-->

Fungsi Oil Water Separator Pada Mobil Diesel

Bagi Anda yang memiliki kendaraan mobil diesel, maka hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bahan bakarnya. Diketahui bahwa mobil diesel memiliki dua filter solar yaitu water separator yang ada di bagian bawah dekat tangki bahan bakar dan fuel filter yang berdekatan dengan mesin. Secara umum, kedua komponen tersebut memiliki fungsi yang sama yakni menjaga kualitas bahan bakar sebelum masuk ke ruang pembakaran.

Fungsi oil water separator adalah untuk menyerap kotoran kasar dan air yang berlebih dari tangki bahan bakar. Sedangkan fuel filter memiliki fungsi yang sama untuk menyerap kotoran halus dan air yang tidak terserap oleh water separator. Hanya saja fuel filter memiliki fungsi yang lebih ringan.

Fungsi Oil Water Separator Pada Mobil Diesel

Pada oil water sparator dan fuel filter memiliki dua saluran, yakni saluran bahan bakar masuk dan saluran keluar. Dimana bahan bakan solar akan mengalir melalui saluran masuk untuk di filter, setelah melakukan penyaringan maka bahan bakar akan disalurkan ke mesin melalui saluran keluar.

Biasanya water separator dipasang pada kendaraan diesel yang menggunakan solar berkualitas rendah, seperti truk dan bus. Pasalnya solar berkualitas rendah memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Bagi kendaraan penumpang yang mengadopsi mesin diesel modern, biasanya tidak menggunakan water separator. Sebab itu, tidak disarankan menggunakan bahan bakar solar berkualitas rendah.

Baca Juga : Tanda Motor Harus Turun Mesin

Filter harus selalu dijaga kebersihannya dari kotoran dan air. Jika sudah kotor karena banyaknya endapan, sebaiknya ganti secara berkala. Jangan biarkan filter solar kotor terlalu lama, karena hal itu bisa menyebabkan mesin mobil mengalami masalah yang ditandai dengan menurunnya tenaga mesin dan terdengar brebet.

Langkah penggantian filter pada water separator dan fuel filter terbilang mudah. Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki alat khusus untuk mengganti filter dan caranya pun tidak tahu. Lebih baik minta bantuan mekanik untuk menggantikannya.

Untuk harga fuel filter mobil diesel truk berkisar Rp. 100 ribu hingga Rp. 200 ribu. Namun harga setiap daerah bisa saja berubah-ubah. Disarankan menggunakan komponen filter yang berkualitas bagus agar penyaringan dapat berfungsi maksimal dan dapat bertahan lebih lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel