-->

6 Merk Air Radiator Coolant Terbaik Untuk Motor

Untuk menjaga temperatur mesin agar selalu dalam kondisi optimal maka dibutuhkannya sebuah sistem pendingin (cooling system). Seperti yang kita ketahui bahwa sepeda motor lama masih menerapkan pendingin udara, dimana untuk mendapatkan pendingin mesin yang maksimal dibuatlah sirip-sirip pada blog mesin tersebut. Akan tetapi, pendingin udara tidak memberikan manfaat yang begitu besar dalam menstabilkan suhu kerja mesin.

6 Merk Air Radiator Coolant Terbaik Untuk Motor

Seiring perkembangan teknologi otomotif yang begitu pesat maka munculah sebuah sistem pendingin mesin yang memanfaatkan cairan sebagai penyerap panas mesin. cooling system ini diyakini mampu menjaga suhu mesin lebih lama dan sampai sekarang sistem pendingin cairan masih digunakan pada kendaraan mobil maupun motor.

Optimalnya kinerja sistem pendingin tidak pada komponennya saja, tapi juga pada penggunaan air radiator yang berkualitas bagus. Pemilik kendaraan harus bisa memilih radiator coolant yang dapat merawat komponen sistem pendingin dan sekaligus mampu menjaga suhu kerja mesin lebih lama. Pilihlah air radiator yang mengandung bahan anti korosi (karat) dan memiliki titik didih yang tinggi.

Merk Air Radiator Coolant Terbaik Untuk Motor

Cara untuk merawat radiator motor adalah dengan mengganti air radiator secara rutin. Cairan pendingin radiator tidak boleh sembarangan, karena harus menggunakan cairan khusus untuk radiator. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko sparepart. Merk air radiator dibawah ini bisa menjadi rekomendasi untuk kendaraan motor kesayangan Anda, yaitu:

1. Iced Kool

Iced kool adalah merk air radiator produksi rook oil yang dapat menurunkan temperatur mesin sampai 3 - 4 derajat celcius dibandingkan air radiator standar. Tidak hanya itu, iced kool telah dilengkapi bahan yang dapat menambal bocor halus pada radiator. Salah satu penyebab radiator bocor adalah masa guna radiator yang sudah terlalu lama.

Walaupun air radiator iced kool ini bisa bilang lumayan mahal, tapi semua itu tidak menjadi masalah besar karena kualitas yang dimiliki iced kool seimbang dengan harga yang ditawarkan. Anda bisa menggunakan air radiator ini untuk motor matic dan moge.

2. Seiken

Seiken adalah perusahaan asal Jepang yang cukup terkenal karena kualitasnya yang bagus. Air radiator produksi seiken mengandung bahan yang mampu mencegah korosi (karat) yang dipastikan aman untuk komponen yang bermaterial metal dan aluminium. Selain itu air radiator seiken memiliki pelindungan yang optimal pada mesin.

Pasalnya, air radiator seiken mengandung konsentrat 30% dan sisinya mengandung bahan non mineral. Bahkan ATPM di Indonesia sendiri banyak menggunakan produk air radiator dari seiken untuk sepeda motor yang mereka pasarkan. Harga cairan pendingin seiken ini sekitar Rp. 30 ribuan.

3. Moto Guard

Moto Guard adalah merk air radiator yang penggunaanya tidak perlu menambahkan cairan pendingin lainnya. Air radiator ini diformulasikan untuk mencegah korosi dan sekaligus menjaga kestabilan suhu mesin agar selalu maksimal. Terlebih air radiator moto guard diyakini mampu bekerja dengan baik sekitara 40.000 km atau selama dua tahun.

Harga cairan pendingin moto guard dipasarkan sekitar Rp. 15 ribuan. Walaupun harganya relatif murah tapi kualitanya tidak kalah dengan air radiator pada umumnya.

4. Yamacoolant

Yamacoolant adalah air radiator produksi Yamaha yang memiliki kualitas yang cukup bagus. Yamacoolant difomulasikan untuk memberikan kestabilan pada suhu mesin dan merawat komponen sistem pendingin dari korosi, sehingga aman untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Kualitas yang ditawarkan yamacoolant memang tidak diragukan lagi, hal ini dilihat dari bahan yang digunakan di dalamnya. harga untuk 900 ml yamacoolant mencapai sekitar Rp. 35 ribuan.

5. Jumbo

Sama halnya dengan air radiator lainnya, Anda bisa menggunakan cairan pendingin produksi jumbo untuk menjaga kestabilan suhu mesin. Anda bisa langsung menggunakanya tanpa harus menambahkan cairan addictive lagi. Bahan mencegah korosi pun sudah diterapkan pada air radiator jumbo sehingga aman untuk bahan bermaterial aluminium dan baja.

Baca Juga :

Air pendingin radiator ini dipaskan dengan harga yang murah, Anda bisa mendapatkan perliternya dengan harga Rp. 15 ribuan saja.

6. Premix Coolant

Premix coolant adalah air radiator yang diformulasikan untuk kendaraan motor Honda. Jadi bagi Anda yang memiliki motor Honda dianjurkan untuk menggunakan radiator coolant yang resmi dari AHM yang kualitasnya sudah disesuaikan dengan kondisi mesin.

Premix coolant memiliki titik didih tinggi yang dapa menjaga suhu mesin tetap stabil, sparepart ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di bengkel resmi Honda maupun toko otomotif yang ada di pasar. Harga cairan radiator ini sangat terjangkau, Anda bisa mendapatkan 1/2 liter (kapasitas 500 ml) dengan harga Rp. 20.000.

Cara Memilih Air Radiator Yang Tepat

Pemilik kendaraan harus bisa memilih air radiator coolant yang bagus untuk mobil atau motornya. Penggunaan air radiator yang kurang tepat akan membuat kinerja mesin semakin berat dan menyebabkan tingginya suhu mesin. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam memiliki air radiator, yaitu:

  • Bacalah pada kertas produk yang menuliskan informasi kandungan bahan yang digunakan untuk membuat air radiator. Dari komposisi tersebut anda bisa mengetahui mengenai dengan lengkap mengenai air radiator yang akan dibeli.
  • Pilihlah air radiator yang menggunakan bahan glycol, karena glycol sangat baik untuk meningkatkan titik didih dan sekaligus menurunkan titik beku. Bahan glycol dapat menjaga suhu mesin lebih optimal dan air radiator tidak mudah menguap.
  • Selanjutnya, pilih air radiator yang mengadung propylene.
  • Pilih cairan radiator yang memiliki titik didih yang tinggi sehingga sistem pendingin dapat bekerja maksimal dalam menjaga suhu kerja mesin.
  • Gunakan radiator coolant yang diformulasikan untuk mencegah korosi atau karat.
  • Warna pada air radiator tidak memiliki pengaruh apapun. Pada dasarnya coolant berupa air murni yang dicampur dengan sejumlah bahan sehingga warnanya mengalami perubahan.
  • Mengenai harga dan fungsi air radiator harus menyesuaikan kemampuan keuangan Anda.

Nah, itu tadi tujuh merk air radiator coolant terbaik yang direkomendasikan untuk pengguna motor, pilihlah dengan tepat cairan pendingin yang memiliki performa menjaga suhu kerja mesin lebih lama dan sekaligus masa pakai yang panjang. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel