-->

7 Manfaat Mengisi Angin Nitrogen Pada Ban Kendaraan

Manfaat Angin Nitrogen Pada Ban - Sekarang ini banyak pengguna kendaraan mobil atau motor menggunakan angin nitrogen sebagai pengganti angin biasa untuk ban kendaraannya. Kedudukan angin nitrogen memang lebih baik dibandingkan angin biasa, terutama untuk melakukan perjalanan jauh. Bahkan pihak pabrikan menyarankan bagi pengguna kendaraan roda dua dan empat untuk menggunakan angin nitrogen, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Saat ini banyak jasa pengisian angin nitrogen yang mudah ditemui, seperti di SPBU, bengkel atau depot ban. Hanya saja harga angin nitrogen lebih mahal dibandingkan angin biasa, hal ini dilihat dari keunggulan angin nitrogen yang tidak dimiliki angin biasa.

7 Manfaat Mengisi Angin Nitrogen Pada Ban Kendaraan

Meskipun begitu, masih banyak pengguna kendaraan yang belum mengetahui manfaat dari angin nitrogen dan kebanyakan dari mereka cenderung menggunakan angin biasa. Padahal mengisi ban dengan udara biasa memiliki kelemahan yang bisa merusak ban. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari angin nitrogen? Maka simak ulasan berikut ini.

1. Irit Bahan Bakar


Manfaat yang dimiliki angin nitrogen yang pertama adalah membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Hal ini dikarenakan tekanan angin nitrogen pada ban lebih optimal, inilah yang membuat permukaan ban yang menyentuh ke jalan menjadi lebih sempurna sehingga bahan bakar menjadi lebih irit.

Sedangkan menggunakan angin biasa pada ban tidak memiliki pengaruh besar, karena molekul pada angin biasa tidak memberikan tekanan secara optimal. 

2. Dijamin Anti Air

Kandungan yang terdapat di dalam nitrogen adalah 95 persen nitrogen dan sisanya oksigen. Sedangkan pada angin biasa memiliki kandungan nitrogen sebesar 78 persen dan sisanya oksigen dan air, sehingga bisa mengalami pemuaian massa.

3. Tarikan Motor Menjadi Lebih Ringan

Karena ukuran molekul nitrogen yang besar, padat dan mudah menyesuaikan ruang yang ditempatinya membuat bentuk pada ban dalam menjadi lebih maksimal dan lebih sempurna. Meskipun bentuk ban menjadi lebih sempurna, namun nitrogen tidak membuatnya keras sehingga tarikan akan terasa lebih ringan.

4. Angin Nitrogen Lebih Dingin


Angin nitrogen memiliki sifat sejuk, karena suhu pada angin nitrogen lebih rendah dibandingkan angin biasa sehingga angin yang terdapat di dalam ban lebih stabil. Maka dari itu, ban yang menggunakan angin nitrogen tidak akan meletus akibat kepanasan saat kendaraan terjemur di bawah sinar matahari.

5. Handling Motor Menjadi Lebih Aman

Karena angin nitrogen membuat tarikan menjadi lebih ringan, maka hal itu pula yang membuat kendaraan menjadi mudah untuk dikendalikan. Selain itu, berkendara akan terasa lebih aman dan nyaman.

6. Nitrogen Tidak Membuat Korosi

Bagi yang memakai velg logam dan menggunakan angin biasa yang mengandung air akan membuat bagian dalam velg menjadi berkarat. Berbeda dengan angin nitrogen yang tidak membuat velg rusak ataupun mengalami korosi.

7. Umur Pemakaian Ban Menjadi Lebih Lama

Angin nitrogen bersifat lebih kering dan juga memiliki suhu rendah, sehingga membuat ban menjadi lebih awet. Berbeda dengan ban yang menggunakan angin biasa yang justru bisa membuat ban cepat aus dan keras.

Baca Juga :

Itulah manfaat atau kelebihan angin nitrogen pada ban. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk Anda. Salam otomotif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel