-->

55 Kunci dan Peralatan Yang Digunakan Dalam Dunia Otomotif

Untuk mendirikan bengkel kita wajib memiliki peralatan dan kunci yang dibutuhkan,  apabila mendirikan atau membuka bengkel tanpa mempunyai peralatan dan kunci yang kurang lengkap, tentu seorang mekanik akan kesusahan untuk membongkar, memperbaiki dan memasang suatu komponen karena keterbatasan alat-alat yang tersedia. Secara umum ada dua jenis alat bantu dalam dunia perbengkelan yaitu alat bantu yang digerakkan menggunakan bantuan tangan dan jenis alat bantu yang menggunakan teknologi.

Peralatan kunci bengkel

55 Kunci dan Peralatan Dalam Dunia Otomotif

1. Kunci Pas
Kunci yang digunakan untuk mengendorkan atau mengencangkan baut, yang mana kepala baut tersebut berbentuk segi enam, kunci pas ini memiliki banyak variasi ukuran, sehingga tinggal menyesuaikan ukuran kepala baut yang akan dikendorkan ataupun dikencangkan.

2. Kunci Ring
Kunci yang berfungsi untuk mengencangkan atau mengendorkan baut atau mur. Kunci ring ini memiliki kepala yang berbentuk segi enam atau pun segi dua belas, dan memiliki banyak variasi ukuran.

3. Kunci T
Adalah kunci yang berbentuk huruf T dan ukurnnya lumayan panjang, kunci ini juga memiliki beberapa variasi ukuran dan secara umum fungsinya sama yaitu mengendorkan atau mengencangkan baut dan mur yang kepalanya berbentuk segi enam. kelebihan dari kunci ini yaitu dapat menjangkau tempat yang sempit dan dalam.


4.Kunci L
Dilihat dari namanya tentu anda sudah tau bahwa kunci ini berbentuk seperti huruf L, kunci ini ukurannya tak begitu besar, akan tetapi memiliki variasi ukuran. Kunci L ini jarang sekali dipakai namun kunci ini harus wajib ada di bengkel. Penampang kunci ini berbentuk segi enam dan berbentuk bintang.

5. Kunci Pipa
Kunci ini digunakan untuk memegang atau menahan benda yang berbentuk bulat, pada mulut kunci terdapat gerigit-gerigit yang berfungsi untuk menahan benda dan pada tangkainya terdapat mur penyetel yang berfungsi mengatur lebarnya sesuai besar kecilnya benda yang akan di tahan.

6. Kunci Inggris
Kunci ini memiliki fungsi untuk menahan, membuka dan mengencangkan kepala baut atau mur, dengan menghasilkan momen yang besar, kunci ini memiliki penyetel ukuran, sehingga dapat di setel sesuai kebutuhan.

7. Kunci Busi
Dilihat dari namanya saja tentu anda sudah mengetahui apa fungsi dari kunci ini, kegunaan dari kunci ini yaitu untuk melepas dan memasang busi.

8. Kunci Roda
Kunci ini wajib dimiliki oleh seorang mekanik, Fungsi kunci roda ini yaitu untuk melepas, mengencangkan dan mengganti baut roda. Untuk seorang pengemudi, anda harus memiliki dan menyimpan di dalam bagasi kendaraan anda, karena apabila baut roda anda bermasalah di jalan anda tidak merasa kerepotan.

9. Kunci Socket
Kunci ini mempunyai fungsi untuk melepaskan dan mengencangkan kepala baut dan mur. kunci socket memiliki du jenis, yaitu segi enam dan segi da belas, kunci ini untuk membuka kepala baut segi enam dan segi dua belas dengan bentuk kunci silinder.

10. Kunci Momen
Kunci momen memiliki fungsi khusus yaitu hanya untuk mengencangkan kepala baut baut atau mur. kunci momen sebagian besar digunakan untuk mengencangkan baut atau mur pada komponen mesin, kunci ini memiliki setelan ukuran tenaga.

11. Kunci Filter
Kunci ini berfungsi untuk melepaskan dan mengencangkan filter, baik itu filter oli atau filter minyak (pada kendaraan truk). Kunci ini ada yang menggunakan rantai keci atau kain sabuk sebagai pengikat filter supaya tidak licin dan dapat berputar.

12. Mistar Baja
Alat ini dipergunakan oleh mekanik untuk menggaris, mengukur kerataan dan mengukur tinggi rendah suatu benda.

13. Jangka Sorong (Vanier Caliper)
Alat ukur ini berfungsi mampu mengukur jarak lebar, panjang dan mampu mengukur diameter dalam serta kedalaman dan diameter luar. Keuntungan alat ukur ini yaitu praktis dan presisi.

14. Micrometer
Alat ukur ini pada umumnya digunakan untuk mengukur kedalaman, alat ini memiliki kepresisian dan ketelitian yang tinggi dibandingkan jangka sorong.

15. Dial Gauge (Dial Indikator)
Alat ukur ini dipergunakan untuk mengukur kerataan permukaan benda, kesejajaran, run out dan lain-lain. Tingkat pengukuran ditunjukan pada permukaan dial, yang menunjukkan sekala terkecil dan tingkat pembacaan maksimum.


16. Multitester
Alat ukur ini memiliki banyak fungsi seperti mengukur tegangan, arus dan hambatan. Alat ini memiki dua kabel, satu kabel positif dan satu kabelnya lagi negatif. Sebelum menggunakan alat ukur ini sebaiknya untuk mengkalibrasi dengan cara menempelkan kabel positif dan negatif.

17. Amperemeter
Alat ukur ini dipergunakan untuk mengukur arus

18. Voltmeter
Alat ukur ini dipergunakan untuk mengukur tegangan listrik

19. Ohm Meter
Alat ukur ini dipergunakan untuk mengatur hambatan pada listrik

20. Feeler Gauge
Alat ini digunakan untuk  mengukur cela pada suatu komponen seperti cela pada klep (valve), cela pada busi dan lain-lain. Alat ini memiliki tingkat ketebalan di setiap masing-masing lembarnya.

21. Bor Listrik

Alat yang satu ini memiliki fungsi untuk menyekir klep (valve) dan untuk memberi lubang pada benda.

22. Tangkai sok
Alat ini digunakan untuk menyambung dari kunci sok, supaya tenaga untuk membuka baut atau mur menjadi lebih ringan.

23. Solder
Alat yang mempunyai fungsi untuk menyolder timah dalam proses pemasangan pada suatu komponen.

24. Gergaji Besi
Alat pemotong yang berfungsi untuk memotong besi

25. Ragum
Alat ini dikenal sebagai alat untuk menjepit benda, memotong benda, mengikir benda dan masih banyak lain fungsi yang lainnya, alat ini memiliki penyetel kelonggaran sesuai besar benda yang akan di jepit.

26. Kuas
Alat satu ini dipergunakan sebagai alat pembersih  pada permukaan benda dari kotoran dan debu.

27. Sekrap
Sekrap memiliki bentuk yang pipih yang berfungsi untuk menghilangkan kotor yang membandel pada benda atau kotoran yang sudah berkerak, supaya menghasilkan benda yang rata.

28. Palu
Palu memiliki beberapa ukuran dan jenis yang memiliki fungsi masing-masing, secara umum fungsi dari palu yaitu untuk memukul benda.

29. Mesin Gerenda
Salah satu alat yang menggunakan bantuan arus listrik ini berfungsi menghaluskan dan mempertajam suatu permukaan benda seperti mempertajam permukaan pada peso, golok, cangkul dan lain-lainnya.

30. Obeng Min
Obeng yang ujungnya berbentuk tanda  kurang atau min yang memiliki fungsi untuk memasang dan membuka sekrup.

31. Obeng Bunga
Alat yang pada ujungnya  berbentuk tanda + yang berfungsi untuk membuka atau memasang sekrup.

32. Obeng Ketok
Obeng ketok digunakan untuk membuka atau memasang sekrup namun dengan cara di ketok, menggunakan palu supaya mendapatkan kekencangan pada sekrup saat proses pemasangan.

33. Pahat Tajam
Pahat ini pada umumnya memiliki fungsi untuk memahat namun juga dapat digunakan untuk menyayat atau memotong suatu benda.


34. Pahat Tumpul
Pahat ini dipergunakan untuk memahat baut saat melepaskan dan memasang, kepala baut atau mur yang sudah rusak tentu tidak bisa dibuka atau dikencangkan menggunakan kunci, jadi salah satu jalan yaitu di pahat.

35. Tang Kombinasi
Adalah tang yang memiliki banyak fungsi atau serba guna,  Ujung rahang yang bergerigi untuk menjepit, bagian yang bergerigi renggang untuk mengunci mur dan rahang tajam sebagai pemotong kawat atau kabel.

36. Tang Pemegang
digunakan untuk memegang dan menjepit benda dengan mulut tang yang lebar serta berberigi, dengan  poros penyetel yang dapat dirubah sesuai kebutuhan.

37. Tang Sudut

Fungsinya untuk menjepit kawat yang sulit di jangkau, alat ini sangat besar kegunaannya terutama saat memasang kawat spi.

38. Tang Cucut

Berfungsi sebagai penjempit kawat atau kabel.

39. Tang Potong
Tang ini berbentuk pipih dan tajam yang digunakan untuk memotong kawat atau plat dengan ketebalan tertentu.

40. Kompresor

Fungsi umum dari alat ini yaitu untuk menampung angin dengan kapasitas tekanan tertentu, fungsi lain sebagai penambah angin pada ban dan juga untuk membersihkan benda dari debu.

41. Dongkrak
Dongkrak memiliki dua jenis yaitu dongkrak hidrolik maupun dongkrak manual yang diperlukan pada bengkel mobil untuk menahan tinggi benda pada ketinggian tertentu.

42. Kikir
Untuk menghaluskan permukaan benda dan untuk memperbesar lubang pada plat.

43. Sliding Handle
salah satu alat pemegang mata sock yang yang bisa digeser posisinya sepanjang batang handle. Alat yang sering digunakan pada saat membuka atau memasang mur atau baut di tempat yang sempit dan susah di jangkau.

44.Mesin Las
Tak banyak bengkel-bengkel memiliki peralatan mesin las, alat ini digunakan untuk menyambungkan dua benda menjadi menyatu.

45. Ember
Dipergunakan untuk membawa dan menampung air saat mencuci benda.

46. Papan  Segi Empat

Digunakan untuk meletakkan peralatan atau benda-benda yang sudah dibongkar.

47. Amplas
Selembar kertas yang memiliki fungsi besar yaitu untuk membersihkan karat pada benda dan untuk memperhalus permukaan benda.

48. Penitik

Untuk membuat titik atau tanda pada permukaan benda.

49. Sikat Kawat

Sikat yang memiliki fungsi untuk menyikat kotoran pada ulir baut, membersihkan benda dari kerak atau debu.

50. Spray Gun

Dalam dunia bengkel alat ini diisi dengan minyak dan diseperotkan kebagian komponen mesin supaya komponen tersebut bersih dari kotoran.

51. Spray Oli

Untuk menampung oli dan menyeprotkan oli yang paling sering digunakan saat memasang komponen-komponen mesin.

52. Gunting
Dipergunakan untuk memotong plat yang tipis.

53. Penyangga
Alat ini digunakan untuk penyangga pada bodi kendaraan yang sudah didongkrak.

54. Pipa Penyambung

Pipa penyambung salah satunya digunakan untuk menyambung tangkai sok pada saat proses melepaskan atau mengencangkan baut dan mur sehingga tenaga yang dikeluarkan hanya sedikit.

55. Klem

untuk menjaga supaya benda yang sedang diperbaiki tetap pada tempatnya, dan alat ini memiliki baut penyetel serta memiliki beberapa variasi ukuran.

Demikian informasi tentang kunci dan peralatan yang digunakan dalam dunia otomotif, semoga dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih sudah datang ke blog yang sederhana ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel