-->

Penyebab Power Steering Berdengung dan Cara Mengatasinya

Keberadaan power steering system pada mobil memberikan manfaat yang besar bagi pengemudi, karena power steering akan memudahkan dan meringankan setir ketika berbelok.  Jadi saat mobil beroperasi pengemudi tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk memutarkan roda kemudi saat hendak memutar arah mobil.

Namun, ketika power steering system mengalami kerusakan, maka kenyamanan berkendara menjadi terganggu. Bahkan yang lebih parahnya, jika setir berat dan susah dibelokkan bisa berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Penyebab Power Steering Berdengung dan Cara Mengatasinya

Biasanya saat power steering mengalami masalah, pengemudi akan merasakan tanda-tanda  adanya kerusakan yaitu salah satunya timbul bunyi mendengung yang disertai kejanggalan pada setir yang menjadi berat saat mobil berbelok ke kiri dan ke kanan. Jika hal itu benar terjadi, maka perlu dilakukan pemeriksaan, perbaikan dan pergantian komponen yang rusak, agar fungsi power steering system bisa kembali normal sebagaimana mestinya.

Lantas, apa saja yang menjadi penyebab utama power steering berdengung? Dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka simak informasi di bawah ini.

1. Usia Pemakaian Power Steering

Penyebab power steering mendengung yang pertama adalah umur pemakaian power steering yang sudah lama. Barang atau benda yang secara terus-menerus digunakan pastinya akan mengalami keausan dan akibat dari keausan akan timbul beragam kerusakan pada benda tersebut.

Power steering yang sudah berumur atau masih baru, namun jika tidak di service sama sekali bisa berpotensi mengalami masalah. Untuk itu, pengemudi perlu membawa mobilnya ke tempat service power steering agar bisa dilakukan pemeriksaan, perbaikan dan pergantian sparepart jika ada komponen yang rusak.

Solusi agar power steering system tetap prima dan awet, meskipun usia mobil sudah tua adalah pemilik mobil harus rajin melakukan perawatan power steering secara berkala. Mulai dari mengganti oli power steering, membersihkan power steering dari kotoran dan sebagainya.

2. Pompa Power Steering Mengalami Kerusakan

Penyebab power steering mendengung lainnya adalah adanya kerusakan pada pompa power steering. Suara mendengung yang muncul akibat dari pompa power steering yang rusak akan terus terdengar selama pengemudi menghidupkan mesin dan suara mendengung ini tidak terpengaruh pada setir yang sedang diputar.

Kondisi di atas bisa terjadi lantaran pompa power steering digerakan oleh putaran mesin dan komponen yang ada di dalam pompa  terdiri dari bagian-bagian kecil dan juga halus.

Penyebab lain bunyi mendengung dari pompa power steering adalah ketika oli power steering tidak dapat melumasi bagian pompa, lantaran saluran atau pipa power steering tersumbat dan bisa juga karena oli power steering sudah habis ataupun berkurang.

Untuk mengatasi masalah power steering berdengung yang diakibatkan rusaknya pompa power steering adalah dengan mengganti pompa power steering dengan sparepart yang baru dan jika perlu sparepart original, agar usia pemakaian bisa bertahan lama.

3. Adanya Kebocoran Oli Pada Power Steering
Penyebab power steering berdengung yang ketiga adalah adanya kebocoran oli power steering. Akibat dari kebocoran oli tersebut membuat power steering system kehilangan oli, sehingga kinerja setir kemudi akan terganggu dan sulit diputar ke kiri ataupun ke kanan.

Selain itu, kebocoran oli akan membuat seluruh bagian power steering kehilangan pelumasan dan daya tekan yang biasanya di dapatkan melalui oli power steering. Hal ini juga akan memicu rusaknya sejumlah komponen utama pada power steering system.

Baca Juga :

Beberapa bagian power steering system yang sering mengalami kebocoran oli adalah selang power steering yang sudah retak-retak namun tidak diganti, karet seal di power steering rack dan karet seal yang berada di pinion gear power steering rack.

Tindakan untuk mengatasi suara mendengung pada power steering yang diakibatkan kebocoran oli adalah dengan memperbaiki bagian power steering yang bocor dan mengganti komponen yang rusak.

4. Power Steering Mengalami Masuk Angin

Penyebab power steering berdengung yang kelima adalah mengalami masuk angin atau terdapat udara yang terjebak di dalam saluran oli power steering. Jika hal ini terjadi, biasanya akan ditandai dengan munculnya busa pada tempat penampung oli power steering.

Ada beberapa penyebab power steering system mengalami masuk angin, yaitu karena selang penyalur oli power steering bocor, kesalahan mekanik saat melakukan pemasangan komponen dan sebagainya. Udara yang terjebak di saluran oli akan mengakibatkan aliran oli power steering menjadi kurang maksimal, sehingga tekanan oli power steering menurun secara drastis.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemilik mobil perlu meminta bantuan mekanik untuk melakukan air bleeding (buang angin) di saluran power steering.

5. Saluran Oli Power Steering Kotor

Penyebab power steering mendengung yang terakhir adalah saluran oli power steering kotor. Akibat keberadaan kotoran di dalam saluran oli akan membuat aliran oli power steering menjadi tersendat.

Kondisi saluran oli yang kotor disebabkan kelalaian pemilik mobil yang tidak melakukan penggantian oli power steering secara rutin. Oli yang sudah lama tidak diganti dan tetap terus digunakan dapat kehilangan daya lumasnya dan lama-kelamaan muncul kotoran di saluran oli power steering.

Untuk mengatasinya, pemilik mobil perlu melakukan pengurasan secara menyeluruh dan ganti oli power steering dengan yang baru agar fungsi dari power steering system bisa berjalan normal.

Itulah itulah lima penyebab power steering muncul bunyi mendengung. Kerusakan dan permasalahan pada power steering system terbilang rumit dan kompleks, sehingga untuk mendapatkan penanganan terbaik atas masalah power steering berdengung. disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan di bengkel power steering langganan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel