-->

Differential atau Gardan Hino FG 235 JP

Gardan atau differential merupakan salah satu komponen penggerak yang sangat berpengaruh dalam jalannya suatu kendaraan. Komponen ini terbuat dari besi tuang atau baja, yang terletak di bagian belakang atau bagian depan yang berfungsi untuk menghubungkan poros aksel sehingga ban belakang dapat berputar.

Posisi gardan pada mobil dapat dibagi menjadi beberapa posisi, diantaranya:

  • Gardan Dengan Posisi Di Depan, tipe ini biasanya dimiliki oleh mobil yang tidak telalu tinggi, seperti mobil sedan, corola dan sejenisnya.
  • Gardan Dengan Posisi Di Belakang, tipe ini paling banyak digunakan sampai saat ini, seperti mobil mini bus dan kendaraan bermuatan berat.
  • Gardan Dengan Posisi Di depan Dan Belakang, tipe kendaraan yang memiliki dua gardan ini sangat menguntungkan bagi orang yang suka menjelajahi hutan, yang digunakan untuk memudahkan kendaraan saat menemui jalan yang berlumpur. Karena roda depan dan belakang sama-sama di gerakan oleh gardan. Kendaraan tipe ini disebut mobil 4 WD.


Gardan Hino FG 235 JP

Differential atau Gardan Hino FG 235 JP

Sebenarnya semua gardan itu memiliki fungsi dan prinsip kerja yang sama, baik itu mobil mini bus atau mobil yang berukuran besar. Komponen-komponen yang terdapat di dalamnya pun sama, seperti pinion differential, roda gigi kerona, pinion roda gigi penggerak, bearing, penyetel bantalan, rangka diferensial, sil oli pinion, baut pengaman penyetel bantalan, dan rumah differential.

Posisi gardan yang digunakan oleh kendaraan HINO FG 235 JP adalah gardan dengan posisi di belakang, ditambah ukuran dan bentuk gardannya yang cukup besar dan berat. Semakin besar kendaraan dan semakin banyak beban muatannya maka gardan yang digunakan pun akan lebih besar, menyesuaikan fungsi dan kendaraan tersebut.

Differential atau Gardan Hino FG 235 JP

Melihat ukuran dan beratnya dalam hal proses menurunkan dan pemasangan gardan. Mekanik dapat menggunakan bantuan katrol untuk memudahkan proses penurunan dan pemasangan gardan. Cara ini sangat efektif dalam menghemat waktu dan tenaga.

HINO FG 235 JP sangat banyak digunakan perusahaan tertentu untuk mengirim atau membawa barang-barang yang tidak sedikit. Karena kendaraan ini dibuat dengan tenaga yang besar dan kontruksi gardan yang sesuai.

Untuk memelihara ketahanan gardan, sebaiknya gardan selalu dicek kelapanganya. Suara gardan yang mendengung saat kendaraan berjalan itu menandakan bahwa gardan tersebut perlu di cek.

Differential atau Gardan Hino FG 235 JP

Komponen-komponen gardan yang sudah rusak dan masih digunakan itu sangat membahayakan kendaraan lain. Misalkan gardan yang sudah lapang akibat mengalami keausan akan memicu patahnya poros aksel terutama di jalan mendaki, alhasil mobil akan mundur tanpa terkendali.

Baca Juga : Transmisi atau Porseneling Hino Dutro 130 HD

Itulah Gardan Hino FG 235 JP. Ukuran pada bentuk gardan mempengaruhi kegunaan kendaraan tersebut seperti kendaraan mobil yang memiliki daya muat barang berton ton. Bentuk gardan pada kendaraan tersebut lebih besar dibandingkan dengan kendaraan mobil yang muatanya tidak begitu berat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel