-->

6 Keuntungan Menggunakan Ban Tubeless Dibandingkan Ban Biasa

Ban tubeless merupakan ban yang dirancang tanpa menggunakan ban dalam. Tekanan udara yang terdapat di dalam ban tubeless ditahan oleh lapisan bagian dalam ban, yakni lapisan karet yang kedap udara. Pada awalnya ban tubeless diperuntukan pada kendaraan roda empat, namun sekarang ini sudah banyak jenis ban tubeless yang bisa digunakan untuk sepeda motor sport, bebek ataupun matic.

Ban tubeless diakui memiliki kepraktisan, kenyamanan dan kelebihan dibandingkan ban biasa, inilah yang membuat ban jenis ini lebih banyak diminati oleh pengguna jalan. Hanya saja, harga ban tubeless lebih mahal daripada ban biasa.

6 Keuntungan Menggunakan Ban Tubeless Dibandingkan Ban Biasa

Bagi Anda yang hendak menggunakan ban tubeless, ada baik mengetahui kelebihan-kelebihan yang dimiliki ban tubeless. Hal ini bertujuan supaya Anda mengetahui keuntungan yang akan di dapat setelah memakai ban tubeless. Lantas apa saja keuntungan menggunakan ban tubeless? Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Waktu Penambalan Lebih Singkat

Karena tidak menggunakan ban dalam jadi proses penambalan ban tubeless berbeda dengan ban biasa. Penambalan dilakukan dengan menggunakan cairan anti bocor, sehingga lebih hemat waktu dan praktis.

Adapun cara menambal ban tubeless menggunakan cairan anti bocor adalah dengan memasukan cairan tersebut ke dalam ban, kemudian tinggal mencabut benda yang menancap di ban yang mana menjadi penyebab ban bocor. Di saat benda tersebut tercabut, maka secara otomotis cairan anti bocor akan menutup lubang ban yang bocor.

2. Tidak Mudah Kempes Saat Mengalami Kebocoran

Kelebihan ban tubeless selanjutnya adalah tidak mudah kempes saat mengalami kebocoran. Ketahanan ban jenis ini lebih baik daripada ban biasa, karena tekanan angin dalam ban tidak langsung hilang sehingga masih ada waktu buat kamu pergi ke tukang tambal ban.

Meskipun angin di dalam ban tidak langsung hilang, namun kamu harus segera membawa ban tersebut ke tukang tambal ban jika ketahuan bocor. Tujuannya untuk mencegah merambatnya kerusakan pada komponen lain.

3. Cocok Digunakan Musim Hujan

Pada ban terdapat motif ban atau alur. motif ini memiliki bentuk dan alur yang berbeda-beda, semakin banyak jumlah motif pada ban maka semakin baik saat digunakan pada kondisi hujan, karena air hujan akan dikelurkan melalui alur ban tersebut. Ini sebabnya ban tubeless menjadi salah satu jenis ban yang cocok digunakan pada musim hujan

Baca Juga :

Namun bukan hanya ban tubeless saja yang memiliki motif ban, melainkan ban biasa pun memiliki motif. perbedaannya ban tubeless memiliki stuktur motif yang lebih dalam sehingga lebih maksimal dalam mengalirkan air dan daya cengkram ban yang dihasilkan menjadi lebih optimal.

4. Perawatan Lebih Sederhana

Jika dilihat dari segi perawatan, ban tubeless jauh lebih gampang dibandingkan ban biasa. Kamu hanya perlu menjaga tekanan angin ban agar tidak berkurang. Di samping itu, kamu juga harus menjaga ban dan velg agar selalu bersih, untuk menghindari terjadinya kelonggaran yang bisa menyebabkan angin ban berkurang.

5. Meningkatkan Kestabilan Berkendara


Ban tubeless juga mampu membuat kendaraan menjadi lebih stabil. Pasalnya ban tubeless menggunakan lapisan karet yang strukturnya dibuat lebih kokoh dan tebal, sehingga bisa meningkatkan day cengkram ban terhadap permukaan jalan. Oleh karena itu, ban jenis ini sangat cocok untuk motor sport dan moge.

6. Daya Tahan Lebih Kuat

Mungkin diantara kalian masih ada yang heran, mengapa ban tubeless tidak membutuhkan ban dalam? ini dikarenakan ban tubeless menggunakan inner yang fungsinya untuk merekatkan ban dengan velg, sehingga tekanan angin tidak berkurang meskipun lama tak diisi ulang.

Ban tubeless struktur yang lebih kuat daripada ban biasa. Selain itu, ban jenis ini memiliki daya adesif lem power yang lebih tinggi dibandingkan daya kohesif karet, sehingga lebih kuat walaupun tanpa ban dalam. hal ini pula yang membuat ban tubeless tidak mudah kempes atau bocor, sehingga akan lebih nyaman untuk melakukan perjalanan jauh dan touring.

Itulah keuntungan menggunakan ban tubeless dibandingkan ban biasa. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel