-->

8 Tips Merawat Mobil Setelah Perjalanan Mudik

Libur panjang menjadi waktu yang special untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, tapi tak banyak dari pemudik menggunakan mobil pribadi untuk melakukan perjalanan tersebut. Ketikan hendak berangkat menuju kampung halaman, mobil wajib diperiksa kondisinya agar pengemudi merasa nyaman saat berkendara. Nah, setelah kembali mudik mobil pun perlu untuk dilakukan perawatan agar kembali prima.

Melihat kondisi mobil yang mengangkut barang bawaan dengan beban yang berat dan melintasi jalan rusak, bergelombang  serta berlumpur menjadi alasan wajib mobil untuk diperiksa. Perawatan mobil setelah kembali mudik atau liburan tidak terlalu sulit dan tidak jauh dari perawatan rutin.

Adapun beberapa bagian mobil yang sebaiknya perlu dicek setelah perjalanan jauh, hal ini untuk memastikan apakah kondisi mobil tetap baik dan jika ditemui adanya kerusakan mobil maka harus segera diperbaiki agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

8 Tips Merawat Mobil Setelah Perjalanan Mudik

Tips Perawatan Mobil Setelah Perjalanan Mudik

1. Cuci Mobil

Mencuci mobil menjadi yang pertama untuk mengetahui kondisi mobil. Carilah tempat cucian mobil yang memakai mesin hidraulik yang berfungsi untuk mengangkat mobil, sehingga pembersihan bagian ekterior bisa dilakukan secara menyeluruh terutama di ruas mesin dan kolong. Cermati tempat-tempat yang dapat ditemui rembesan oli.

Tidak hanya eksterior mobil saja yang dibersihkan, namun bagian interior pun perlu dilakukan pembersihan seperti dashboard, doortrim dan bagian plafon mobil. Anda bisa menggunakan peralatan penyedot debu, kain bersih dan cairan penghilang noda.

2. Periksa Body Mobil

Setelah dilakukan pembersihan eksterior dan interior, kini saatnya Anda mengecek body mobil. Periksa apakah adanya goresan atau bagian yang penyok tanpa sepengetahuan Anda. Biasanya goresan pada body terjadi karena benturan dengan batu krikil atau kendaraan lain.

Untuk memperbaiki goresan dan penyok pada body mobil, disarankan dibawa ke salon mobil untuk dilakukan perbaikan dengan metode yang tepat, supaya kondisi mobil menjadi kinclong dan mulus.

3. Periksa Cairan Mobil

Selama perjalanan jauh, mesin mobil memerlukan proses pendinginan yang ekstra. Di saat itu pula cairan coolant pada radiator mengalami pengurangan akibat penguapan. Ketika kondisi mesin sudah dingin, buka tutup radiator dan bila cairan pendingin kurang segera tambahi. Cek juga tabung reservoir yang letaknya tak jauh dari radiator, isi sesuai batasan yang dianjurkan.

Cairan mobil yang selanjutnya diperiksa adalah minyak rem dan washer wiper. Bila tabung minyak rem menunjukan kapasitas minyaknya kurang maka langsung diisi dengan jenis minyak rem yang sesuai, biasanya DOT3 dan DOT4.

4. Periksa Suspensi

Berbagai medan jalan yang dilalui mobil saat perjalanan mudik bisa membuat bagian suspensi bermasalah. Oleh sebab itu, usai mudik diharuskan untuk memeriksa suspensi mobil, mulai dari gardan, as roda, shock breaker, ball joint dan komponen lainnya.

Bila ada komponen yang rusak, segera diganti dengan yang baru. Jangan sampai komponen yang rusak akan mempengaruhi kerusakan komponen yang lain, sehingga dengan terpaksa mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perbaikan.

5. Cek Oli Mesin dan Transmisi

Mengganti oli sudah menjadi hal yang rutinitas bagi pemilik mobil. Hal yang mempengaruhi usia oli adalah medan jalan yang dilewati, jarak tempuh kendaraan, faktor lingkungan dan beban barang yang diangkut. Alasan ini yang menjadi acuan agar oli mesin diganti usai melakukan perjalanan jauh.

Ganti oli mobil di bengkel resmi kepercayaan Anda untuk menghindari perbuatan orang yang bermaksud mengakali Anda dengan menggunakan oli palsu.

6. Komponen Rem dan Kopling

Pejalanan mobil yang melewati medan menanjak, menurun, macet dan berlumpur bisa mempengaruhi komponen rem dan kopling untuk bekerja lebih ekstra yang membuat menjadi tipis. Periksa dengan detail apakan kampas rem dan kopling masih tebal dan masih bisa digunakan.

Baca Juga :

Jika kampas masih tebal, langkah terbaik yang perlu dilakukan adalah membersihkan dari debu. Namun, apabila kampas sudah menunjukan gejala aus maka segera ganti dengan unit yang baru. Jangan sampai hal ini dibiarkan karena kenyamanan dan keselamatan berkendara harus diutamakan.

7. Periksa AC Mobil

AC mobil menjadi urutan selanjutnya yang perlu diperiksa. Mulailah pengecekan dari filter cabin, kompresor, kondensor, tekanan refrigerant dan cairan Freon. Biasanya masalah yang sering dialami pada AC mobil adalah udara dalam cabin tidak dingin. Kondisi AC tidak dingin setelah digunakan perjalanan jauh maka perlu dilakukan memeriksa cairan Freon, bisa saja Freon habis atau berkurang.

8. Periksa  Ban Mobil

Ban bisa dikatakan sebagai alas mobil yang bersinggungan langsung dengan jalan. Kondisi ini membuat ban rentan mengalami keausan karena permukaan jalan yang dilalui tidak selalu rata. Langkah yang dapat diambil setelah melakukan perjalanan mudik adalah dengan memeriksa kekencangan baut roda dan tekanan angin.

Itulah tips merawat mobil setelah melakukan perjalanan mudik. Cara ini dapat mengembalikan kondisi mobil menjadi prima, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel