-->

9 Hal di Dalam Mobil Yang Mengganggu Konsentrasi Pengemudi

Seorang pengemudi membutuhkan konsentrasi ketika berkendara. Kecepatan mobil yang tinggi dan kontrol yang penuh terhadap kendaraan akan mudah terganggu jika pengemudi kehilangan konsentrasi, meskipun itu hanya beberapa detik saja. Apabila konsentrasi sudah hilang, biasanya pengemudi akan merasa gugup dan pengendalian stir kemudi menjadi kacau.

Sebenarnya, banyak sekali aktivitas di dalam mobil yang bisa mengacaukan konsentrasi pengemudi, baik itu kegiatan yang dilakukan oleh pengemudi ataupun penumpang. Padahal hal tersebut bisa berpotensi membahayakan keselamatan dan keamanan berkendara lho.

9 Hal di Dalam Mobil Yang Menganggu Konsentrasi Pengemudi

Setidaknya ada sembilan aktivitas di dalam kabin mobil yang seringkali dilakukan oleh pengemudi yang mengakibatkan kurangnya fokus saat berkendara. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini.

1. Menggunakan Ponsel Saat Mengemudi

Banyak pengemudi yang bermain ponsel saat dalam perjalanan. Mereka bukan hanya sekedar mengangkat telepon, namun juga menjadikan ponsel atau gadget sebagai cermin untuk melihat penampilan dirinya,  terutama merapihkan rambut dan wajah dari make up.

2. Menyalakan Radio Dengan Suara Keras

Menyalakan radio atau musik saat berkendara itu boleh-boleh saja. Namun tahukah kamu menyalakan radio dengan volume suara yang keras dapat mengganggu konsentrasi pengemudi. Meskipun tujuannya hanya sekedar menghilangkan jenuh atau bosan selama di dalam mobil.

3. Makan Saat Mengemudi

Mengemudi sambil makan adalah salah satu tindakan yang melanggar peraturan lalu lintas. Kebiasaan ini harus dihindari ketika berkendara, karena dapat mempengaruhi konsentrasi saat berkendara.

Apalagi jika kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak dan makannya menggunakan tangan langsung tanpa bantuan sendok. Bisa saja, minyak tadi menempel di stirr dan kamu akan sulit mengendalikan kemudi karena lapisan stir licin karena minyak.

4. Membalas Pesan Singkat Saat Mengemudi

Sering kali kita menerima pesan singkat ketika sedang mengemudi. Mungkin pesan tersebut dari orang tua, saudara, teman ataupun bos. Apapun pesan singkat tersebut, sebaiknya kamu tidak membuka atau membalasnya saat di perjalanan, karena itu dapat mengkacaukan konsentrasi.

Baca Juga :

Membalas pesan singkat akan mengalihkan pandangan kamu ke ponsel, meskipun itu hanya beberapa detik saja. Namun untuk keselamatan berkendara, disarankan kamu membalas pesan tersebut setelah kamu sampai di tujuan.

5. Meletakan Barang di Dashboard

Meletakan barang bawaan dan aksesoris di atas dashboard sangat tidak dianjurkan, meskipun itu hanya sekedar mempercantik tampilan interior mobil. Terlalu banyak barang di dashboard dapat mengganggu pandangan pengemudi, selain itu barang tersebut bisa saja terlempar ke arah penumpang dan pengemudi jika terjadi benturan.

6. Mengemudi Dalam Keadaan Lelah

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya adalah mengemudi dalam keadaan lelah dan mengantuk. Kondisi tubuh yang lelah dan dipaksa untuk mengemudi, hanya akan membahayakan keselamatan penumpang. Jika merasa lelah dan mengantuk, segeralah menepi menuju rest area terdekat untuk beristirahat sejenak sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

7. Melamun Saat Berkendara

Di saat tengelam dalam pikiranmu sendiri, membayangkan sebuah situasi atau berhalusinasi adalah hal yang bisa menyebabkan pengemudi kehilangan konsentrasi. Pandangan yang tidak tertuju ke jalan bisa beresiko meningkatnya angka kecelakaan di jalan raya.

8. Mengemudi Dalam Keadaan Marah

Pengemudi yang sedih, marah atau kesel bisa berpotensi mengalami kecelakaan. Orang yang sedang marah cenderung meluapkan kekesalannya dengan menambah kecepatan kendaraannya. mereka merasa, hal itu bisa mengobati hatinya dan membuatnya menjadi lebih tenang. Di saat kamu sedang emosi atau sedih, sebaiknya tenangkan pikiran dan hatimu terlebih dahulu sebelum berkendara.

9. Bercanda Berlebihan Ketika Berkendara

Jalan raya bukanlah tempat yang cocok untuk melakukan kekonyolan dan becanda berlebihan. Selain bisa membahayakkan keselamatan dirimu, becanda ketika mengemudi juga dapat mengganggu konsentrasi yang tentunya bisa membahayakan penumpang dan pengendara lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel