-->

Mengenal Jenis-Jenis Ban Sepeda Motor dan Fungsinya

Ban adalah salah satu komponen yang digunakan pada sebagian alat transportasi yang sering kita jumpai setiap hari seperti pada mobil dan sepada motor. Ban sendiri termasuk komponen yang langsung bersentuhan dengan jalan raya, peranan ban pada setiap kendaraan sangat penting. Pasalnya ban mampu meredam gunjangan, menstabilkan kendaraan, menahan beban kendaraan,  meneruskan kinerja sistem kemudi dan dapat meningkatkan pergerakan kendaraan dengan mudah.

Mengenal  Jenis-Jenis  Ban Sepeda Motor dan Fungsinya

Ban dibuat dari karet sintetik ini memiliki beberapa macam bentuk dan tekstur, dari sebagian jenis ban tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Misalkan kendaraan motor yang digunakan pada jalur tanah berlumpur jelas berbeda penggunaan jenis ban pada motor yang digunakan jalur beraspal. Jadi ban memiliki peranan yang sama tapi penggunaannya harus disesuaikan dengan kendaraan yang digunakan dengan melihat kondisi jalan yang dilewati.

Namun ban juga memiliki masa untuk melakukan pergantian dengan ban yang baru apabila telah mengalami penurunan ketebalan. Ban yang telah rusak dan tidak layak pakai akan mudah meletus dan ini sangat membahayakan pengemudi jika melewati jalan yang rusak dan bergelombang. Untuk mengenal macam-macam jenis ban secara mendalam, simak ulasan di bawah ini.

1. Ban Motor Off Road

Mengenal  Jenis-Jenis  Ban Sepeda Motor dan Fungsinya

Ciri-ciri ban off road adalah memiliki tonjolan yang di desain untuk menghasilkan daya cengkraman yang maksimal saat berkendara di jalan berlumpur, berpasir dan berkerikil. Dengan adanya ban jenis ini, pengemudi tidak perlu khawatir motor yang dikendarainya slip atau terpeleset saat melintasi jalur becek, tapi ban off road ini tidak cocok dipakai di jalan beraspal karena akan mengurangi kestabilan motor dan cengkraman ban pada permukaan jalan.

2. Ban Motor Cruiser

Mengenal  Jenis-Jenis  Ban Sepeda Motor dan Fungsinya

Pada dasarnya ban cruiser memiliki pola garis yang tidak begitu rumit. Kelebihan yang dimiliki dari ban jenis ini adalah ketahanan yang lebih baik dibandingkan ban sport, akan tetapi daya kuat cengkraman pada permukaan jalan tidak sebaik ban sport. Ban jenis ini sering digunakan untuk motor tipe underbone (motor bebek) serta beberapa motor touring.

3. Ban Motor Scooter

Mengenal  Jenis-Jenis  Ban Sepeda Motor dan Fungsinya

Jika dilihat dari ukurannya ban yang satu ini memiliki size yang jauh lebih kecil dibandingkan ban motor pada umumnya. Tapi jangan salah, kalau ban scooter memiliki kualitas cengkraman dan keawetan yang sama dengan jenis ban cruiser. Tipe ban scooter diproduksi untuk melengkapi kebutuhan motor matic dan vespa.

4. Ban Motor Touring

Mengenal  Jenis-Jenis  Ban Sepeda Motor dan Fungsinya

Bahan dasar pembuatan ban touring adalah karet keras untuk menghasilkan ban yang tahan lama. Kinerja cengkraman yang optimal ketika ban dalam kondisi temperature dingin, namun cengkraman akan mulai menurun apabila suhu ban meninggi. Oleh sebab itu ban jenis ini sangat cocok dikendarai pada waktu dingin atau musim dingin. Motor yang mengaplikasikan ban touring adalah Harley Davidson dan motor dengan cc kecil hingga besar.

5.Ban Motor Sport Touring

Mengenal  Jenis-Jenis  Ban Sepeda Motor dan Fungsinya

Jika dibandingkan dengan ban sport dari segi kualitasnya, jenis ban sport touring setingkat lebih baik. Hal ini berdasarkan daya tahan yang dimilikinya jauh lebih awet, tapi performa cengkraman pada permukaan jalan masih kalah dengan ban sport. Apa lagi saat berada di jalur menikung, maka dari itu benar-benar diperhatikan oleh pengemudi yang menggunakan jenis ban ini.

Baca Juga : 10 Aksesoris Motor Yang Membahayakan Keselamatan Berkendara

Ban sport touring sangat baik untuk kendaraan perjalanan jarah jauh dan bagus saat melintasi jalan lurus. Ban jenis ini banyak digunakan pada motor berkapasitas mesin menengah, pasalnya memiliki pola grip yang kuat serta pemakaian yang lebih tahan lama.

6. Ban Motor Sport Semi Slick

Mengenal  Jenis-Jenis  Ban Sepeda Motor dan Fungsinya

Ban motor ini memiliki daya cekraman yang kuat dan ban model seperti ini kerap kali digunakan oleh motor supersuport dengan cc yang tinggi, misalkan motor ducati paniqle dan supersport lainnya. Maka wajar saja bila ban jenis ini dipakai sebagian orang untuk kendaraan pembalap, pasalnya ban sport semi slick memiliki kinerja cengkraman yang baik ketika berada pada temperature yang tinggi serta biasanya ban ini dipanaskan terlebih dahulu menggunakan alat pemanas untuk menghasilkan performa cengkraman yang kuat saat melintas jalur lurus dan menikung. Hanya saja ban sport tidak direkomendasikan untuk jalan umum karena dapat membahayakan pengemudi.

7. Ban Motor Racing Kering

Mengenal  Jenis-Jenis  Ban Sepeda Motor dan Fungsinya

Salah satu jenis ban yang memiliki daya jual yang tinggi, pasalnya banyak digunakan pada motor pembalap kelas dunia. Ban racing tipe kering ini terbuat dari karet yang lembut untuk menghasilkan daya cengkraman yang jauh lebih kuat. Namun umur pemakaian ban ini relative singkat sehingga perlu dilakukan penggantian roda bila ban sudah mengalami kerusakan, karena jika dibiarkan dapat membahayakan keselamatan pengemudi maupun pengendara lainnya. Perlu diketahui bahwa ban tipe ini tidak diaplikasikan pada jalan umum karena berbahaya.

8. Ban Motor Racing Basah

Mengenal  Jenis-Jenis  Ban Sepeda Motor dan Fungsinya

Terdapat sedikit kemiripan dengan ban racing tipe kering, hanya saja ban ini sangat baik digunakan pada waktu musim hujan. Bentuk pola alur ban yang banyak dimanfaatkan sebagai jalur pembuangan air, sehingga pengemudi tidak perlu khawatir bannya slip. Ban racing tipe basah terbuat dari karet lembut dan cocok untuk diterapkan pada jalan umum, akan tetapi memiliki waktu pemakaian yang singkat.

Baca Juga : Lampu Indikator Yang Wajib Dipahami Oleh Pengemudi

Itulah jenis-jenis ban motor terbaik yang banyak digunakan oleh pemilik kendaraan. Jika kita amati dari ulasan di atas menerangkan agar pemilik kendaraan tidak salah kaprah dalam memilih jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan berkendara, karena salah memilih jenis ban dapat menyebabkan kecelakaan dan kerugian bagi pengemudi maupun motor yang dikendarainya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel