-->

5 Penyebab Rem ABS Tidak Berfungsi Optimal dan Cara Memperbaikinya

Kemajuan zaman mempengaruhi evolusi teknologi pada dunia otomotif, hal ini terlihat pada kendaraan mobil maupun motor sudah banyak menyisipkan fitur berbasis teknologi canggih terutama pada aspek keselamatan berkendara. Memang benar bahwa faktor keselamatan menjadi kebutuhan konkret bagi pengemudi sehingga pabrik kendaraan telah berinovasi untuk memproduksi mobil atau motor yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Salah satunya dengan mengadopsi Anti-Lock Braking System (ABS) yang diaplikasikan pada sistem pengereman.

5 Penyebab Rem ABS Tidak Berfungsi Optimal dan Cara Memperbaikinya

Sistem rem ABS berguna untuk mencegah terjadinya penguncian pada roda ketika pengemudi melakukan rem mendadak. Dengan adanya fitur ABS diyakini dapat mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya. Melihat manfaatnya yang begitu besar, fitur ABS menjadi standar pada sebagian pabrik kendaraan pada setiap produknya.

Bagi pemilik kendaraan yang sudah memakai sistem rem ABS perlu mengetahui bahwa fitur ini bisa mengalami kerusakan yang dapat mengurangi kinerja pengereman menjadi kurang optimal. Untuk itu pemiliki kendaraan harus senantiasa mengecek dan merawat agar sistem rem ABS selalu dalam kondisi baik. Selain itu, sparepart rem ABS pun lumayan mahal yang harga komponenya bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan.

Penyebab Rem ABS Tidak Berfungsi Maksimal

Untuk mendeteksi apakah kendaraan Anda mengalami kerusakan sistem pengereman? Maka dapat melihat langsung pada panel instrument. Apabila lampu indikator ABS tidak menyala berarti rem dalam kondisi baik, namun bila lampu indikator menyala itu bertanda sistem pengereman terjadi masalah. Untuk lebih jelas mengenai penyebab rem ABS tidak berfungsi maksimal? simak ulasan di bawah ini.

1. Kualitas Minyak Rem

5 Penyebab Rem ABS Tidak Berfungsi Optimal dan Cara Memperbaikinya

Minyak rem berfungsi sebagai  penyalur tekanan dari master silinder menuju silinder roda untuk menghasilkan gerakan penghentian. Kualitas dan kapasitas minyak rem dapat mempengaruhi daya pengereman yang akan dihasilkan, maka dari itu pemilik kendaraan harus mengetahui tanggal kadaluarsa dari minyak rem dan selalu membersihkan tabung minyak rem dari kotoran agar saluran minyak rem tidak mengalami penyumbatan.

Penggantian pada beberapa komponen rem memang perlu dilakukan termasuk minyak rem, agar sistem rem ABS dapat bekerja secara optimal. Usahakan kapasitas minyak rem pada tabung harus sesuai rekomendasi, tidak boleh kurang maupun lebih dan pastikan pemilik kendaraan memilih jenis minyak rem yang tepat untuk mobil atau motornya.

2. Keausan Ban

5 Penyebab Rem ABS Tidak Berfungsi Optimal dan Cara Memperbaikinya

Tapak ban yang mengalami keausan juga dapat mengurangi performa kerja dari sistem rem ABS, karena ban sudah kehilangan traksi atau daya cengkram pada permukaan jalan yang sudah berkurang. Alhasil laju kendaraan sulit dikontrol ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak, apalagi kendaraan berada dalam kecepatan tinggi maka peran rem tidak begitu berpengaruh.

Kondisi telapak ban yang mudah tergerus disebabkan oleh beberapa alasan, seperti medan jalan yang rusak, pemakaian ban yang tidak sesuai dengan kondisi jalan dan melakukan pengereman secara berulang-ulang. Pastikan pengemudi harus mengetahui jenis ban yang cocok untuk kendaraannya agar rem dan roda memiliki sinkronisasi yang tepat.

3. Terlalu Sering Mengocok Rem

5 Penyebab Rem ABS Tidak Berfungsi Optimal dan Cara Memperbaikinya

Sebagian pengemudi ada yang belum mengetahui bahwa terlalu banyak mengocok rem merupakan suatu kesalahan yang sering dilakukan, terutama saat kondisi jalan yang sedang macet dan padat. Kebiasaan telalu sering menginjak pedal rem akan memberatkan kinerja rem dan membuat komponen sensor ABS mengalami keausan sebelum waktunya.

Baca Juga :

Pasalnya, pedal rem selalu memberikan signal yang tidak dibutuhkan oleh sensor ABS sehingga daya tahan sensor menjadi terus berkurang. Bahkan lebih parahnya lagi, rem akan beralih ke posisi mengunci karena sensor memberikan signal yang salah ke bagian ECU.

4. Kabel Sensor ABS Rusak

5 Penyebab Rem ABS Tidak Berfungsi Optimal dan Cara Memperbaikinya

Sensor ABS adalah salah satu komponen pada sistem rem ABS yang berperan penting untuk mengirimkan signal ke ECU yang mana keduannya terhubung oleh sebuah kabel yang bisa saja putus. Penyebab putusnya kabel sensor dikarena tercepit, bergesekan dan kesalahan saat memperbaiki kendaraan.

Untuk mengetahui adanya kerusakan pada sistem rem ABS, pengemudi akan mendapat informasi dari panel instrumen berupa lampu indikator ABS yang menyala. Jika terjadi kerusakan, biasanya rem motor maupun mobil akan dipindahkan ke mode failsafe yang mana rem akan tetap bekerja tapi layaknya sistem rem biasa.

5. Keausan Kampas Rem

5 Penyebab Rem ABS Tidak Berfungsi Optimal dan Cara Memperbaikinya

Kampas rem yang telah menipis tidak membuat sistem rem ABS mengalami kerusakan dan keadaanya akan normal-normal saja. Hanya saja kampas rem yang aus akan menyebabkan piringan cakram terkikis karena piringan bersinggungan langsung dengan plat besi brake pads. Dengan menipisnya piringan cakram akan berkurangnya efektivitas rem ABS sehingga perlu dilakukan perbaikan untuk mengembalikan kinerja rem menjadi optimal.

Nah, itulah empat penyebab rem ABS tidak berfungsi optimal dan cara memperbaikinya. Pastikan mulai dari sekarang Anda harus lebih memperhatikan kondisi pengereman agar komponen yang ada di dalamnya selalu dalam kondisi baik. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel