-->

8 Cara Merawat Mobil Tua Yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Terdapat beberapa orang yang masih senang menggunakan mobil tua dibandingkan memilih membeli mobil yang baru dan modern. Kebanyakan dari mereka beralasan mobil tua memiliki ciri khas dengan desain yang klasik serta memiliki daya pikat dan harga jual yang cukup mahal.

8 Cara Merawat Mobil Tua Yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Memiliki mobil tua atau klasik adalah salah satu kebanggaan yang dirasakan oleh pemilik kendaraan. Namun, dengan memiliki mobil tua kamu harus memberikan perhatian yang lebih dari segi perawatan, karena komponennya sudah mendekati batas pemakaian sehingga rentan mengalami kerusakan.

Meskipun biaya perawatan mobil tua tidaklah murah, tapi hal ini tidak menjadi masalah yang besar bagi para pecinta otomotif karena ini bagian dari hobi. Adapun cara merawat mobil tua yang bisa kamu aplikasikan sendiri di rumah, diantaranya:

1. Cuci Mobil Agar Tetap Kinclong

Jangan biarkan tampilan mobil tua kamu terlihat kotor karena malas mencucinya. Membiarkan air hujan dan debu yang menempel pada body akan menyebabkan cat mobil jadi rusak dan yang lebih parahnya memicu keropos pada body mobil.

Mencuci mobil seperlunya saja dan tidak berlebihan. Kamu bisa membersihkan mobil seminggu sekali atau saat mobil terlihat kotor. Pasalnya, kerangka mobil yang terlalu sering terkena air bisa membuatnya karatan.

2. Ganti Oli Secara Berkala

Oli adalah pelumas yang baik untuk menjaga komponen mobil agar bekerja dengan optimal. Penggunaan oli pada kendaraan meliputi mesin, transmisi, gardan dan sebagainya. Oli juga memiliki batasan usia pemakaian dan perlu diganti dengan oli yang baru.

Usahakan gunakan oli yang telah dianjurkan dengan tingkat kekentalan (SAE) yang tepat. Ketika kamu melakukan pengisian oli pada mesin, trasnmisi dan gardan, pastikan volume oli tidak boleh kurang ataupun lebih.

3. Perawatan Cat Mobil

Cat mobil adalah bagian terluar dan rentan terpapar sinar matahari, debu, lumpur dan benturan dengan benda lain sehingga warnanya cepat pudar serta muncul retakan. Alhasil tampilan mobil tua kamu terlihat buruk.

Untuk mengatasinya, gunakan cat mobil yang memiliki kualitas baik dengan perlindungan dari sinar matahari sehingga mobil tua kamu akan terlihat keren dan kinclong saat mengaspal di jalan.

4. Mempercantik Interior Mobil

Pada interior mobil tua, terutama di bagian dashboard. Biasanya terlihat berantakan dan terdapat sejumlah goresan dan lempengan yang sudah mengelupas. Untuk itu, perlu perawatan yang bisa membuat interior mobil kesayanganmu menjadi kece dan mewah.

Baca Juga :

Bila ada bagian yang mengelupas, sebaiknya ditembel agar permukaan dashboard menjadi rata. Kemudian lakukan pembersihan dan menambah beberapa perlengkapan aksesoris agar terlihat menarik dan nyaman untuk dilihat.

Tak hanya bagian dashboard saja yang bisa kamu rubah, jok mobil sebaiknya juga diganti dengan bahan yang lembut dan nyaman saat di duduki.  Tentu hal ini dapat menambah nilai estetika mobil kamu.

5. Periksa AC Mobil

Banyak sekali ditemui pada mobil tua dengan masalah yang sama yaitu kerusakan pada AC mobil. Ketika AC dihidupkan bukannya mendinginkan udara di dalam mobil malahan kondisi di dalam kabin menjadi panas. Tentu hal ini merugikan pemilik kendaraan, jika tidak dilakukan perbaikan.

Cara mengatasinya, lakukan perawatan pada kompresor AC dan periksa cairan Freon. Perbaikan akan membuat AC dapat berfungsi kembali sebagaimana mestinya.

6. Periksa Bagian Kaki-Kaki Mobil

Diibaratkan seperti manusia, semakin tua maka perlu dirawat. Bagian kaki-kaki mobil merupakan sekumpulan komponen penompang dan sekaligus menjalankan fungsi gerak, beberapa komponen yang ada di dalamnya adalah suspensi, ban, ball joint, bearing, tie rod dan bushing.

Periksa satu persatu komponen tersebut, jika kamu kurang paham mengenai hal ini. Sebaiknya tanyakan kepada mekanik dan jangan lupa cek tekanan angin pada ban serta lakukan spooring dan balancing agar berkendara menjadi nyaman minimal sebulan sekali.

7. Cabut Saluran Listrik Aki

Mobil tua biasanya tidak menjadi kendaraan harian, mereka menggunakannya hanya sekedar hobi saja. Jika demikian, kamu bisa melepaskan atau mencabut kabel kepala aki. Hal ini untuk memperpanjang usia pemakaian aki.

8. Perhatikan Penggunaan Bahan Bakar

Pastikan kamu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Gunakan bahan bakar non subsidi seperti pertamax. Pasalnya, kandungan bahan bakar yang berkualitas tidak mengandung karat sehingga mampu meningkatkan performa mesin.

Jangan lupa untuk mengisi bahan bakar secara rutin dan jangan biarkan sampai kosong. Karena dapat menyebabkan pengeroposan pada tangki bahan bakar kamu.

Itulah cara merawat mobil tua yang bisa kamu lakukan di rumah. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel