-->

Differential atau Gardan Hino FG 235 JP

Gardan atau differential merupakan salah satu komponen penggerak yang sangat berpengaruh dalam jalannya suatu kendaraan. Komponen ini terbuat dari besi tuang atau baja, yang terletak di bagian belakang atau bagian depan yang berfungsi untuk menghubungkan poros aksel sehingga ban belakang dapat berputar. Posisi gardan pada mobil dapat dibagi menjadi beberapa posisi.

Gardan Hino FG 235 JP

1. Gardan dengan posisi di depan
Tipe ini biasanya dimiliki oleh mobil yang tidak telalu tinggi, Misalkan : mobil sedan, corola dan sejenisnya.

2. Gardan dengan posisi di belakang
Tipe ini paling banyak digunakan sampai saat ini, seperti mobil mini bus dan kendaraan bermuatan berat.

3. Gardan dengan posisi di depan atau di belakang
Tipe kendaraan yang memiliki dua gardan ini sangat menguntungkan bagi orang yang suka menjelajahi hutan, yang digunakan untuk memudahkan kendaraan saat menemui jalan yang berlumpur. Karena roda depan dan belakang sama-sama di gerakan oleh gardan. Kendaraan tipe ini disebut mobil 4 WD.

Differential atau Gardan Hino FG 235 JP


Gardan Hino FG 235 JP

Sebenarnya semua gardan itu memiliki fungsi dan prinsip kerja yang sama, baik itu mobil mini bus atau mobil yang berukuran besar. Komponen-komponen yang terdapat di dalamnya pun sama, seperti pinion differential, roda gigi kerona, pinion roda gigi penggerak, bearing, penyetel bantalan, rangka diferensial, sil oli pinion, baut pengaman penyetel bantalan, dan rumah differential.

Posisi gardan yang digunakan oleh kendaraan HINO FG 235 JP adalah gardan dengan posisi di belakang, ditambah ukuran dan bentuk gardannya yang cukup besar dan berat. Semakin besar kendaraan dan semakin banyak beban muatannya maka gardan yang digunakan pun akan lebih besar, menyesuaikan fungsi dan kendaraan tersebut.

Gardan Hino FG 235 JP

Melihat ukuran dan beratnya dalam hal proses menurunkan dan pemasangan gardan, mekanik dapat menggunakan bantuan katrol, untuk memudahkan proses penurunan dan pemasangan gardan. Yang sangat efektif dalam menghemat waktu dan tenaga, HINO FG 235 JP sangat banyak digunakan perusahaan tertentu untuk mengirim atau membawa barang-barang yang tidak sedikit. Karena kendaraan ini dibuat dengan tenaga yang besar dan kontuksi gardan yang sesuai.

Untuk memelihara ketahanan gardan, sebaiknya gardan selalu dicek kelapanganya, suara gardan yang mendengung saat kendaraan berjalan itu menandakan bahwa gardan terebut perlu di cek. komponen-komponen gardan yang sudah rusak dan masih digunakan itu sangat membahayakan kendaraan lain, misalkan saat posisi jalan mendaki, gardan yang sudah lapang akan memicu patahnya poros aksel.


Demikian informasi mengenai Differential atau Gardan Hino FG 235 JP, jadi ukuran pada bentuk gardan mempengaruhi kegunaan kendaraan tersebut seperti kendaraan mobil yang memiliki daya muat barang berton ton, maka bentuk gardan pada kendaraan tersebut lebih besar dibandingkan dengan kendaraan mobil yang muatanya tidak begitu berat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel