-->

Alasan 6 Komponen Mobil Ini Perlu Dicek Saat Musim Hujan

Saat memasuki musim hujan, aktivitas berkendara jauh lebih berbahaya dari biasanya. Pasalnya, udara dingin di musim hujan dapat mempengaruhi kondisi fisik pengemudi dan juga pemeliharaan komponen mobil wajib terus dilakukan untuk menjamin keamanan dan keselamatan Anda maupun pengendara lain. Diketahui bahwa air hujan mengandung asam yang bersifat korosif, yaitu timbul karat pada bagian mobil yang terbuat dari logam sehingga ketahanan pada komponen mobil menjadi berkurang.

Selain itu, air hujan juga dapat membuat jalan menjadi becek yang membuat kotoran dapat menempel ke badan mobil. Kotoran berupa tanah dan debu dapat mengganggu kinerja komponen mobil seperti sistem pengereman, penerangan dan lainnya. Apabila kondisi mesin dalam keadaan normal, sebaiknya pengemudi perlu memberikan perhatian khusus untuk memeriksa enam bagian mobil ini saat musim penghujan.

Komponen Mobil Yang Perlu Dicek Saat Musim Hujan

Alasan 6 Komponen Mobil Ini Perlu Dicek Saat Musim Hujan

1. Lampu

Sebagian pengemudi mengira bahwa lampu hanya berfungsi untuk menerangi jalan dan memaksimalkan jarak pandang pengemudi. Namun lampu juga berguna sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain. Keberadaan lampu bisa menjadi tanda bahwa ada kendaraan yang sedang melintas, hendak membelok dan posisi darurat, sehingga kendaraan yang sedang melaju di depan maupun belakang bisa berhati-hati.

Periksa kondisi lampu depan, lampu sein, lampu senja, lampu hazard, lampu rem dan pastikan semua lampu dapat menyala dengan baik. Apabila terdapat air hujan yang mengendap di dalam kotak lampu segeralah untuk dilap. Pasalnya, air yang dibiarkan terlalu lama dapat membuat lembab dan muncul jamur dibagian mika sehingga cahaya lampu meredup karena terhalang oleh jamur.

2. Ban

Ban berfungsi sebagai meredam getaran dan menentukan arah kendaraan. Ban termasuk komponen yang sangat penting sehingga perlu dicek minimal sebulan sekali. Saat musim hujan ban akan bekerja ekstra untuk menjaga kestabilan kendaraan saat melewati jalan basah dan tergenang air.

Perhatikan ketebalan alur ban. Jika sudah menepis dan bahkan botak, segera pergi ke bengkel untuk mengganti dengan unit ban yang baru. Kondisi telapak ban yang sudah mulus dapat membuat kendaraan mudah mengalami slip atau tergelincir saat berbelok. Hal ini disebabkan kurangnya kemampuan ban untuk mencekram permukaan jalan secara optimal.

3. Kaca Mobil

Kaca mobil bersifat tembus pandang sehingga pengemudi dapat melihat kendaraan yang ada di depannya. Selain itu, untuk melindungi pengemudi dari air hujan dan terpaan angin. Kaca mobil yang terkena tetesan air hujan dan tidak dilap akan tumbuh jamur, sehingga mengganggu jarak pandang pengemudi.

Baca Juga :

Sebaiknya segera dilap menggunakan kain bersih atau memakai wiper. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka bawalah kendaraan mobil Anda ke salon khusus mobil. Disana kaca akan dilakukan pembersihan dengan metode yang tepat dan benar. 

4. Wiper

Wiper adalah salah satu bagian mobil yang berfungsi untuk menyapu air di kaca mobil. Komponen ini memang wajib dicek saat musim hujan, terutama pada karet wiper yang apabila sudah menipis maka perlu diganti biasanya setahun sekali. Kondisi karet wiper yang baik adalah karet yang dapat menyapu air secara bersih dalam sekali gerak dan tidak menimbulkan butiran air.

Selain itu, Anda juga harus mengisi air washer dengan air biasa dan tidak dicampur dengan bubuk deterjen atau cairan sabun lainnya.. Mengingat washer berfungsi untuk menyemprotkan air ke kaca maka gunakan terlebih dahulu washer untuk membasahi bagian kaca yang terdapat kotoran sebelum menggunakan wiper. Jika tidak disemprot air dapat menimbulkan goresan pada area kaca saat wiper bergerak dan bahkan bisa merusak karet wiper.

5. Rem

Bagian mobil yang perlu mendapat perhatian khusus selanjutnya adalah sistem pengereman. Saat musim penghujan pengemudi akan lebih banyak menggunakan rem, karena jarak pandang dan jarak kendaraan sangat terbatas sehingga sering kali melakukan rem mendadak.

Apabila pengereman mengalami masalah, seperti menginjak rem terasa dalam dan nyaris blog. Biasanya semacam ini disebabkan kampas rem yang sudah menipis, terjadi kebocoran dan minyak rem yang berkurang dari batas yang dianjurkan.

Segera ganti komponen rem yang mengalami masalah dengan yang baru agar kinerja pengereman dapat kembali optimal sebagaimana mestinya.

6. Knalpot

Knalpot merupakan saluran pembuangan dari hasil pembakaran bahan bakar. Komponen ini berada dibagian bawah mobil yang memungkinkan mudah terkenan kotoran tanah saat melintasi jalan berlumpur dan tergenang. Untuk itu, Anda perlu membersihkan lumpur yang menempel di knalpot dan bilas dengan air, lakukan cara ini saat knalpot sudah dingin.

Lumpur yang menempel dapat membuat knalpot berkarat dan bila dibiarkan terlalu lama bisa terjadi keropos serta berlubang. Keadaan knalpot yang berlubang dapat mempengaruhi suara kendaraan yang sedikit brisik.

Itulah 6 komponen mobil yang wajib mendapatkan perhatian khusus saat musim hujan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel