-->

Mengenal Jenis dan Tipe Ban Mobil Yang Banyak Ditemui

Sebagai pengemudi, Anda harus memperhatikan kondisi kendaraan yang dibawanya. Hal ini untuk menunjang kenyamanan dan keselamaan dalam berkendara, salah satunya pada bagian kaki-kaki yaitu roda ban. Ketika hendak bepergian sepatutnya melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh pada sitem penerangan, pengapian, pendingin, pengereman dan mesin.  hal semacam ini bisa Anda terapkan ketika hendak melakukan perjalanan jarak jauh maupun dekat.

Mengenal Jenis dan Tipe Ban Mobil Yang Banyak Ditemui

Ban merupakan bagian yang memiliki peranan penting dalam geraknya kendaraan. Pasalnya , bagian ini yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan. Kondisi ban yang sudah menipis ditandai dengan alur ban yang mulai tidak terlihat dan ini sangat membahayakan pengemudi bila terus digunakan. Walaupun dipaksakan, kecepatan kendaraan harus dikurangi dan medan jalan yang rusak serta bergelombang membuat ban mudah meletus mengingat ketebalan ban yang sudah mengalami keausan.

Terjadinya ban bisa meletus disebabkan bukan hanya lapisan ban yang telah menipis saja, tetapi adanya tekanan udara di dalam ban yang terlalu tinggi mengingat bobot mobil pun cukup berat. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda perlu mengganti jenis ban mobil dengan yang baru. Pastikan sebelum menggantinya, kenali dulu karakter mobil dan jalan yang dilaluinya. Setidaknya ada 4 jenis dan tipe ban mobil terbaik, diantaranya sebagai berikut:

1. Mud Tire (MT)

Ban tipe mud tire banyak digunakan pada mobil bermedan lumpur, kerikil dan berpasir. Karakter yang dimiliki ban MT ini mempunyai corak kembang dan kasar, dengan tujuan jika terdapat kotoran lumpur yang menempel pada telapak ban dapat terlepas serta bersih dengan sendirinya.

Ban jenis Mud Tire memiliki komponen yang lunak sehingga tidak disarankan untuk pengguna jalan raya dengan kecepatan tinggi, karena daya cengkeram material ban tidak cukup baik.

Selain itu, ban jenis MT ini dapat menimbulkan suara mendengung ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Terdapat beberapa Negara yang melarang pemakaian ban ini, seperti Negara Singapura. Merk ban yang banyak digunakan untuk jalan berlumpur dan berpasir yaitu ban Bridgestone dan Achilles Desert Hawk.

2. All Terrain (AT)

Ban mobil jenis All Terrain dapat diaplikasikan pada beberapa medan jalan, seperti lintasan salju, tanah, berbatu dan berair. Tetapi ban AT tidak dapat diandalkan di medan off road ekstrem yang berlumpur, sedangkan pemakaian di jalan beraspal ban jenis ini juga dipakai untuk touring maupun perjalanan dekat.

Baca Juga : Pola dan Konstruksi Ban

Tetapi karena bentuk telapak ban memiliki alur yang lebar dan tidak rapat membuat ban ini mengeluarkan suara keras ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

3. Mud And Snow (MS)

Mengenal Jenis dan Tipe Ban Mobil Yang Banyak Ditemui

Mud and Snow adalah ban mobil yang dibuat khusus dan diaplikasikan pada jalan bersalju dan lumpur ringan. Performa daya cengkeram ban pada permukaan jalan sangat baik untuk perlintasan basah.

4. Highway Tire (HT)

Highway tire adalah jenis ban mobil yang direkomendasikan untuk pengguna jalan aspal. Desain ban ini dibuat dengan alur multiguna dan area telapak yang lebih halus, maka tak jarang mobil jenis 4 x 4 banyak menggunakan ban tipe Highway tire. Selain itu ban highway tire sangat nyaman dipakai, apalagi ketika mobil melaju kecepatan tinggi karena ban ini tidak menimbulkan suara berisik.

Cara Pintar Memilih Jenis Ban

  1. Kenali karakter kendaraan, sebagai pengemudi pastinya tau betul mengenai mobil maupun motor Anda sendiri. Hindari kesalahan pemakaian ban, misalkan ban  untuk kendaraan off road malah diaplikasikan pada kendaraan perkotaan, tentu ini tidak efektif dan merugikan bagi pengguna.
  2. Lintasan yang dilalui, memakai jenis ban yang tepat harus melihat medan jalan yang diprioritaskan terhadap kegiatan pengguna. Apabila kendaraan untuk di daerah perkebunan bisa menggunakan jenis ban yang memiliki pola alur yang lebar. Pasalnya, kendaraan perkebunan harus memiliki daya cengkeram yang kuat.
  3. Ukuran ban, pastikan ban yang akan dipakai harus disesuaikan dengan bentuk ukuran velg. Untuk mengetahui ukuran ban mobil dapat dilihat pada sisi samping yang diukir dalam susunan kode angka.
  4. Alur ban, jenis ban mobil yang bagus harus menekankan besarnya gaya gesek pada permukaan jalan. Dengan memperbesar daya gesek ban terhadap jalan, maka kendaraan tidak mudah tergelincir.
  5. Tahun pembuatan, pastikan Anda memilih ban yang masih berusia muda atau yang belum lama diproduksi. Ban dengan tahun pembuatannya yang lebih muda memiliki kualitas bagus dibandingkan ban dengan usia yang sudah lama. Untuk mengetahui usia ban Anda dapat belihat kode yang berada di sisi samping.

Demikian jenis dan tipe ban mobil yang banyak ditemui di Indonesia dan dari ulasan diatas kita bisa tau bahwa terdapat 4 jenis ban mobil yang diproduksi untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna sesuai dengan medan jalan yang dilewati. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel