilnya biaya cicilan yang harus kamu bayarkan tiap bulan. Agar lebih gampang dalam menyeleksi, buatlah daftar jenis-jenis mobil incaran kamu secara detail mulai dari kategori mobil, harga, fitur-fitur, biaya perawatan, tampilan interior dan eksterior mobil.

Untuk pengguna yang tinggal di perkotaan, kamu bisa membeli jenis mobil dengan ukuran yang lebih kecil. Sedangkan bagi kamu yang sudah berkeluarga dan hobby melakukan perjalanan jauh dapat memilih jenis mobil MPV atau SUV.

3. Lakukan Survei

Karena ingin mendapatkan mobil yang berkualitas dengan sistem kredit yang ringan, sebaiknya kamu melakukan survei ke beberapa dealer mobil terpecaya dan memiliki kredibilitas baik. Cara ini untuk mendapatkan peluang keuntungan yang lebih besar dan mencegah dari kerugian. Jika belum memiliki wawasan yang mendalam tetang masalah ini, alangkah baiknya kamu meminta bantuan kepada saudara atau teman yang paham betul tentang mobil.

Biasanya dari pihak dealer akan memberikan referensi mengenai leasing kepada costumer sebagai lembaga pembiayaan kredit. Cermati dengan baik aturan dan ketentuan yang mereka terapkan dalam kerja sama tersebut. Kamu juga bisa menentukan sendiri jasa leasing tertentu yang dianggap lebih baik dari yang mereka tawarkan.

4. Siapkan dan Perbesar Uang Muka

Menyiapkan uang muka sudah menjadi hal wajib bagi kamu yang ingin membeli mobil secara kredit. Uang muka yang dibayarkan ke pihak dealer akan berpengaruh pada cicilan bulanan dan minimal uang muka yang harus disiapkan adalah 25% untuk kredit motor dan 30% untuk kredit mobil.

Baca Juga :

Jika ingin mendapatkan cicilan yang lebih ringan, maka kamu bisa membayar uang muka dengan presentase yang lebih besar dari ketentuan. Misalkan dengan uang muka 45%, kamu cukup mengajukan kredit sebesar 55% untuk melunasi sisanya. Semakin besar uang muka yang dibayarkan, maka semakin ringan pula cicilan dan bunga yang kamu bayar tiap bulannya.

5. Negosiasi Diskon

Negosiasi adalah metode yang sering kali diterapkan oleh pembeli untuk mendapatkan harga terbaik di pasaran, cara ini akan membantu kamu untuk mendapatkan penawaran yang menguntungkan saat melakukan pembelian.

Saat ini ada banyak dealer yang menawarkan sejumlah potongan harga dan kamu bisa memilih salah satu terbaik diantara mereka. Lakukan perbandingan terhadap diskon yang diberikan oleh beberapa dealer sebelum memutuskan untuk memilih satu penawaran terbaik.

6. Jangka Waktu Cicilan

Kini sudah banyak dealer yang memberikan jangka waktu kredit lebih lama, bahkan ada yang mencapai 6 – 8 tahun. Pada dasarnya, semakin lama waktu kredit maka semakin ringan pula cicilan yang kamu bayarkan. Namun, dibalik itu semua kamu akan semakin banyak membayar bunganya.

7. Pahami Aturan Kredit Mobil

Ketika akan membeli mobil dengan sistem kredit, sebaiknya pahami semua aturan dan ketentuan yang ada di dalamnya. Cermati dengan detail bahwa tidak ada kesalahan dalam perjanjian tersebut, sehingga kamu menjalani kredit mobil dengan aman.

8. Carilah Asuransi Sendiri

Seperti yang kita tahu bahwa cicilan mobil baru ditambah dengan adminitrasi, bunga dan asuransi. Untuk mendapatkan cicilan yang lebih ringan, biasanya orang akan mencari asuransi sendiri. Dengan demikian kamu bisa menyesuaikan kebutuhan asuransi kamu.

9. Membeli Mobil di Waktu Yang Tepat

Akhir tahun menjadi waktu yang paling tepat untuk kamu yang hendak membeli mobil baru. Alasannya, dealer akan berusaha menghabiskan sisa produk mobil yang belum sempat terjual karena di tahun berikutnya akan menerima produk terbaru. Oleh sebab itu, dealer akan memberikan penawaran mobil berupa cicilan ringan dan potongan harga.

Itulah tips membeli mobil baru secara kredit dengan cicilan ringan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel