-->

Kerusakan Sistem Pendingin Mobil dan Cara Memperbaikinya

Tak bisa dipungkiri bahwa sistem pendingin (cooling system) juga bisa mengalami kerusakan.  Banyak kasus yang dapat menyebabkan timbulnya kerusakan pada komponen pendingin, seperti kurangnya perhatian pemilik kendaraan, tidak rutin mengecek kapasitas air radiator dan penggunaan cairan radiator yang tidak bagus.

Kerusakan Sistem Pendingin Mobil dan Cara Memperbaikinya

Gangguan pada komponen radiator juga bisa berimbas pada rusaknya mesin, hal ini dipicu adanya peningkatan temperatur mesin yang berlebih (overheat). Mesin yang mengalami over heating akan kehilangan daya dan bahkan mesin menjadi mati atau mogok.

Terdapat banyak komponen sistem pendingin, diantaranya: radiator, tutup radiator, kipas pendingin, pompa air, thermostat, selang utama inlet dan outlet, selang by pass dan water jaket. Gangguan salah satu atau lebih komponen tersebut akan membuat kinerja sistem pendingin menjadi kurang maksimal, sehingga memicu terjadinya overheat yang berlebih.

Gangguan Pada Sistem Pendingin Mesin Mobil

Adapun beberapa gangguan pada komponen pendingin mesin mobil yang wajib diketahui, mengingat sistem ini sangat penting maka setidaknya pemilik kendaraan harus tau cara memperbaiki sebagai langkah pertama jika terjadi gangguan atau bisa juga membawa ke bengkel resmi. Berikut beberapa gangguan pada sistem pendingin mobil, yaitu:

1. Radiator

Radiator merupakan salah satu komponen utama yang berfungsi untuk menukar cairan radiator panas berubah menjadi dingin. Jadi saat air radiator keluar dari mesin bersuhu tinggi akan di dinginkan ketika berada di radiator dengan memanfaatkan hembusan udara yang melewati sirip-sirip radiator. Dengan demikian, Saat cairan radiator kembali ke mesin memiliki suhu yang lebih rendah sehingga suhu kerja mesin tetap selalu stabil.

Radiator dapat mengalami gangguan kebocoran yang membuat kurangnya volume air radiator, alhasil pertukaran suhu cairan pendingin tidak berjalan dengan baik. Cara untuk mengatasi gangguan tersebut adalah dengan memperbaiki bagian yang bocor, jika radiator mengalami korosi maka perlu diganti dengan bagian yang baru. Namun bila gangguan sudah kategori parah maka Anda harus mengganti dengan unit radiator baru.

Selain itu gangguan radiator berkerak dapat menghambat pelepasan panas, biasanya radiator berkerak disebabkan adanya endapan kotoran yang sudah mengeras. Sebaiknya perlu dilakukan pembersihan sebelum gangguan tersebut menjadi parah.

2. Tutup Radiator

Walaupun hanya sebuah tutup, tapi tutup radiator yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting pada sistem pendingin. Tutup radiator berfungsi untuk mengontrol tekanan dan mengatur volume cairan radiator pada kapasitas yang ideal. Gangguan pada tutup radiator berupa rusaknya seal karet dan pegas yang telah melemah, sebaiknya ganti dengan unit yang baru sesuai spesifikasi standar pabrik.

3. Kipas Pendingin

Komponen ini berfungsi untuk meningkatkan aliran udara yang mengalir melalui sirip-sirip radiator dan sekaligus menghembuskan udara ke arah mesin untuk membantu melepaskan panas. Gangguan pada kipas pendingin berupa putaran kipas yang tidak kencang karena fan belt kurang tegangan sehingga terjadi selip. Selain itu kipas pendingin yang terlalu lentur akan menghasilkan aliran udara yang tidak begitu kuat sehingga perlu diganti dengan unit kipas baru.

Usahakan dalam pemasangan kipas pendingin tidak boleh terbalik, pasalnya kondisi kipas terbalik akan membuat aliran udara tidak sepenuhnya diterima oleh mesin dan radiator sehingga proses pendinginan tidak optimal.

4. Pompa Air

Pompa air atau water pump adalah komponen pendingin yang bertanggung jawab untuk mensirkulasikan cairan radiator melalui aliran pendingin. Apabila water pump mengalami gangguan maka sirkulasi cairan radiator tidak bekerja optimal, alhasil pertukaran panas pun akan terganggu.

Masalah yang sering kali dialami water pump adalah kebocoran. Gangguan ini terjadi karena usia pakai komponen yang sudah lama atau tegangan fan belt yang terlalu keras sehingga kinerja bearing dan seal pada water pump menjadi berat. Apabila kondisi kebocoran parah sebaiknya ganti dengan unit pompa air yang baru.

5. Thermostat

Thermostat adalah komponen yang mengontrol aliran air radiator dan mengatur suhu optimal mesin. thermostat bertugas menutup aliran air radiator dari mesin ketika suhu mesin masih rendah dan akan membuak saat suhu telah mencapai batas tertentu. Biasanya thermostat membuka pada suhu mesin mencapai 80 – 82 derajat celcius.

Apabila thermostat bermasalah atau rusak harus segera diganti dengan unit yang baru agar sistem pendingin mobil dapat berjalan normal. Pastikan saat memasang thermostat harus posisi benar karena pemasangan yang terbalik akan menyebabkan kebocoran.

6. Selang Inlet dan Outlet

Selang ini berfungsi sebagai aliran cairan pendingin dari mesin ke radiator dan dari radiator ke mesin, masing-masing selang berada di bawah dan atas radiator. Selang ini dikaitkan dengan cara di klem pada setiap ujungnya. Masalah yang sering dialami selang inlet dan outlet adalah robek, terlepas dan penggunaan selang yang tidak tepat.

Baca Juga :

Selang yang robek biasanya karena usia pakai yang sudah lama atau terjadi benturan dengan benda keras. Untuk selang yang terlepas disebabkan klem yang digunakan terputus, penguncian klem yang tidak kuat dan panjang selang yang terlalu pendek sehingga saat mesin hidup getarannya dapat membuat selang lepas dari tempatnya.

Sedangkan penggunaan yang kurang tepat juga bisa membuat selang robek dan terlepas. Carilah selang radiator yang tidak terlalu kaku, berkualitas dan bentuknya sesuai dengan bawaan pabrik.

7. Selang By Pass

Selang by pas merupakan selang yang berfungsi sebagai jalur kompensator tekanan yang dihasilkan oleh water pump saat thermostat berada kondisi tertutup sehingga mencegah tekanan berlebih dari water pump. Selang ini terletak di bagian bawah rumah thermostat dengan ukuran panjang sekitar 10 centimeter.

Selang by pass sering mengalami kebocoran dan sobek. Biasanya masalah tersebut disebabkan masa pakai selang yang sudah lama, kualitas selang dan pemakaian selang yang tidak sesuai anjuran pabrik. Cara memperbaikinya adalah ganti selang dengan bahan berkualitas dan sesuai rekomendasi pabrik.

8. Water Jaket

Water jaket adalah ruang aliran air radiator yang terletak pada blok mesin dan kepala silinder. Water jaket menyelubungi bagian mesin yang menghasilkan panas ketika mesin bekerja dan di ruang water jaket terjadi penyerapan panas yang dilakukan oleh cairan radiator terhadap bagian mesin yang panas. Dengan cara Inilah suhu kerja mesin selalu stabil.

Gangguan yang sering dialami pada water jaket adalah aliran water jaket yang tersumbat karena kotoran dan terjadi kebocoran karena kepala silinder retak. Cara memperbaiki water jaket yang kotor adalah membersihkan dengan memakai radiator flush sampai benar-benar bersih dan gunakan air radiator yang mengandung bahan pencegah korosi atau karat.

Kepala silinder yang retak biasanya karena mesin mengalami overheating yang sangat parah. Apabila retaknya tidak terlalu parah sebaiknya ditembel saja, tapi bila tidak memungkinkan untuk ditembel maka harus diganti dengan unit kepala silinder yang baru. Akan tetapi, kasus semacam ini jarang sekali terjadi.

Demikian ulasan tentang kerusakan komponen sistem pendingin mobil dan cara memperbaikinya, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel