-->

3 Tipe Mesin Mobil Berdasarkan Jenis Pembakaranya

Mobil adalah alat transportasi roda empat yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan  sehari-hari. Dengan adanya mobil seseorang dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan waktu yang relatif lebih singkat dan mudah. Mobil dapat bergerak maju dan mundur dikarena adanya mesin yang memanfaatkan energi kimiawi yang kemudian diubah menjadi energi gerak.

3 Tipe Mesin Mobil Berdasarkan Jenis Pembakaranya

Perlu Anda tau bahwa tidak semua jenis mobil memiliki tipe mesin yang sama. Jadi sebelum membeli atau yang sudah memiliki mobil alangkah baiknya Anda mengenal tipe mesin mobil, sehingga kedepannya bisa memahami bagaimana cara merawat mobil yang benar dan tepat.

Pada kendaraan mobil pribadi dan mobil berat memiliki spesifikasi mesin yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan, seperti kapasitas barang yang dibawa, penggunaan bahan bakar dan performa kecepatan mobil. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai tipe mesin mobil maka simak iulasan di bawah ini.

Tipe Mesin Mobil Berdasarkan Jenis Pembakaranya

Tipe mesin mobil Internal Combustion, External Combustion dan Mesin Tak merupakan jenis mesin yang banyak menjamur di Indonesia, baik itu pada mobil pribadi, penumpang dan alat berat. Dari ketiga jenis mesin tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.

1. External Combustion

Mesin internal combustion banyak ditemui pada kendaraan mobil-mobil zaman dulu dan hingga saat ini mesin tersebut masih diterapkan untuk kereta. Jadi mesin ini memanfaatkan hawa panas dan sisa hasil pembakaran untuk mengonversi air dan cairan lainnya untuk mengubah menjadi uap.

Selanjutnya, uap yang telah dihasilkan dari konversi tersebut akan disalurkan berupa tenaga pemutar turbin. Kereta yang menggunakan tipe mesin ini mengeluarkan suara yang cukup brisik dan terlihat sekumpulan asap Tebal di bagian atas kereta.

2. Internal Combustion

Tipe mesin yang kedua ini memiliki kemiripan yang sama dengan external combustion yaitu dengan memanfaatkan suhu bertekanan tinggi yang dihasilkan dari kombusi di dalam cylinder menjadi tenaga untuk menggerakan torak yang kemudian diubah menjadi energi gerak putar melalui mekanisme crankshaft dan berakhir di roda.

Pada mesin internal combustion menggunakan bensin, solar ataupun gas sebagai bahan bakarnya. Keuntungan dari jenis mesin ini adalah kombusi di dalam mesin lebih ramah dan tidak boros daripada mesin external combustion.

Baca Juga:

Selain itu, internal combustion memiliki bentuk mesin yang ramping dan tidak makan tempat sehingga banyak diproduksi oleh mobil-mobil modern sekarang ini. Meski pun bentuk mesinnya kecil tapi memiliki kecepatan mesin yang sangat tinggi dibandingkan external combustion.

3. Mesin Tak

Mesin tak merupakan jenis mesin yang banyak diproduksi oleh perusahaan otomotif. Berdasarkan langkah piston atau stroke, mesin tak terbagi menjadi 2 yaitu mesin dua tak dan empat tak. Jumlah kendaraan di Indonesia yang menggunakan mesin dua tak tidak sebanyak mesin empat tak, hal ini dilihat dari hasil pembakaran atau emisi gas buang mesin dua tak cenderung tidak ramah lingkungan dan boros bahan bakar. Memang tenaga mesin yang dihasilkan kendaraan dua tak jauh lebih besar dibandingkan mesin empat tak.

Sedangkan mesin empat tak memiliki 4 langkah piston untuk satu siklus pembakaran yaitu langkah hisap, kompresi, tenaga dan buang. Dimana pada langkah hisap, piston turun untuk menghisap udara dan bahan bakar, lalu piston naik untuk melakukan langkah kompresi (berupa tekanan ke atas), lalu terjadi langkah tenaga yang ditandai proses pembakaran antara api bertemu bahan bakar sehingga membuat piston turun dan terakhir piston kembali naik untuk melakukan proses pembuangan sisa pembakaran.

Keunggulan yang dimiliki mesin empat tak adalah proses pembakarannya lebih sempurna, emisi gas buang lebih ramah lingkungan, hemat BBM dan lebih tahan lama dibandingkan mesin dua tak.

Itulah tipe mesin mobil yang menjamur di Indonesia. Dengan memahami tentang mesin maka Anda tidak akan merasa kebingungan apabila mesin mobil yang Anda naiki mengalami masalah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel