-->

7 Kerusakan Yang Sering Kali Terjadi Pada Kendaraan Sepeda Motor

Sepeda motor adalah kendaraan transportasi yang paling banyak digunakan oleh manusia. Sepeda motor memiliki beberapa jenis atau tipe, yang mana masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa motor juga mengalami gangguan berupa kerusakan yang terjadi pada komponennya. Mempunyai sepeda motor tidak hanya menggunakannya saja, tetapi Anda juga harus memperhatikan perawatannya agar nanti tidak timbul berbagai macam kerusakan pada sepeda motor Anda.

Kerusakan Yang Sering Kali Terjadi Pada Kendaraan Sepeda Motor

Dengan memahami kerusakan yang sering terjadi pada motor, tentu ini sangat membantu Anda dalam menemukan solusi yang terbaik untuk memperbaiki dan merawat kendaraan sepeda motor secara rutin. Namun, apabila terjadi kerusakan pada kendaraan motor dan Anda tidak mampu memperbaikinya, maka langkah yang perlu dilakukan adalah membawanya ke bengkel motor supaya dapat ditangani oleh mekanik yang sudah ahli. Lantas, apa saja kerusakan yang sering dialami pada kendaraan sepeda motor? Berikut ulasannya.

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Motor

Inilah beberapa kerusakan pada kendaraan sepeda motor yang sering dialami oleh penggendara dan akan kami jelaskan penyebab terjadinya kerusakan tersebut.

1. Mesin Sulit Dihidupkan

Terkadang masalah seperti ini sering kali terjadi saat kondisi mesin dalam keadaan dingin. Banyak sekali indikator penyebab mesin sulit untuk hidup, seperti tidak tersedianya bahan bakar dalam tangki, pengapian yang tidak normal, busi yang sudah mulai bermasalah dan kompresi lemah. Untuk mengatasi masalah pada mesin, memang sangat sulit untuk ditangani / diperbaiki. Untuk mengetahui kerusakan pada mesin yang susah hidup, Anda dapat memeriksa satu persatu indikator penyebab tersebut.

2. Mesin Mati Secara Tiba-Tiba

Pernahkah Anda saat berkendara sepeda motor, kondisi mesin mati secara tiba-tiba? Tentu hal ini sangat membuat Anda menjadi kesal dan emosi. Mesin yang mati secara tiba-tiba biasanya terdapat kerusakan yang terjadi pada busi yang tidak mengeluarkan api, koil pengapian bermasalah, habisnya bahan bakar dan kondisi karburator yang kotor sehingga adanya penyumbat pada saluran bahan bakar.


3. Aki Mengalami Kerusakan dan Soak

Aki berperan penting dalam sistem penerangan kendaraan. Aki berfungsi sebagai penyimpan arus listrik pada kendaraan dan sangat berpengaruh pada sistem penerangan motor. Apabila keadaan aki yang telah rusak dapat menimbulkan gangguan pada komponen sepeda motor yang membutuhkan arus listrik. Kondisi arus pada aki yang cepat habis tanpa ada penggunaan yang berlebih, biasanya terdapat kebocoran arus listrik yang Anda tidak sadari. Tipe aki pada kendaraan ada 2 macam yaitu aki kering dan aki yang menggunakan cair.

4. Kondisi Mesin Yang Tersendat-Sendat

Saat Anda menghidupkan mesin sepeda motor lalu terdengar suara yang tidak normal, itu karena komponen yang berhubungan dengan mesin mengalami kerusakan atau gangguan. Kondisi mesin yang tersendat-sendat memungkinkan besar sepeda motor akan mengalami mogok. Penyebabnya yaitu  busi yang sudah mulai rusak, bahan bakar yang masuk pada ruang bakar terlalu banyak, karburator yang kotor dan saringan bahan bakar tersumbat.

5. Mesin Motor Mudah Panas

Mesin motor yang mudah panas dapat mengganggu perjalanan Anda untuk sampai ke tujuan. Jadi mau tidak mau bila mesin sudah sangat panas, Anda haru berhenti sejenak untuk menurunkan kondisi suhu mesin. Temperatur mesin yang panas akan mengakibatkan kerusakan yang fatal dan tentu hal ini tidak ingin terjadi pada kendaraan sepeda motor yang sedang Anda gunakan. Penyebab mesin cepat panas ialah jarang mengganti oli mesin dan tidak berfungsinya radiator.

6. Tenaga Mesin Menjadi Berkurang

Tenaga sepeda motor menjadi berkurang karena dipengaruhi oleh usia motor yang sudah tua, kompresi lemah, keausan pada ring piston dan keausan blok silinder. Kompresi yang lemah membuat motor tidak kuat berjalan pada kondisi jalan yang menanjak. Solusi yang perlu dilakukan adalah melakukan tune up mesin pada sepeda motor, dan ini membutuhkan waktu yang lama serta rumit.


7. Keluar Asap Berwarna Putih Pada Knalpot

Sebagian dari orang mungkin merasa bingung, mengapa knalpot mengeluarkan asap yang berwarna putih disertai bau yang tidak sedap? Hal ini disebabkan adanya piston, ring piston dan dinding silinder mengalami keausan / rusak, mengisi oli mesin yang melebihi batas takaran yang telah ditentukan, dan salah membeli oli mesin yang tidak sesuai anjuran. Bila kerusakan ini semakin parah maka perlu melakukan tune ap mesin.

Demikian penjelasan tentang kerusakan yang sering kali terjadi pada kendaraan sepeda motor, ketika Anda akan bepergian jauh, sebaiknya periksa kembali semua komponen pada sepeda motor Anda. Mulai dari memeriksa sistem penerangan, sistem pengapian, oli mesin, peralatan keselamatan dan bawalah perlengkapan kunci untuk mengatisipasi ketika motor mogok dalam perjalanan. Dan jangan lupa untuk selalu menservis kendaraan Anda supaya kerusakan tidak merembet ke komponen lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel